Kerja di Luar Negeri Tanpa Biaya, Dapatkah Dilakukan?

EP 23 - Kerja di Luar Negeri Tanpa Biaya, Dapatkah Dilakukan?

Seperti diketahui untuk bekerja di luar negeri membutuhkan biaya yang tidak murah. Khususnya bagi Anda yang melamar menjadi TKI. Bukan tanpa alasan, biaya besar harus dikeluarkan karena persiapan yang dibutuhkan juga cukup banyak. Anda butuh mengurus berbagai dokumen, melakukan tes kesehatan, mengikuti pelatihan, membeli tiket pesawat serta memberikan upah jasa kepada perusahaan penyalur. Bagi sebagian orang, biaya ini bisa dikeluarkan dengan mudah atau hanya butuh perjuangan yang sedikit. Namun bagi sebagian lagi, harga tersebut sangat sulit untuk diusahakan. Apalagi sebenarnya yang berniat menjadi TKI adalah kalangan menengah ke bawah yang sulit untuk mencukupi kebutuhan ekonomi. Sebagian besar pastinya mengharapkan adanya peluang kerja di luar negeri tanpa biaya. Lalu apakah ada kesempatan untuk kerja di luar negeri tanpa biaya tersebut?

Baca Juga: Tidak Perlu ke Calo, Ini Cara Mudah Daftar TKI Lewat Handphone

Dapatkah Kerja di Luar Negeri Tanpa Biaya?

EP 23 1 - Kerja di Luar Negeri Tanpa Biaya, Dapatkah Dilakukan?

Bagi warga negara Indonesia, untuk dapat bekerja di luar negeri masih membutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Selain itu, ada izin yang harus diurus dan masih membutuhkan biaya. Namun, jika Anda sudah bertekad bulat untuk bekerja di luar negeri tetapi dana yang dipunya minim, ada beberapa jalur yang memberikan potongan biaya yang bisa Anda pertimbangkan. Jalur ini memang tidak bisa menjanjikan Anda kerja di luar negeri tanpa biaya, namun bisa membantu agar pengeluaran Anda tidak sebanyak sebelumnya.

Jalur Hemat Bekerja di Luar Negeri

Ep 17 3 1 - Kerja di Luar Negeri Tanpa Biaya, Dapatkah Dilakukan?

Jalur pendaftaran kerja di luar negeri yang bisa Anda manfaatkan untuk bekerja di luar negeri lebih hemat antara lain sebagai berikut.

Mengikuti Program Au Pair

Au Pair merupakan program pertukaran budaya dengan beberapa negara yang akan memberikan kesempatan kepada Anda tinggal di luar negeri selama setahun. Selama mengikuti program Au Pair, Anda akan tinggal bersama keluarga angkat. Nantinya Anda mendapatkan akomodasi gratis, uang saku, dan fasilitas lainnya sesuai dengan kesepakatan dengan keluarga angkat di sana. Jika beruntung, transporatsi Anda menuju negara tujuan juga bisa difasilitasi oleh pihak keluarga angkat. Selain itu, Anda pun bisa mengajukan untuk mengikuti kursus atau bersekolah di sana. Sebagai ganti fasilitas ini Anda akan diminta untuk membantu keluarga angkat mengurus anak dan mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga.

Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua negara mempunyai program Au Pair. Program ini umumnya diadakan oleh negara-negara maju seperti Finlandia, Denmark, Jerman dan lainnya. Dan tidak semua negara pula yang menerima warga negara Indonesia menjadi Au Pair di sana. Jadi sebelum mendaftar pastikan dulu negara yang Anda tuju dan kebijakannya di sana.

Mengurus Langsung ke Disnakertrans

Disnakertrans Jatim melalui UPT Penempatan dan Perlindungan TKI (P2TKI) mempunyai program yang tidak hanya menjamin WNI bekerja ke luar negeri dengan aman dan prosedural, tetapi juga hemat. Keuntungan ini bisa didapatkan jika Anda mengurus langsung ke Disnaketrans. Dalam program ini pihak Pemprov Jawa Timur akan memberikan subsidi paspor dan juga visa kepada para calon TKI. Selain itu Anda juga tidak dibebankan biaya upah penyalur serta biaya rekrutmen yang biasanya menuntut jumlah yang paling besar. Anda tinggal membayar biaya tes kesehatan, akomodasi dan konsumsi selama pelatihan. Namun tentu saja jumlah yang dibebankan juga tidak sebesar jika Anda berangkat melalui perusahaan penyalur TKI lainnya.

Program Kerja ke Taiwan

Pada tahun 2017 lalu, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) memunculkan sebuah terobosan baru yakni menggratiskan biaya bagi calon TKI yang akan bekerja di Taiwan. Selanjutnya biaya tersebut akan dibebankan kepada pengguna TKI. Pada tahap awal BNP2TKI baru mengaplikasikan program ini di satu kota yaitu Taichung. Namun seiring berjalannya waktu program ini diperluas ke daerah-daerah lain. Biaya yang digratiskan meliputi biaya pelatihan, tiket pesawat, tes kesehatan, Alient Resident Cerificate (ARC), upah agen, dan asuransi.

Mengikuti Program Magang dan Menjadi Volunteer

Kesempatan lainnya untuk bekerja di luar negeri secara gratis adalah dengan mengikuti program magang atau menjadi volunteer/relawan di perusahaan-perusahaan di luar negeri. Gaji yang diberikan memang tidak sebesar jika Anda menjadi pekerja profesional atau menjadi TKI. Apalagi jika Anda memilih untuk mengikuti program relawan, Anda bisa saja tidak digaji sama sekali. Namun dengan prorgram ini Anda mempunyai kesempatan merasakan bekerja di luar negeri tanpa biaya melalui berbagai beasiswa yang disediakan. Mulai dari kepengurusan dokumen, transportasi, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti program bisa saja disediakan oleh pihak penyelenggara. Selain itu Anda pun akan mendapatkan pengalaman kerja yang sangat berharga.

EP 25 3 1 - Kerja di Luar Negeri Tanpa Biaya, Dapatkah Dilakukan?

Manfaatkan beberapa kesempatan kerja di atas agar dapat bekerja di luar negeri dengan biaya yang hemat. Selain mengikuti program-program ini, cara lain menghemat uang selama di luar negeri adalah dengan menggunakan aplikasi finansial seperti Qelola. Qelola merupakan aplikasi kirim uang untuk TKI ataupun Anda yang sedang berada di luar negeri khususnya Malaysia. Dengan Qelola biaya kirim uang internasional Anda akan lebih murah sehingga bisa lebih menghemat. Anda pun bisa membayar tagihan di Indonesia dengan mudah dan cepat sehingga uang Anda bisa digunakan untuk kebutuhan terlebih dahulu. Untuk melihat fitur selengkapnya, bisa download aplikasinya di sini.

Tags: , , , , ,