Simak 7 Kelebihan TKI yang Mengantarkan Pada Kesuksesan Karir

kelebihan tki

Bagi pekerja mungkin akan merasakan kurang nyaman dan harus beradaptasi ketika awal-awal bekerja. Begitu pula yang dirasakan oleh para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri, termasuk Malaysia. Dengan alasan untuk memperbaiki perekonomian keluarga di Indonesia, seorang TKI bertekad kuat berangkat ke luar negeri untuk meniti karir, mencari pengalaman kerja, dan gaji yang lebih baik. Tak jarang para TKI berkomitmen pantang pulang sebelum segala keinginannya tercapai. Hal ini menunjukkan bahwa bekerja sebagai TKI memang memiliki banyak kelebihan. Lalu bagaimana kelebihan TKI? Check this out!

1. Gaji Lebih Besar dan Menjanjikan

gaji 6 - Simak 7 Kelebihan TKI yang Mengantarkan Pada Kesuksesan Karir

Bagi sebagian orang, gaji yang ditawarkan di luar negeri lebih besar daripada gaji di dalam negeri. Untuk sebuah pekerjaan di sektor domestik saja akan dibayar dengan gaji yang sangat tinggi dan belum termasuk bonus-bonus dari majikan yang tidak sedikit. Umumnya di kalangan masyarakat pedesaan, bekerja di luar negeri secara tidak langsung akan meningkatkan taraf hidup dan status sosial keluarga. Walaupun gaji yang diperoleh besar, pastikan gaji yang didapat selama bekerja menjadi TKI diatur dengan baik menggunakan aplikasi Qelola.

2. Mendapat Banyak Bonus dan Tunjangan

Kelebihan TKI adalah bonus yang didapatkan sangat menggiurkan. Perlu diketahui jika beberapa negara menerapkan sistem bonus dan tunjangan yang cukup besar untuk para pekerja asing. Bonus diperoleh dari bagian tertentu dari gaji pokok dikalikan dengan lama tahun mereka bekerja. Atau bonus bisa diperoleh dari tingginya dedikasi sang pekerja kepada perusahaan atau majikan. 

3. Spesifikasi Pekerjaan Jelas

millennial group young businesspeople asia businessman businesswoman celebrate giving five after dealing feeling happy signing contract agreement meeting room small modern office 7861 2515 - Simak 7 Kelebihan TKI yang Mengantarkan Pada Kesuksesan Karir

Pekerjaan terspesifikasi dengan baik dan sesuai dengan kontrak kerja di awal. Beban pekerjaan di luar negeri dirasa lebih layak dan sebanding dengan gaji yang diperoleh. Sistem pekerjaan yang sudah ditata dengan baik, jelas, dan spesifik mendorong TKW tetap memilih bekerja di luar negeri. Setiap pekerja dijamin tidak akan bekerja di luar spesifikasi dan keahlian yang dimiliki serta sesuai dengan porsi beban kerja yang disepakati. Biasanya agen penyalur resmi akan memberikan pelatihan keterampilan dan bahasa asing untuk semakin meningkatkan kualitas calon pekerja luar negeri. Tentu hal ini menjadi poin penting agar pekerja dapat memenuhi tanggung jawab sesuai dengan kewajibannya di tempat kerja.

4. Fasilitas Kerja Lengkap dan Terjamin

TKI di Malaysia akan merasakan kemudahan dalam pekerjaan karena telah disediakan fasilitas yang canggih dan cukup lengkap. Hal ini semakin memudahkan pekerjaan para TKI untuk bisa lebih profesional dan optimal dalam bekerja. Pekerja dipastikan juga akan memperoleh fasilitas hidup mulai dari kebutuhan makan, transportasi, dan juga tempat tinggal yang layak. Jadi jangan pernah ragu dan khawatir dengan biaya hidup yang harus ditanggung selama bekerja di Malaysia. Nah dengan kemudahan inilah TKI akan fokus bekerja dan mendapat pendapatan yang besar.

5. Menjadi Pahlawan Devisa dan Dilindungi oleh Negara

Kelebihan TKI maupun TKW Indonesia adalah sebagai penghasil terbesar devisa bagi negara. Setiap tahunnya remiten sebesar ratusan juta dolar mereka kirimkan dari luar negeri. TKI dan TKW sebagai warga negara berhak atas jaminan keamanan dari negara. Pasal 21 UU Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri menyebutkan bahwa, “Dalam hal warga negara Indonesia terancam bahaya nyata, Perwakilan Republik Indonesia berkewajiban memberikan perlindungan. Membantu dan menghimpun mereka di wilayah yang aman, serta mengusahakan untuk memulangkan mereka ke Indonesia.”

6. Puas Travelling Selama di Luar Negeri

Tinggal dan menetap di luar negeri akan memberikan kesempatan lebih lama bagi para TKI untuk travelling di sela-sela kesibukan pekerjaan. Cara ini dinilai paling bagus untuk melihat bagian dunia yang mungkin tidak jumpai sebelumnya dengan biaya yang lebih hemat. TKI akan kurang lebih puas menjelajahi negara tersebut atau negara di sekitarnya dibanding harus berkelana sebagai turis dari negara asal. 

7. Peluang Sukses Sangat Besar

white collar workers celebrating project completion 1098 17694.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.828127243 - Simak 7 Kelebihan TKI yang Mengantarkan Pada Kesuksesan Karir

Dari beberapa kelebihan TKI di luar negeri di atas, wawasan dan pengalaman tentu akan semakin luas. Peningkatan kemampuan, wawasan, relasi, dan hal yang tak kalah penting yaitu pengalaman di luar negeri akan semakin menambah “nilai jual” para TKI saat hendak melamar pekerjaan yang lebih baik atau memulai bisnis sendiri. Pernah tinggal di luar negeri akan membuka mata lebar-lebar dan melihat banyak peluang dan kesempatan sukses yang mungkin belum temui sebelumnya. Sebesar apapun menggiurkannya kehidupan di luar negeri, tetaplah ingat dan mencintai negeri sendiri dengan turut memajukan bangsa.

Baca Juga: Merasa Lelah Bekerja? Jangan Sembarangan, Begini Cara Mengatasinya

Demikian uraian berbagai kelebihan TKI yang harus diketahui sebelum memutuskan bekerja di luar negeri. Selama berada di luar negeri, setiap TKI perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar meskipun gaji yang diperoleh besar. Tenang saja, aplikasi Qelola memiliki fitur fund manager untuk mengatur keuangan Anda hanya melalui smartphone. Berbagai transaksi pembayaran online dan kirim uang ke Indonesia juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi Qelola. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran secara aman. Ajak juga teman-teman dan relasi bisnis Anda menggunakan aplikasi Qelola agar bisa saling bertansaksi sesama pengguna Qelola. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , ,