Jenis Pekerjaan Impian Kalangan Pemuda, Anda Berminat?

jenis pekerjaan impian

Anak muda sebagai salah satu bagian dari usia produktif tidak bisa dijauhkan dari pekerjaan. Bekerja merupakan pengalaman baru yang tidak akan disia-siakan oleh para pemuda. Sehingga wajar jika banyak jenis pekerjaan yang akan mereka coba, bahkan tidak ragu untuk keluar dari sebuah pekerjaan demi mendapatkan pekerjaan lain yang lebih menantang atau lebih banyak gajinya. Namun beberapa jenis pekerjaan justru menjadi pekerjaan impian meskipun tidak menawarkan gaji yang besar. Beragam pekerjaan ini biasanya menawarkan banyak sekali ilmu dan pengalaman baru bagi para pemuda sebagai bekal mencari pekerjaan lain yang mampu mengoptimalkan kemampuan diri. Apakah Anda telah menentukan pekerjaan apa yang akan dicoba? Jika belum, maka Anda harus menyimak daftar jenis pekerjaan kalangan pemuda berikut ini:

1. Karyawan BUMN atau BUMD

office 1209640 960 720 - Jenis Pekerjaan Impian Kalangan Pemuda, Anda Berminat?

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah badan usaha yang menjadi aset negara atau pemerintah daerah. Banyak anak muda yang menyukai bekerja di kedua jenis perusahaan ini karena banyak bonus dan tunjangan yang ditawarkan selain gaji pokok. Selain itu, para usia produktif awal ini suka sekali ketika dihadapkan pada tempat kerja dengan tawaran pengalaman yang sangat besar mengingat lingkup kerja perusahaan BUMN adalah nasional. Bahkan mereka rela memenuhi ketatnya persyaratan serta bersaing dengan ribuan pencari kerja lain agar bisa masuk salah satu dari 3000 perusahaan dan anak perusahaan dari BUMN dan BUMD yang ada di Indonesia. Bagaimana dengan Anda?

2. Sekretaris Berbagai Perusahaan

Bagi para wanita muda, sekretaris dan Public Relation (PR) juga menjadi salah satu jenis pekerjaan yang paling diimpikan. Meskipun laki-laki juga tetap berpotensi menjadi sekretaris atau PR. Hal ini karena kedua pekerjaan ini memiliki nilai prestise yang cukup tinggi. Sebagian orang menilai bekerja di kantor adalah pekerjaan yang nyaman dengan hasil atau gaji yang sangat cukup. Apalagi jika mereka menjadi tangan kanan pimpinan perusahaan yang sukses di Indonesia. Baik sekretaris maupun PR sama-sama pekerjaan yang mengharuskan mereka bertemu banyak orang. Hal inilah yang membuat sebagian besar dari mereka tertantang untuk menghadapi berbagai macam orang. Ditambah dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan jasa mereka saat ini.

3. Jurnalis Media Massa

news 4027604 960 720 - Jenis Pekerjaan Impian Kalangan Pemuda, Anda Berminat?

Jurnalis berbagai media massa menjadi salah satu pekerjaan impian anak muda yang gemar menulis sekaligus menyukai tantangan baru setiap harinya. Banyaknya deadline yang mengejar setiap hari merupakan hal terpenting untuk dipertimbangkan sebagai jurnalis. Belum lagi dengan tuntutan terjun lapangan yang tidak terduga waktunya. Karena banyaknya tantangan yang harus ditanggung tersebut, tidak heran jika jurnalis memiliki gaji yang cukup besar. Meskipun sebenarnya keinginan yang besar dari dalam hati adalah kunci dari pekerjaan ini. Apakah Anda tertantang menjadi jurnalis?

4. Pekerjaan di Sektor Pariwisata

Anak muda sering sekali dikaitkan dengan hobi mereka yang suka jalan-jalan atau traveling ke berbagai tempat di Indonesia dan dunia. Faktanya memang pekerjaan bagi para pemuda yang berkaitan dengan wisata (tourism) dan agen travel sangat digemari. Bagaimana tidak? Anda dapat jalan-jalan ke banyak objek wisata secara gratis sekaligus mendapatkan penghasilan dari pekerjaan tersebut. Terlebih lagi saat ini Indonesia memiliki jumlah obyek wisata yang tidak diragukan lagi keindahannya sehingga mulai banyak perusahaan wisata yang berdiri dan membutuhkan banyak tenaga kerja. Jika Anda berminat pada pekerjaan di sektor ini, keahlian berbahasa asing menjadi nilai tambah yang tinggi sehingga harus Anda persiapkan dari sekarang atau sejak Anda menempuh pendidikan.

5. Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

Untitled design 18 - Jenis Pekerjaan Impian Kalangan Pemuda, Anda Berminat?

TKI merupakan pekerjaan yang kadang dianggap remeh karena terlalu sering dikaitkan dengan profesi menengah ke bawah seperti PLRT (Penata Laksana Rumah Tangga) atau pengasuh anak. Padahal profesi lain seperti tenaga ahli, karyawan perusahaan, ilmuwan, dan sebagainya juga merupakan TKI. Apapun jenis pekerjaannya, TKI termasuk dalam daftar pekerjaan impian anak muda. Hal ini karena tingginya gaji yang akan mereka dapatkan, jauh lebih tinggi daripada di Indonesia meskipun jenis pekerjaannya sama. Faktor pendorong lainnya yang menjadikan jumlah usia produktif yang bekerja sebagai TKI besar adalah kecilnya kesempatan kerja yang terbuka di Indonesia. Terlepas dari faktor tersebut, pengalaman hidup dan bekerja di luar negeri yang tinggi adalah tantangan besar yang akan dihadapi sehingga sebagian orang rela mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Apakah Anda tertarik mencoba salah satunya? Beberapa jenis pekerjaan di atas termasuk pekerjaan yang tidak membutuhkan kriteria khusus seperti harus lulus sarjana, dan sebagainya. Sehingga bagi Anda yang lulusan SMA atau SMK pun bisa mencoba beberapa jenis pekerjaan tersebut jika memang Anda berminat pada salah satunya. Terutama pekerjaan TKI bagi Anda yang ingin mencari pengalaman di luar negeri.

Bicara soal TKI dan luar negeri, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan aplikasi keuangan yang biasa digunakan para TKI, yaitu Qelola. Aplikasi dengan berbagai manfaat dan fitur menarik ini patut untuk dicoba meskipun Anda belum berangkat ke luar negeri atau negara penempatan. Penasaran? Langsung saja download Qelola di sini.

Tags: , , , ,