Kenali 13 Jenis-Jenis Visa di Indonesia dan Kegunaannya

jenis paspor

Visa merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara melalui perwakilannya berisi perizinan untuk bisa memasuki negara tersebut dalam periode dan tujuan tertentu. Pengajuannya dengan menyertakan tujuan ketika seseorang berkunjung ke suatu negara, apakah untuk berlibur, bekerja, melanjutkan pendidikan, perwakilan diplomatik atau keperluan lainnya. Kenali jenis-jenis visa yang berlaku di Indonesia yang penting Anda miliki ketika akan berpergian ke luar negeri.

Mengenal 13 Jenis Visa dan Kegunaannya

visa kerja - Kenali 13 Jenis-Jenis Visa di Indonesia dan Kegunaannya

1. Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata atau Tourist Visa

Izin kunjungan sementara untuk berwisata ke luar negeri paling banyak diajukan oleh masyarakat Indonesia. Anda harus memiliki surat izin masuk dari negara tujuan untuk berlibur sebelum berangkat. Perlu diketahi bahwa masing-masing negara memiliki ketentuan dan cara pengajuan yang berbeda-beda. Kabar baiknya, sebagian negara memberlakukan bebas masuk berwisata untuk turis asing dengan jangka waktu tertentu. 

2. Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Keluarga atau Relatives Permits

Ketika Anda ingin mengunjungi keluarga atau sanak saudara yang tinggal di luar negeri, maka Anda harus mengajukan dan memiliki Relatives Permits. Lama waktu maksimal untuk melakukan kunjungan keluarga adalah selama 90 hari atau 3 bulan. Salah satu syarat utamanya adalah menyertakan adanya undangan dari keluarga di negara yang akan dituju. Tak lupa Anda juga harus menyertakan surat pernyataan bahwa keluarga yang dikunjungi akan bertanggung jawab selama Anda berada di negara tersebut.

3. Kunjungan Sementara untuk Tujuan Bisnis

Untitled design 17 1 - Kenali 13 Jenis-Jenis Visa di Indonesia dan Kegunaannya

Sumber: bali.com

Izin masuk secara resmi dari perwakilan negara tujuan sangat diperlukan oleh pelaku bisnis ketika akan melakukan perjalanan bisnis. Dengan menggunakan izin kunjungan bisnis, Anda akan memperoleh berbagai kemudahan saat memiliki keperluan bisnis di luar negeri. Keperluan bisnis yang dimaksud dapat berupa seminar bisnis, pameran karya, dan perjanjian kerjasama dengan suatu perusahaan di luar negeri.

4. Work Permit

Menggunakan dokumen ini, seseorang diizinkan untuk bekerja dan menjadi karyawan suatu perusahaan asing di negara tujuan. Work permit sendiri dibagi sesuai dengan lamanya pekerjaan, yaitu Kerja Sementara, Kerja Semi-Permanen, dan Kerja Permanen. Apabila lama kerja seorang TKI hingga bertahun-tahun, Work Permit ini dapat diubah menjadi izin tinggal atau menetap atau Permanen Residence (PR). Akan tetapi dalam beberapa kasus tertentu, izin kerja hanya terbatas sesuai kontrak kerja dan tidak diperbolehkan untuk diperpanjang. Ketika melewati masa kontrak kerja, TKI harus langsung kembali ke tanah air sebelum mengajukan work permit selanjutnya.

5. Transit

Visa transit diperlukan untuk melakukan transit di suatu negara saat tengah dalam perjalanan. Perhatikan apakah izin transit hanya berlaku pada area bandara atau untuk seluruh wilayah negara. Jangan sampai keliru, apabila hanya berlaku di area bandara, berarti Anda dilarang meninggalkan bandara meskipun hanya sebentar. Pemilik izin transit juga dilarang menginap di luar bandara saat menunggu penerbangan selanjutnya, karena visa ini hanya berlaku beberapa jam. Sedangkan untuk izin transit di seluruh wilayah negara, pemilik diperbolehkan melakukan perjalanan singkat seperti wisatawan pada umumnya. Masa berlakunya adalah selama 5 hari.

6. Study Permit

Study Permit sangat jelas fungsi dan kegunaannya, yaitu untuk izin belajar di sekolah atau universitas luar negeri. Izin belajar di luar negeri cukup mudah didapatkan selama telah memenuhi seluruh persyaratan untuk menjadi pelajar di luar negeri. Study permit ini berlaku selama masa belajar termasuk saat libur sekolah.

7. Pertukaran Pelajar atau Exchange Permit

Selain study permit, dokumen izin lainnya berkaitan dengan tujuan belajar yaitu pertukaran pelajar atau exchange permit. Exchange permit biasa digunakan untuk mengikuti program pertukaran pelajar antar sekolah atau universitas di luar negeri. Pengurusan dokumen jenis ini cenderung mudah karena biasanya dibantu oleh instansi terkait yang mengadakan program pertukaran pelajar.

8. Kunjungan Diplomatik Sementara

Dokumen ini khusus hanya ditujukan untuk para diplomat. Izin kunjungan diplomatik sementara hanya berlaku untuk orang yang bekerja dalam jangka waktu tertentu di suatu instansi perwakilan negara. Dokumen ini digunakan saat melakukan kunjungan dinas atau kunjungan kerja yang bersifat diplomatik. Proses pembuatannya pun terbilang mudah karena melalui jalur khusus antar negara.

9. On Arrival

Untitled design 16 1 - Kenali 13 Jenis-Jenis Visa di Indonesia dan Kegunaannya

Sumber: thinkstock

Berbeda dengan dokumen izin lainnya yang dibuat jauh-jauh hari sebelum perjalanan, visa on arrival bisa dibuat saat itu juga atau secara dadakan. Dokumen izin ini dibuat saat Anda masuk ke dalam wilayah perbatasan suatu negara, baik lewat bandara, pelabuhan maupun terminal. On Arrival bisa didapatkan secara mudah apabila negara asal dan negara tujuan berhubungan baik atau telah melakukan kerjasama tertentu.

10. Khusus Pegawai Internasional atau Corporate Permit

Orang yang bekerja di badan atau perusahaan internasional dapat mengajukan Corporate Permit. Atau bisa juga diajukan oleh orang yang layak ditempatkan oleh institusi tempatnya bekerja sebagai wakil di negara tersebut.

11. Khusus Bisnis atau Business Permit

Perbedaan Kunjungan Sementara untuk Tujuan Bisnis dan Business Permit terletak pada lama kunjungan di negara tujuan. Artinya, dengan menggunakan Business Permit ini, Anda bisa tinggal lebih lama di luar negeri karena sifatnya bukan kunjungan sementara.

12. Pengungsi atau Suaka

Dokumen izin masuk ini khusus diberikan kepada orang-orang yang melarikan diri dari bencana alam, penganiayaan, perang, dan situasi mendesak lainnya di negara asalnya.

13. Exit Visa

Exit Visa digunakan oleh seorang warga negara asing yang harus keluar dari suatu negara setelah masa tahanan habis. Dokumen ini juga disertai larangan masuk kembali ke negara tempat warga negara asing tersebut ditahan.

Pastikan Anda mengetahui berbagai jenis visa untuk melakukan perjalanan ke luar negeri dengan benar dan lengkap. Membuat visa sangat mudah dan tidak sesulit yang Anda bayangkan. Ketahui langkah-langkah membuat visa kerja di Malaysia sebagai salah satu negara favorit para TKI.  Gunakan aplikasi Qelola dapat membantu Anda merencanakan dan mengelola keuangan selama di luar negeri. Pengiriman uang dan pembayaran tagihan keluarga Anda di tanah air sangat mudah dilakukan hanya melalui smartphone Anda. Menyenangkan bukan? Unduh dan install aplikasi Qelola melalui App Store pada smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , ,