Layanan Jasa Pengiriman Uang Mana yang Lebih Baik?

Jasa Pengiriman Uang

Untuk TKI yang bekerja di luar negeri, menggunakan jasa pengiriman uang guna mengirimkan uang hasil jerih payah selama bekerja ke keluarga di tanah air menjadi rutinitas setiap bulannya. Sekian banyak jasa pengiriman ini bisa digunakan oleh TKI dengan biaya yang juga bervariasi. Untuk waktu pengiriman uang juga dapat dikatakan variatif, tergantung jasa yang digunakan, jenis pengiriman serta lokasi keluarga di Indonesia.

Namun demikian, bagaimana jadinya jika keluarga di Indonesia memerlukan uang kiriman mendadak dengan cepat? Apakah Anda tetap akan menggunakan layanan konvensional untuk mengirimkan uang? Bagaimana jika apa yang dibutuhkan ini benar-benar mendesak dan harus diterima dalam waktu singkat?

Dengan kemajuan teknologi saat ini, dimana setiap hal dapat dilakukan secara online dengan bantuan aplikasi, Anda tak lagi perlu mencemaskan hal tersebut. Terdapat layanan yang benar-benar dapat mengirimkan uang secara real-time, tanpa mengharuskan Anda keluar dari tempat tinggal Anda. Cukup klik, transfer, dan uang dapat dicairkan oleh keluarga di tanah air dalam waktu singkat.

Layanan Pengiriman Uang Konvensional

Untitled design501 - Layanan Jasa Pengiriman Uang Mana yang Lebih Baik?

Jauh sebelum munculnya jasa pengiriman uang digital, banyak jasa pengiriman uang lain yang sudah digunakan oleh TKI yang berada di luar negeri. Secara garis besar, ada dua jenis jasa pengiriman konvensional yang digunakan, yakni melalui agen atau perusahaan remitansi, dan melalui layanan perbankan.

Perusahaan Remitansi

Perusahaan remitansi sudah banyak memberikan bantuan untuk TKI yang ingin mengirimkan uang. Cakupan wilayah layanan yang luas serta proses yang mudah membuat cara ini banyak dipilih oleh TKI. Secara sederhana, TKI tinggal mendatangi kantor perusahaan remitansi, mengisi formulir, dan menyerahkan sejumlah uang yang akan dikirim kemudian membayar biaya yang dikenakannya. Dalam tempo beberapa hari, uang sudah dapat dicairkan oleh orang yang dituju dengan membawa identitas dan kode sebagai validasi.

Layanan Perbankan

Selanjutnya adalah layanan perbankan. Layanan perbankan bisa digunakan untuk mengirim uang, baik melalui transfer antar rekening atau pengiriman secara langsung. Memang cara ini juga memiliki kelebihan, yakni lebih terpercaya karena merupakan lembaga pengelola keuangan yang valid. Namun demikian, tingginya biaya terkadang memberatkan TKI yang ingin menggunakan jasa pengiriman uang ini sehingga lambat laun pilihan ini mulai kurang diminati.

Pengiriman Uang secara Digital

Untitled design500 - Layanan Jasa Pengiriman Uang Mana yang Lebih Baik?

Nah, yang belakangan menjadi cukup populer adalah jasa pengiriman uang dengan cara digital. Seperti layaknya aplikasi ojek online yang banyak digunakan di Indonesia, layanan ini hanya memerlukan Anda membuat akun, dan kemudian menghubungkan akun tersebut dengan akun bank yang Anda miliki. Nantinya, ketika mengirimkan uang Anda tinggal melakukan top up pada akun aplikasi ini, kemudian mengirimkan saldo pada akun milik keluarga Anda yang ada di Indonesia.

Pada jangka waktu yang sangat singkat, keluarga di Indonesia akan mendapatkan notifikasi dari pengiriman yang Anda lakukan. Kemudian, akun yang dikirimi saldo dapat mencairkan saldo tersebut melalui rekening bank yang juga sudah dihubungkan dengan akun yang ditunjuk. Verifikasi berulang dilakukan dalam proses ini sehingga terdapat jaminan keamanan yang sangat baik.

Biaya yang dikenakan untuk setiap transfer sendiri dapat dikatakan jauh di bawah kedua layanan konvensional yang sebelumnya disebutkan. Ambil contoh misalnya untuk pengiriman dari Malaysia ke Indonesia, dua layanan tadi bisa mengenakan biaya belasan ringgit. Tentu cukup memberatkan bukan? Nah, layanan digital ini hanya akan memberikan biaya administrasi kurang dari 5 ringgit saja, itupun masih ditambah dengan promo dan potongan yang diberikan pada waktu tertentu.

Layanan Qelola, Solusi Transfer Uang Malaysia-Indonesia

Untitled design499 - Layanan Jasa Pengiriman Uang Mana yang Lebih Baik?

Layanan digital yang muncul untuk memberikan solusi pada pengiriman uang TKI adalah Qelola. Layanan ini dapat membantu TKI untuk mengirimkan uang dari Malaysia ke Indonesia dengan biaya yang sangat ekonomis, sehingga TKI tidak lagi akan dibebani oleh biaya pengiriman yang besar. Layanan Qelola juga sudah diverifikasi oleh Bank Indonesia, sehingga dapat dipastikan sebagai layanan yang aman dan berstandar tinggi.

Selain pengiriman uang, kelebihan dari jasa pengiriman uang ini adalah memiliki fitur pembayaran tagihan langsung ke lembaga terkait. Anda bisa membayarkan tagihan listrik, PDAM, bahkan hingga BPJS secara langsung untuk keluarga Anda yang berada di Indonesia. Tentu, fitur ini juga dapat dinikmati dengan biaya yang sama ekonomisnya dengan administrasi pengiriman uang.

Baca Juga: Ingin Bertransaksi dengan Virtual Account? Ini Penjelasan Lengkapnya 

Penggunaan jasa pengiriman uang sebagai partner ketika bekerja di luar negeri, dalam hal ini Malaysia, sangat direkomendasikan untuk TKI. Selain biaya murah dan prosesnya yang cepat, aplikasi Qelola juga sangat mudah digunakan oleh TKI. Cukup unduh aplikasinya pada layanan yang Anda gunakan, kemudian buat akun, dan Anda sudah bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk berbagai keperluan. Selalu pastikan setiap kebutuhan keluarga di tanah air tercukupi dengan kemudahan pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia. Jadilah TKI sukses, dan selamat bekerja!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,