Itinerary 3 Hari 2 Malam di George Town Penang

george town penang

Bagi yang memiliki hobi makan enak, wisata budaya dan bersejarah, George Town Penang di Malaysia bisa menjadi destinasi tujuan. Di Penang, Anda dapat menemukan berbagai macam peninggalan bersejarah, atraksi budaya, dan tempat wisata kuliner yang tiada duanya.

Tetapi bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Penang, Anda pastinya membutuhkan perencanaan. Di bawah ini adalah contoh itinerary liburan di George Town Penang selama 3 hari 2 malam yang bisa Anda jadikan panduan.

Day 1, Berwisata Sepeda dan Mengunjungi Museum Coklat

Reasons to visit Georgetown Penang Malaysia 4 800x496 - Itinerary 3 Hari 2 Malam di George Town Penang

Perjalanan dari Bandara Penang ke George Town sekitar satu jam. Biasanya perjalan dari bandara akan berhenti di Komtar, terminal pusat yang ada di Pulau Penang. Di sana ada beberapa jajanan menarik yang bisa dibeli. Tapi hati-hati bagi yang muslim, karena ada beberapa kedai yang menjual makanan tidak halal. Jika sudah tidak kuat menahan lapar, namun masih bisa menjelajahi mal, lebih baik Anda langsung masuk menuju gerai makanan waralaba yang Anda tahu kehalalannya.

Jika cuaca bersahabat dan tidak banyak kendala selama perjalanan. Anda bisa memulai berburu mural sejak hari pertama. Menyewa sepeda bisa jadi alternatif untuk memudahkan berkeliling George Town Penang. Selain itu jangkauan tempat wisata juga bisa lebih luas sampai masuk ke area perkampungan yang bukan area wisata. Sehingga perjalanan ke Penang akan membawa pengalaman tersendiri.

Setelah lelah bersepeda Anda bisa mengunjungi Chocolate & Coffe Museum. Di sini selain mengetahui perjalanan coklat dan kopi di Penang. Kita juga bisa membawa pulang kopi durian yang sangat terkenal sebagai buah tangan.

Day 2, Berburu Mural dan Wisata Kuliner

DSC07204 901x600 - Itinerary 3 Hari 2 Malam di George Town Penang

Hari kedua menjelajahi George Town Penang bisa lebih Anda maksimalkan. Anda bisa mendatangi satu per satu mural Penang dan street art lainnya yang menjadi daya tarik pulau ini. Sebagai catatan, jangan lupa memilih penginapan yang menyediakan sarapan. Dengan sarapan yang sudah tersedia, maka Anda akan lebih cepat untuk memulai petualangan pada hari kedua.

Wisata Mural

Pada hari kedua ini, Anda bisa mulai petualangan dengan mengikuti jalur peta wisata mural Penang. Peta ini tentu saja bisa didapatkan dengan mudah baik di bandara atau pun disediakan penginapan. Beberapa jalur bisa diikuti, sehingga perjalanan berburu mural di George Town Penang lebih menghemat waktu.

Mural di Penang begitu banyak dan jumlahnya puluhan. Dari yang menjadi ikon penting dan sudah membuat Penang begitu populer. Atau mural-mural biasa yang sering digambar di beberapa tempat makan maupun tembok-tembok rumah. Meski terkesan biasa, beberapa lukisan mural tersebut tetap terlihat cantik karena para seniman telah mengerjakannya secara detail.

Armenian Street

Ketika jam makan siang tiba. Armenian Street merupakan salah satu lokasi yang patut disambangi, karena di sana banyak kedai-kedai yang menjual makanan lokal. Mengisi perut sambil beristirahat dan menikmati kuliner khas Penang seperti laksa, cendol Penang dan nasi lemak. Penang menjadi surganya pecinta mie, karena wisatawan dengan mudah menemukan kedai-kedai penjual mie khas Penang.

Perburuan mural dapat dilanjutkan setelahnya jika memang masih kuat untuk berkeliling. Pukul 12 hingga 2 siang menjadi puncak panas matahari di Penang. Bawalah payung atau topi pelindung wajah untuk mengantisipasi hal tersebut.

Saat mencari mural. Kita akan melewati bangunan bersejarah yang hingga saat ini masih digunakan sebagaimana mestinya. Mengunjungi Gereja St George Anglican Church, Klenteng Kwan Yin, Sri Mahamariamman Temple dan bagi yang muslim bisa sembahyang di Masjid Kapitan Keling.

Tempat ibadah ini memiliki sejarah panjang di George Town Penang dan letaknya cukup berdekatan. Tak ada salahnya meluangkan waktu sembari berkeliling Penang untuk mencari mural yang bertebaran di sudut kota.

Clan Jetis

Sore harinya, Anda bisa pergi ke Clan Jettis. Suatu kawasan yang dibentuk para imigran Cina di pinggiran Penang. Mereka tinggal di rumah terapung tepat di tepi laut. Clan Jettis dihuni beberapa klan peranakan. Saat ini di Clan jettis terdapat enam dermaga yang masih tersisa.

Di area klan jettis yang berada tepat di pinggir jalan. Terdapat food court yang buka pada sore hingga malam hari. Opsi lain untuk wisata kuliner yaitu wilayah Love Lane dan Chulia Street Hawker.

Day 3, Kek Lo Si Temple – Batu Feringghi

IMG 9561 e1535712181736 - Itinerary 3 Hari 2 Malam di George Town Penang

Kek Lo Si Temple menjadi tempat wisata di George Town Penang yang populer. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Wisatawan dapat memanfaatkan bus rapid Penang untuk menuju ke sana. Selain menghemat kantong jika dibandingkan sewa mobil sendiri. Kita juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal saat menggunakan rapid Penang.

Pergi ke Kek Lo Si Temple tidak memakan banyak waktu. Perjalanan menuju tempat tersebut sekitar 45 menit dengan bus umum. Di sini Anda bisa melihat-lihat tempat ibadah umat Budha ini sampai ke lokasi tertinggi di mana terdapat patung Dewi Kwan Im. Untuk sampai ke lokasi tertinggi akan membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam saja. Jika memulai kegiatan sejak pagi hari. Saat jam makan siang, Anda bisa mampir di tempat makan yang ada di sekitar pasar.

Setelah istirahat siang. Perjalanan bisa dilanjutkan ke Batu Feringghi dengan naik bus rapid Penang. Di sini Anda bisa menghabiskan siang sampai senja tiba. Anda bisa menikmati tepi pantai dan wisata di Batu Feringghi Night Market. Menjelang malam segera kembali ke George Town Penang dengan transportasi yang sama.

Baca Juga: Menikmati Penang Food yang Menggugah Selera, Sambangi 5 Lokasi Ini!

Tentunya berwisata ke George Town Penang, bisa Anda jalani dengan nyaman jika tidak terganggu dengan masalah keuangan. Aplikasi Qelola dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan menggunakan Qelola, Anda bisa tetap mengirimkan uang untuk keluarga di Indonesia sembari berwisata di Malaysia. Dengan biaya transfer paling rendah, Qelola jelas lebih menguntungkan dibanding aplikasi lainnya. Tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , ,