Ini Dia! Daftar Universitas Terfavorit di Malaysia untuk Siswa Internasional

pang yuhao  kd5cxwZOK4 unsplash scaled - Ini Dia! Daftar Universitas Terfavorit di Malaysia untuk Siswa Internasional

Ada rencana untuk menunjang atau melanjutkan pendidikan di luar negeri? Tidak salah jika Anda ingin mencobanya. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh jika mencoba melanjutkan pendidikan di luar negeri, seperti meningkatkan potensi serta kemampuan akademik maupun non akademik, membuka pola pikir, meningkatkan wawasan dan sebagainya. Namun, tetap memperhatikan negara mana yang akan menjadi tujuanmu melanjutkan pendidikan. 

Negara Malaysia menjadi salah satu destinasi favorit siswa internasional untuk melanjutkan pendidikannya, termasuk warga Indonesia. Kualitas pendidikan yang baik dan didukung dengan biaya yang terjangkau, membuat para pencari gelar internasional menjadikan Malaysia sebagai negara pilihan. Bahkan, beberapa universitas terkemuka luar negeri membuka cabang di Malaysia, seperti Universitas Monash Australia dan Universitas Nottingham Inggris. Hal ini membuat semakin tinggi minat siswa untuk melanjutkan pendidikan disana. Selain itu, banyak universitas terfavorit di Malaysia yang bisa menjadi pilihanmu, apa saja? berikut ini daftarnya!

Universiti Malaya

UM KL GATE 1560910647 700x467 - Ini Dia! Daftar Universitas Terfavorit di Malaysia untuk Siswa Internasional

Sumber : nst.com.my/education/2019/06/497437/um-climbs-further-top-100-rank-latest-world-university-rankings

Univerisiti Malaya atau yang biasa disingkat UM merupakan universitas tertua di Malaysia. Letaknya berada di barat daya Kuala Lumpur, ibukota Malaysia. Universitas ini berdiri pada tahun 1905. Berdasarkan QS World University Rankings 2020, Universiti Malaya berada di peringkat 70 di dunia. Sampai saat ini sudah ada 27,000 lebih mahasiswa yang melanjutkan studi di sana. Terdapat 17 fakultas dan pusat penelitian yang mencakup seluruh spektrum pembelajaran dari Seni, Sains dan Humaniora. Salah satu fakultas pada universitas ini yang sudah diakui dunia yaitu fakultas tekniknya. Selain itu, universitas ini telah memiliki populasi mahasiswa internasional dari 80 negara yang berbeda. Universiti Malaya memiliki kepercayaan bahwa kampus yang multikultural dan multinasional akan memperkaya pengalaman mahasiswa dalam hal keragaman sosial dan budaya.

Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR)

blog 4 1 - Ini Dia! Daftar Universitas Terfavorit di Malaysia untuk Siswa Internasional

Sumber : http://www.studymalaysiainfo.com

Universiti Tunku Abdul Rahman merupakan universitas swasta nirlaba dengan menyediakan pendidikan berkualitas namun tetap dengan harga terjangkau. Universitas ini berdiri pada tahun 2002 di bawah UTAR Education Foundation. UTAR telah memiliki reputasi sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta yang tumbuh paling cepat di Malaysia dengan pertumbuhan fenomenal di semua aspek perkembangannya. Saat ini, UTAR menawarkan lebih dari 60 program sarjana, 31 program magister, dan 12 program Doktor dalam disiplin ilmu seperti bisnis, teknik, matematika, industri kreatif dan desain, ilmu sosial, pendidikan, kedokteran, dan studi Cina. Universitas ini terkenal ideal untuk siswa yang mencari eksposur internasional, pengalaman dan persahabatan. UTAR juga memasukkan dimensi multi-budaya ke dalam semua aspek pembelajaran, pengajaran, penelitian dan kolaborasinya. Tentunya hal ini sangat memudahkan siswa internasional yang ingin menempuh pendidikan di universitas ini.

Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

blog 3 700x350 - Ini Dia! Daftar Universitas Terfavorit di Malaysia untuk Siswa Internasional

Sumber : http://www.etawau.com

Univerisiti Kebangsaan Malaysia merupakan universitas negeri pilihan dan satu-satunya universitas nasional di Malaysia. Lokasi UKM berada di Selangor yang telah berdiri pada tahun 1971. Dengan menjadi satu-satunya universitas nasional di Malaysia, banyak mahasiswa lokal maupun internasional tertarik untuk menyenyam pendidikan sarjana atau pascasarjananya. UKM juga menjamin penilaian berkelanjutan terhadap program yang tersedia untuk memastikan bahwa kursusnya telah memenuhi teknologi dan perkembangan terbaru. Universitas ini memiliki 13 fakultas, 12 institut dan 12 residential college.

Universiti Malaysia Perlis (UniMAP)

blog 2 1 700x437 - Ini Dia! Daftar Universitas Terfavorit di Malaysia untuk Siswa Internasional

Sumber : https://www.unimap.edu.my

Universitas ini berdiri pada tahun 2001 dengan nama Kolej Universiti Kejuruteraan Utara Malaysia (KUKUM) yang kemudian berubah menjadi Universiti Malaysia Perlis. Berlokasi di Perlis dan menjadi salah satu universitas teknik terkemuka di Malaysia. UniMAP menawarkan berbagai program yang sangat relevan dengan industri kepada siswa-siswanya. Kini, terdapat sekitar 14,000 siswa lebih dari enam program diploma, 37 program sarjana, 20 program magister dan 12 program doktoral.

Universiti Putra Malaysia

blog 1 1 700x325 - Ini Dia! Daftar Universitas Terfavorit di Malaysia untuk Siswa Internasional

Sumber : https://scholarship-positions.com

Universiti Putra Malaysia (UPM) sebelumnya bernama Universiti Pertanian Malaysia telah berdiri pada tahun 1971 melalui penggabungan Fakultas Pertanian, Universitas Malaya dan Sekolah Tinggi Pertanian di Serdang. UPM sebelumnya merupakan universitas khusus pertanian yang kini berubah menjadi Universitas Riset terkemuka. Sesuai dengan visi misinya, UPM mempertahankan peran tradisionalnya dalam pendidikan dalam memfokuskan penelitian tingkat tersiernya pada pertanian dan bidang-bidang terkait. Terdapat sekitar 24,000 siswa di UPM termasuk sekitar 4,500 siswa internasional.

Semakin tertarik melanjutkan pendidikan ke negeri Malaysia? Pastikan juga untuk mencari tahu program-program apa saja yang tersedia. Selain itu, galilah informasi mengenai persyaratan administrasi yang harus dilengkapi jika ingin kuliah di Malaysia atau luar negeri.

Baca Juga: Ini Dia Universitas di Malaysia dengan Jurusan Bisnis Terbaik

Untuk masalah keuanganmu jangan khawatir, karena ada Qelola yang siap untuk mengQelola keuanganmu walaupun sedang berada di Malaysia. Dengan berbagai fitur menarik, transaksi dan pengelolaan keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia akan berjalan semakin mudah. Tunggu apalagi, yuk segera unduh aplikasi Qelola di smartphone Anda!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,