Menabung Emas sebagai Investasi Masa Depan, Ini 6 Alasannya!

Menabung Emas

Membuat dan memiliki tabungan dalam berbagai bentuk kini mulai digandrungi berbagai lapisan masyarakat guna menjamin kehidupannya di masa yang akan datang. Bentuk investasi yang beragam dan nilainya yang juga berbeda-beda, menjadikan pilihan setiap orang unik karena memiliki pertimbangannya masing-masing. Salah satu bentuk investasi yang bisa Anda pilih adalah dengan menabung emas. Tapi mengapa?

Emas menjadi salah satu bentuk investasi yang memiliki nilai stabil dan progresif. Setiap tahun, harga emas selalu meningkat menyesuaikan dengan inflasi yang terjadi. Tentu saja jika Anda memiliki emas dalam nilai besar, maka nilainya setiap tahun otomatis akan bertambah secara signifikan pula.

Ada juga beberapa alasan lain kenapa menabung emas jadi pilihan yang tepat sebagai perangkat investasi. Simak penjelasannya dalam poin singkat berikut ini.

Tidak Seperti Investasi Lain, Emas Mudah Dicairkan

Untitled design933 - Menabung Emas sebagai Investasi Masa Depan, Ini 6 Alasannya!

Berbagai bentuk investasi seperti tanah atau rumah atau aset properti lain sebenarnya juga memiliki nilai yang besar dan progresif. Namun demikian, satu hal yang tidak dimiliki bentuk investasi properti adalah bahwa investasi tersebut tidak cepat dicairkan. Perlu waktu selama beberapa saat hingga properti bisa terjual dan Anda menikmati dana investasi yang Anda tanamkan.

Berbeda dengan emas, bentuk investasi ini sangat mudah dicairkan. Baik dalam bentuk emas batangan, perhiasan atau tabungan emas yang kini ditawarkan oleh banyak platform, Anda bisa segera mencairkan emas yang Anda miliki menjadi dana segar. Menabung emas, dalam hal ini, memiliki keunggulan dari bentuk ‘tabungan’ yang lain.

Tidak Memerlukan Modal Besar

Berapa dana yang Anda butuhkan ketika Anda ingin membeli properti dan ingin menjadikannya sarana investasi? Atau bentuk lain, saham, berapa besar uang yang harus dikeluarkan agar nilai saham yang Anda miliki menguntungkan? Tentu jika dihitung, Anda memerlukan persiapan yang terukur dan nilainya tidak kecil.

Menabung emas kini bisa dilakukan dengan cara mencicil. Ya, Anda tidak salah membaca, Anda bisa membeli emas yang disediakan oleh platform, baik online maupun offline, secara bertahap sesuai dengan kemampuan. Bahkan di beberapa platform, Anda bisa membuka tabungan emas dengan modal hanya Rp10.000. Tinggal Anda secara rutin menambah jumlah tabungan setiap waktu hingga nilainya bisa terus bertambah.

Jaminan Keamanan yang Tinggi

Untitled design932 - Menabung Emas sebagai Investasi Masa Depan, Ini 6 Alasannya!

Mungkin hal pertama yang terbesit dalam pikiran Anda ketika membuat agenda menabung emas adalah faktor keamanan. Bagaimana cara menyimpannya agar aman? Apa yang harus dilakukan? Sebenarnya hal ini tak lagi perlu dikhawatirkan, karena menabung emas bisa dilakukan dengan sangat aman.

Ketika menabung emas, Anda sebenarnya hanya menabung sejumlah uang, baik di bank atau di platform lain, namun nantinya nilai uang tersebut akan dikonversi menjadi ukuran gram emas. Jadi, secara fisik Anda tak perlu memegang dan menyimpan tabungan emas yang Anda miliki. Cukup melakukan setoran setiap waktu secara rutin, dan dicairkan ketika diperlukan.

Prosedur Transaksi yang Praktis

Anda juga tidak perlu mendatangi bank atau toko emas untuk ‘membeli’ emas yang akan ditabung. Banyak cara lain yang bisa dilakukan, contohnya adalah dengan cara online. Tinggal menggunakan layanan m-banking Anda sudah bisa membeli emas dan melakukan penyetoran. Jadi tidak ada lagi cerita Anda datang secara fisik ke toko emas dan membawa uang jutaan rupiah yang justru meningkatkan resiko keamanan.

Pajak dan Regulasi Lain

Untitled design931 - Menabung Emas sebagai Investasi Masa Depan, Ini 6 Alasannya!

Hingga saat ini, kekhawatiran utama ketika memiliki investasi adalah nilai pajak yang tinggi dan harus dibayarkan. Ketika menabung emas, Anda tak perlu cemas akan hal ini. Tabungan emas hingga saat ini tidak dikenakan pajak atau aturan rumit lainnya, sehingga Anda sebagai pemilik investasi bisa benar-benar mendapatkan keuntungan bersih dari tabungan yang Anda miliki.

Resiko Rendah

Penurunan nilai investasi menjadi mimpi buruk bagi setiap investor, dalam bentuk apapun, dimanapun, dan kapanpun waktunya. Satu hal yang pasti dari emas adalah bahwa nilainya tidak akan pernah turun. Nilainya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu, sehingga dapat dikatakan menabung emas tidak ada ruginya. Jika investasi lain menawarkan keuntungan yang sangat tinggi namun dengan resiko tinggi pula, maka emas menawarkan investasi yang progresif dan stabil dengan tingkat keamanan yang lebih baik.

Baca Juga: Tabungan Pensiun untuk TKI, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Menabung emas sendiri sebenarnya bukan hal baru. Banyak masyarakat di perkotaan dan pedesaan yang membuat tabungan emas sejak dahulu, namun bentuk dan caranya masih terkesan konvensional dan berbentuk fisik.

Nah, untuk Anda, menabung emas di era sekarang sebaiknya dilakukan dengan cara yang lebih canggih, dengan memanfaatkan berbagai layanan yang menawarkan tabungan ini. Jika Anda adalah TKI yang bekerja di luar negeri, tentu kepraktisan dalam transaksi jadi kebutuhan utama bukan? Sama halnya seperti menabung emas yang bisa dilakukan secara online, Anda juga bisa mengirimkan uang ke Indonesia secara online dengan bantuan layanan Qelola. Layanan remitansi yang satu ini memberikan jaminan pengiriman uang cepat dan pencairan yang cepat pula. Jadi tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,