Ingin Kirim Paket ke Luar Negeri? Simak Poin Pentingnya Dulu!

Kirim Paket Ke Luar Negeri

Menjalin silaturahmi dengan keluarga yang ada di luar negeri, menjadi satu hal wajib yang perlu Anda lakukan sebagai TKI. Dengan jalinan silaturahmi yang baik, Anda bisa tetap menjaga hubungan dengan setiap anggota keluarga. Ketika Anda menjadi TKI di Malaysia misalnya, kirim paket ke luar negeri, dalam hal ini ke Indonesia, bisa jadi cara ampuh menjaga silaturahmi ini.

Dalam prakteknya, tentu pengiriman barang yang dilakukan tidak bisa secara serta merta saja. Karena Anda berada di Malaysia dan keluarga Anda berada di Indonesia, maka ada peraturan dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Jika tidak mengindahkan hal ini, bisa jadi paket yang Anda kirimkan justru akan tertahan dan tidak bisa diambil oleh keluarga Anda.

Untuk memberikan sedikit gambaran dalam hal kirim paket ke luar negeri, Anda bisa melihat beberapa poin berikut ini.

Pilih Jasa Pengiriman Resmi

Untitled design727 - Ingin Kirim Paket ke Luar Negeri? Simak Poin Pentingnya Dulu!

Penting untuk memastikan jasa pengiriman yang Anda gunakan sudah resmi dan memiliki relasi atau outlet resmi di Indonesia. Dengan memastikan hal ini, setidaknya hambatan paket akan tertahan karena tidak memiliki kanal penyaluran di Indonesia bisa dihindari.

Banyak sekali sebenarnya jasa pengiriman yang bisa digunakan. Mulai dari yang benar-benar jasa pengiriman internasional, sehingga jasa pengiriman lokal yang sudah memiliki rekanan untuk kedua negara. Perbedaannya tidak terlalu banyak, untuk jasa pengiriman internasional yang memiliki banyak outlet lebih memberikan kemudahan karena pemberkasan dan regulasinya cukup jelas.

Sedangkan untuk jasa pengiriman yang berupa rekanan, biasanya Anda harus memperhatikan ketentuan yang diberikan pada tempat pengiriman dan perusahaan yang menjadi rekanannya. Kedua ketentuan ini harus dipenuhi sehingga paket yang Anda kirimkan bisa sampai dengan selamat.

Pahami Batas Kirim Paket ke Luar Negeri

Untitled design724 - Ingin Kirim Paket ke Luar Negeri? Simak Poin Pentingnya Dulu!

Dalam pengiriman barang ke luar negeri, terdapat beberapa batas yang tidak boleh dilanggar. Misalnya, batas kadar alkohol untuk minuman, batas jumlah rokok yang dikirimkan, hingga batas nilai barang yang bisa dikirimkan dan bebas dari tarif bea cukai yang berlaku di Indonesia.

Pemahaman akan hal ini sangat penting agar Anda bisa mengetahui benar apa yang bisa dikirim dan apa yang tidak bisa dikirim, berapa jumlah maksimal yang bisa dikirim dan berapa jumlah yang akan dikenai pajak. Pajak yang dikenakan untuk beberapa barang tidak kecil, dan justru bisa jadi kerugian jika Anda tidak memperhatikannya.

Jangan lupa juga, untuk pengiriman ke Indonesia ada beberapa barang yang dilarang. Misalnya pengiriman minuman dengan kadar alkohol tertentu, bahan makanan dengan kandungan tertentu, bahan kimia, barang berbahaya, dan masih banyak lagi. Anda bisa melihat setiap ketentuan ini pada situs-situs terkait, atau langsung kunjungi saja situs resmi bea cukai untuk mengetahui daftarnya.

Lihat Biaya Pengiriman

Untitled design725 - Ingin Kirim Paket ke Luar Negeri? Simak Poin Pentingnya Dulu!

Satu lagi hal yang penting adalah jangan lupa memastikan biaya kirim paket ke luar negeri. Biaya ini biasanya ditentukan oleh negara tujuan, berat barang, ukuran dimensi barang, dan barang apa yang dikirimkan. Tarif akan dikenakan berdasarkan peninjauan dari agen pengiriman yang bertugas di outlet.

Ketika Anda datang untuk kirim barang ke luar negeri, barang yang Anda bawa akan ditimbang atau diukur dimensinya. Jika barang yang Anda kirimkan adalah barang yang cukup rapuh, biasanya agen akan memberikan rekomendasi perlindungan berupa pengemasan yang lebih aman atau jaminan asuransi berdasarkan nilai barang.

Asuransi dan Jaminan Pengiriman Barang

Untitled design723 - Ingin Kirim Paket ke Luar Negeri? Simak Poin Pentingnya Dulu!

Terakhir dan tidak kalah penting adalah mengenai asuransi dan jaminan pengiriman barang yang Anda kirimkan. Mengingat pengiriman akan dilakukan antar negara, maka waktu pengiriman yang diperlukan tentu cukup lama. Bisa jadi ketika dalam proses pengiriman, barang Anda rusak atau mengalami perlakuan kurang sesuai.

Setiap jasa pengiriman yang benar-benar berkualitas, biasanya akan memberikan penawaran asuransi barang hingga sampai ke tangan penerimanya. Asuransi ini bisa berupa penggantian total, ganti rugi berdasarkan nilai barang, atau bentuk asuransi lainnya. Seperti yang sudah dibahas dalam bagian sebelumnya, pengemasan juga termasuk dalam layanan jaminan pengiriman barang Anda.

Untuk barang yang cukup riskan, biasanya akan dikirimkan dengan pengemasan kotak kayu. Tujuannya adalah agar barang yang ada di dalam bungkus tidak terbentur dan lebih terjamin keamanannya. Pilihan lain mungkin adalah pengemasan dengan bubble wrap untuk menjaga barang dari benturan kecil.

Baca Juga: Intip Gurihnya Peluang Usaha Jastip Coklat Malaysia untuk TKI

Kirim paket ke luar negeri biasanya akan lebih ramai pada hari besar seperti hari raya Idul Fitri, atau Natal. Satu tips sederhana untuk pengiriman paket ke luar negeri, ada baiknya untuk mengirimkan beberapa hari sebelum hari besar agar paket Anda tidak tertunda dan tertahan di gudang.

Mengetahui sedikit lebih jauh mengenai hal penting dalam kirim paket ke luar negeri penting agar paket yang Anda kirimkan bisa diterima oleh keluarga di Indonesia dengan baik. Selain kirim paket, Anda juga tentu secara reguler akan melakukan pengiriman uang bukan? Untuk urusan yang satu ini, Anda bisa menggunakan Qelola. Layanan remitansi ini dapat membantu Anda mengirimkan uang di hari yang sama, dan dicairkan sesaat setelah diterima. Dengan biaya administrasi yang ekonomis, Anda bisa mengirimkan uang dengan cepat dan mudah. Unduh aplikasinya di sini!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,