Cara Cek Info Tagihan Listrik dan Token Anti Mainstream, Wajib Dicoba!

info tagihan listrik dan token

Listrik saat ini adalah kebutuhan pokok bagi semua masyarakat di Indonesia. Walaupun pada kenyataanya masih ada sebagian penduduk yang belum bisa menikmati aliran listrik. Di Indonesia sendiri aliran listrik bisa didapatkan secara prabayar dan pascabayar. Untuk Anda yang menggunakan listrik prabayar maka sebelumnya harus membeli saldo listrik atau yang biasa disebut token listrik. Berbeda dengan listrik pascabayar, Anda tidak perlu melakukan pengisian token untuk bisa menikmati aliran listrik. Hanya saja besarnya tagihan listrik yang nanti harus Anda keluarkan akan diketahui pada bulan selanjutnya.

Walaupun terkesan sepele, sebagian dari Anda mungkin belum tahu tentang tata cara mendaftarkan rekening listrik. Apalagi bagi Anda yang baru saja memiliki hunian baru merasakan galau hendak memakai listrik prabayar atau pascabayar. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan memandu Anda untuk mengetahui bagaimana cara daftar rekening listrik. Selain itu informasi tentang listrik prabayar dan pascabayar serta info tagihan dan token akan dipaparkan secara detail di sini. Berikut ulasannya:

Informasi Tentang Tagihan Listrik dan Token

cek listrik - Cara Cek Info Tagihan Listrik dan Token Anti Mainstream, Wajib Dicoba!

Pertama-tama hal yang akan dibahas adalah informasi tagihan listrik dan token. Dengan kata lain Anda akan mengetahui gambaran listrik prabayar dan pascabayar, sehingga dari sini Anda akan tahu kebutuhan listrik yang tepat untuk digunakan. Dimulai dari listrik prabayar, sebelumnya sudah disinggung bahwa untuk bisa menikmati listrik dengan cara ini harus menggunakan token listrik. Token listrik sendiri adalah satuan pembayaran yang dipakai untuk mengisi ulang daya listrik pada PLN Prabayar. Pada token listrik, Anda akan mendapat 20 digit angka stroom atau kode token yang dipakai untuk mengisi daya listrik pada alat Meter Prabayar.

Jadi token listrik ini ibaratnya sama seperti saat Anda membeli voucher pulsa, di mana pada voucher terdapat deretan kode. Kode-kode tersebut selanjutnya dapat diisikan ke bargainser yang ada di meteran listrik. Jika pengisian kode sudah benar dan berhasil maka listrik otomatis akan mengalir. Menariknya, saat listrik di rumah Anda akan habis biasanya akan terdengar bunyi peringatan dari meteran listrik. Jadi, jika Anda tidak ingin listrik di rumah padam, segeralah mengisi ulang listrik prabayar dengan membeli token yang baru. 

Sedangkan untuk listrik pascabayar tidak memerlukan pembelian token sebelumnya. Di sini Anda bebas menikmati aliran listrik secara unlimited. Namun bagi Anda yang menggunakan sistem listrik pascabayar harus lebih bijak dalam penggunaannya. Jika tidak pintar-pintar berhemat bisa-bisa Anda akan dikejutkan dengan tagihan listrik yang bernilai fantastis pada tiap akhir bulan.

Jadi Pilih Mana, Prabayar atau Pascabayar?

Perbedaan Prabayar dan Pascabayar 2 - Cara Cek Info Tagihan Listrik dan Token Anti Mainstream, Wajib Dicoba!

Bagi pelanggan listrik pascabayar tentu tidak perlu was-was dengan suara peringatan dari meteran seperti pada pelanggan prabayar saat listrik akan habis kuotanya. Pelanggan pascabayar dianggap memiliki layanan yang lebih istimewa karena aliran listrik selalu tersedia hingga tenggat waktu pembayaran di akhir bulan.

Petugas PLN pun senantiasa akan selalu melakukan kontrol dengan mendatangi rumah pelanggan untuk melakukan pencatatan. Namun, pelanggan pascabayar jangan sampai lengah karena tagihan terus berjalan jadi Anda harus lebih bijak dalam pemakaiannya. Pembayaran tagihan listrik pascabayar juga harus dilakukan tepat waktu karena jika menunggak, listrik di rumah Anda otomatis akan dipadamkan oleh PLN. Sedangkan untuk pelanggan listrik prabayar, berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

  1. Penggunaan listrik lebih terkontrol karena menggunakan token listrik.
  2. Tidak ada denda keterlambatan atau resiko pemutusan listrik karena pembayaran info tagihan listrik dan token dilakukan di awal.
  3. Pembelian token listrik bisa menyesuaikan budget yang Anda miliki.
  4. Tidak ada biaya beban bulanan seperti yang harus ditanggung pelanggan pascabayar.
  5. Privasi lebih terjaga karena tidak ada petugas PLN yang tiba-tiba datang untuk melakukan pencatatan meteran.

Cara Mengetahui Tagihan Listrik dan Token Secara Mudah dan Cepat

qelola app - Cara Cek Info Tagihan Listrik dan Token Anti Mainstream, Wajib Dicoba!

Setelah mengetahui tentang seluk beluk dan perbedaan listrik pascabayar dan token, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengecek info tagihan dan token. Beruntunglah Anda karena sekarang cek info tagihan listrik dan token dapat diketahui langsung dari ponsel. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memakai aplikasi Qelola. Apa itu aplikasi Qelola?

Aplikasi Qelola adalah aplikasi pembayaran digital yang pada mulanya didedikasikan untuk para TKI yang ada di Malaysia untuk mengatur transaksi keuangan. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur terutama dibidang pengiriman uang dan pembayaran secara online. Melalui aplikasi Qelola, transfer dana dan pembayaran berbagai tagihan Anda dijamin mudah dan cepat. 

Nah, selain untuk melakukan transaksi transfer uang, Qelola juga hadir untuk membantu Anda mengetahui info tagihan listrik dan token sekaligus pelunasannya. Anda hanya perlu mendownload aplikasi Qelola pada Play Store. Selanjutnya buka aplikasinya dan daftarkan nomor ponsel Anda untuk bisa login. Jika sudah berhasil login Anda bisa klik menu “Listrik” pada tampilan utama aplikasi. Kemudian Anda bisa pilih prabayar atau pascabayar untuk mengetahui info tagihan listrik dan token. Pilih sesuai metode berlangganan kemudian Anda sekaligus dapat melakukan pembayaran.

Selain info tagihan listrik dan token, tagihan PDAM, BPJS Kesehatan serta TV Kabel juga bisa Anda temukan di aplikasi Qelola ini. Fitur lain yang ditawarkan adalah pembelian pulsa, kuota internet, dan voucher game untuk pecandu game online. Kini, dalam satu aplikasi Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi bahkan dari mancanegara. Dalam hal ini, aplikasi Qelola hanya bisa dinikmati di Malaysia dan Indonesia saja. Jadi percayakan tagihan listrik dan token Anda dengan aplikasi Qelola ya! Pengunduhan aplikasinya bisa Anda klik disini.

Tags: , , , , ,