Ingin Sukses Kerja di Luar Negeri, Kuasai 6 Hard Skill Ini!

hard skill

Dalam dunia kerja, memiliki sebuah skill atau keterampilan adalah hal yang sangat diperlukan dan bisa menjadi nilai lebih, apalagi untuk Anda yang berencana kerja di luar negeri. Memiliki hard skill maupun soft skill, keduanya sama-sama penting dalam menentukan keberhasilan seseorang di dunia kerja. Setiap orang pasti ingin memiliki karier yang lebih baik, mendapatkan pekerjaan yang bagus dan bisa menjanjikan bagi kehidupan di masa depan. Namun ketika Anda sudah mendapatkan pekerjaan di luar negeri dan prestasi Anda di sana meningkat , disitulah hard skill sangat diperlukan untuk meningkatkan potensi diri Anda dalam membuka peluang bagi diri sendiri dalam menggapai karier yang lebih baik.

Saat pertama kali mempelajari hard skill yang baru, Anda membutuhkan fokus dan perhatian agar bisa mendapatkan ilmu tersebut. Dengan terus melatih kemampuan tersebut dan menangani banyak pekerjaan, maka hard skill Anda akan semakin terasah. Dan itu akan membuat Anda menjadi aset yang berharga bagi perusahaan. Pimpinan perusahaan pasti akan mengevaluasi potensi seseorang melalui keterampilan dan hard skill yang mereka miliki.

Untuk memudahkan Anda mencapai sukses dalam pekerjaan di luar negeri, kali ini kami akan mencoba untuk menjelaskan 6 hard skill yang perlu Anda kuasai ketika bekerja di luar negeri.

  1. Keterampilan Manajemen Data

pexels photo 3184292 - Ingin Sukses Kerja di Luar Negeri, Kuasai 6 Hard Skill Ini!

Bagi sebuah perusahaan, data merupakan aset penting di era teknologi sekarang ini. Hampir semua perusahan saat ini berurusan dengan banyak data. Segala aktivitas operasional perusahaan tidak lepas dari mengolah data. Saat ini, kemampuan mengelola data yang efisien memang menjadi suatu keharusan. Anda harus memastikan data terorganisir dengan baik sehingga mudah ditemukan saat dibutuhkan. Meski terdengar mudah namun hard skill ini perlu dipraktikkan dan membutuhkan disiplin sehingga bisa menguasainya.

Adapun keterampilan manajemen data yang harus dimiliki antara lain mulai dari memantau segala informasi, melakukan perbaikan menganalisa, dan mengolah data. Setiap perusahaan pasti bekerja dengan banyak sekali data dan Anda pasti akan menghadapi banyak sekali informasi dalam pekerjaan. Hal ini mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan menganalisis data, meninjau informasi, memperbaiki data yang ada, dan akhirnya membuat laporan kepada atasan.

  1. Penguasaan Ilmu Komputer

joint work talented programmers 1098 17280 - Ingin Sukses Kerja di Luar Negeri, Kuasai 6 Hard Skill Ini!

Ilmu komputer atau memiliki kemampuan mengoperasikan komputer sangat penting di jaman yang sudah modern ini. Komputer memiliki sistem yang dapat mempermudah pekerjaan Anda, sehingga dapat diselesaikan dengan cepat. Kemampuan mengoperasikan komputer yang paling dasar contohnya adalah menguasai Microsoft Office. Jika yang dasar sudah Anda kuasai, tahap selanjutnya adalah meningkatkan keterampilan mengoperasikan komputer ke level yang lebih tinggi. Di antaranya pemrograman komputer, mendesain website, dan mempelajari bagaimana cara kerja software dan hardware. Apapun bidang pekerjaan Anda, memahami dengan baik keterampilan mengoperasikan komputer menjadi hal yang perlu dimiliki. Semakin mahir Anda menguasai perangkat komputer, maka akan semakin baik Anda dalam melakukan pekerjaan.

  1. Keterampilan Mengatur Jadwal

pexels photo 212286 - Ingin Sukses Kerja di Luar Negeri, Kuasai 6 Hard Skill Ini!

Mampu mengatur jadwal dan menepati jadwal adalah hard skill yang sangat berguna baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Dengan penjadwalan yang efektif, maka Anda akan mampu untuk menyelesaikan pekerjaan dan mengatur waktu yang tersedia dengan baik. Dalam penjadwalan Anda juga harus bisa menuliskan baik itu dalam mode harian, ataupun mingguan. Tidak peduli apapun posisi Anda dalam perusahaan, kemampuan menjadwalkan pekerjaan dan merencanakan apa yang harus dilakukan akan membuat Anda bisa memberikan hasil terbaik di dalam setiap pekerjaan yang dilakukan.

  1. Keterampilan Penelitian

pexels photo 669621 - Ingin Sukses Kerja di Luar Negeri, Kuasai 6 Hard Skill Ini!

Memiliki hard skill mengenai penelitian merupakan hal penting dalam semua aspek kehidupan khususnya dalam hal pekerjaan. Anda akan mendapat nilai tambah bila memiliki keterampilan atau kemampuan melakukan riset atau penelitian, seperti kemampuan mengumpulkan informasi, menciptakan dan mengembangkan produk atau inovasi baru. Riset atau penelitian ini bisa Anda dapatkan dengan pendidikan formal. Kemampuan riset ini juga perlu Anda praktikkan, karena kemampuan ini butuh pengalaman untuk menentukan banyak hal yang bisa Anda kuasai.

  1. Keterampilan Pemasaran

pexels photo 905163 - Ingin Sukses Kerja di Luar Negeri, Kuasai 6 Hard Skill Ini!

Hard skill dalam memasarkan suatu produk atau layanan perusahaan selalu menjadi keterampilan yang sangat dicari. Beberapa keterampilan pemasaran yang sangat dicari saat ini adalah Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), dan manajemen kampanye pemasaran. Untuk itu Anda harus mengenali Google Analytics serta Word Press. Sistem pemasaran dan branding difokuskan pada iklan dan penjualan. Keterampilan ini juga berkaitan dengan media sosial, website dan lain sebagainya yang berhubungan dengan internet.

  1. Spesialis Keamanan Jaringan

NetworkSecurity large e1592176569207 - Ingin Sukses Kerja di Luar Negeri, Kuasai 6 Hard Skill Ini!

Tidak semua orang memiliki hard skill dalam spesialisasi keamanan jaringan karena tugas tersebut tanggung jawabnya sangat berat. Mereka dituntut untuk bisa merancang, membangun, dan memelihara sistem keamanan yang digunakan dalam sistem yang hendak dibangun. Jumlah data yang disimpan setiap perusahaan selalu meningkat signifikan. Jika data itu bocor atau dicuri maka dapat menelan biaya yang tidak murah. Oleh karena itu, orang yang memiliki keterampilan dalam keamanan jaringan sangat dibutuhkan perusahaan.

Baca Juga: 4 Syarat Bekerja di Luar Negeri Ini Penting untuk Calon TKI

Itu tadi adalah penjelasan tentang keterampilam kerja yang berkaitan dengan hard skill yang bisa Anda simak. Semoga panduan di atas dapat memudahkan Anda untuk bisa bekerja di luar negeri dengan baik. Bagi Anda calon TKI yang akan bekerja di Malaysia, jangan lupa juga untuk mengunduh layanan transaksi online seperti aplikasi Qelola. Tidak perlu ragu melakukan transaksi keuangan dengan aplikasi ini, karena dijamin aman dan terpercaya. Selain kirim uang, Qelola juga mendukung Anda untuk bisa membayar berbagai tagihan di Indonesia lho! Mulai dari tagihan listrik, air, TV Kabel, bahkan BPJS Kesehatan dapat Anda lunasi langsung dari Malaysia. Caranya bagaimana? Cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di ponsel pribadi, kini Anda bisa kirim-kirim uang dan bayar-bayar tagihanmu di mana saja dan kapan saja. Lebih lanjut tentang aplikasi ini, Anda bisa mampir ke website resmi Qelola di sini!

Tags: , , , , , , , ,