Gaji Pas-Pasan? Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

cara mengatur keuangan

Hampir semua orang tentu saja ingin memiliki gaji yang besar agar semua kebutuhan dapat tercukupi dengan baik. Memang tidak bisa dipungkiri jika gaji yang kecil membuat Anda harus berpikir panjang jika ingin membeli barang atau melakukan sesuatu yang membutuhkan biaya banyak. Apalagi bagi para tenaga kerja migran, gaji yang besar tentu menjadi salah satu alasan utama kenapa mereka mau meninggalkan keluarga di tanah air untuk mengadu nasib di negeri orang. Bagaimana jika gaji yang Anda dapatkan memang kecil atau pas-pasan? Anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya gaji yang terbatas bisa diatasi dengan strategi yang tepat dalam mengelola pengeluaran. Kuncinya adalah Anda harus disiplin menerapkan cara mengatur keuangan.

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Setiap keluarga pasti memiliki rencana untuk masa depan seperti memiliki rumah dan mobil pribadi, biaya pendidikan anak, dana darurat, dana pensiun, dan lain sebagainya. Jika dilihat secara sekilas, rencana tersebut memerlukan uang yang banyak. Sedangkan mencari tambahan penghasilan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Untuk itulah, Anda membutuhkan beberapa cara atau strategi khusus untuk mengatur keuangan rumah tangga meskipun gaji Anda kecil. Tujuannya adalah agar rencana yang telah Anda susun dapat tercapai.

1. Menabung di Awal Waktu

Untitled design 26 - Gaji Pas-Pasan? Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Menabung yang bijak adalah menabung yang dilakukan setelah Anda menerima gaji. Namun faktanya, masih ada banyak orang yang menabung di akhir bulan atau menunggu jika ada sisa dari gaji bulanan. Padahal, akan jauh lebih baik jika menabung dilakukan diawal waktu agar uang tersebut aman di rekening tabungan lain yang nantinya bisa saja digunakan untuk kebutuhan mendadak. Oleh karena itu, sesaat setelah Anda menerima gaji, sebaiknya Anda langsung menyisihkan sejumlah uang yang sudah ditentukan untuk ditabung ke rekening khusus.

Segera perbaiki kebiasaan Anda menabung dari sisa gaji di akhir bulan. Mulai sekarang, tentukan jumlah nominal terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan, kemudian langsung masukan ke dalam rekening tabungan khusus.

2. Melakukan Evaluasi Biaya Rumah

Untitled design 27 - Gaji Pas-Pasan? Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Banyak orang yang kesulitan untuk mengatur keuangan rumah tangganya karena cicilan rumah (KPR) sudah memotong sebagian besar dari gaji bulanan mereka. Sebaiknya, cicilan rumah tidak lebih dari 25% dari total gaji yang diperoleh setiap bulan. Carilah KPR yang menawarkan cicilan yang paling kecil. Atau jika sebenarnya Anda belum mampu mengambil cicilan rumah, sebaiknya Anda mencari sebuah kontrakan yang murah. Pasti ada beberapa penawaran yang sesuai dengan kemampuan Anda. Kuncinya adalah Anda harus rajin untuk terus mencari informasi.

3. Merencanakan Belanja Bulanan dengan Matang

Cara terbaik untuk menggunakan pendapatan yang kecil adalah membuat rencana belanja bulanan dengan menggunakan anggaran secara tertulis. Belanjakan uang Anda sesuai dengan rencana yang telah Anda susun tersebut. Ketika sudah waktunya membeli apa yang dibutuhkan, maka Anda sudah memiliki anggaran untuk berbelanja. Jangan menggunakan uang melebihi anggaran yang telah disusun, karena uang yang tersisa sudah dialokasikan untuk kebutuhan yang lainnya. Menggunakan anggaran secara tertulis untuk merencanakan pengeluaran dapat menghindarkan Anda dari resiko menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang tidak perlu.

Rencanakan anggaran bulanan secara tertulis, dengan cara membagi daftar pengeluaran menjadi dua, yaitu kebutuhan primer dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer seperti makan, biaya transportasi, tagihan listrik, air dan telepon, cicilan rumah, motor serta mobil, dan lainnya. Sedangkan kebutuhan tersier antara lain anggaran untuk membeli baju, liburan atau jalan-jalan. Selain membiasakan diri untuk membuat anggaran rencana belanja bulanan, Anda juga harus membiasakan diri untuk mematuhi anggaran keuangan yang sudah Anda buat.

Tidak ada salahnya untuk tidak sering mengunjungi tempat perbelanjaan seperti mall atau melihat-lihat online shop. Hal ini bisa Anda lakukan, agar tidak melakukan pembelian barang-barang yang sebenarnya bukan kebutuhan. Jika ada barang yang memang Anda inginkan, tidak ada salahnya jika Anda menabung untuk membeli barang tersebut. Dengan begitu, kondisi keuangan bulanan Anda tetap dalam kondisi yang aman.

4. Membeli Barang Bekas yang Masih Layak

Membeli barang yang masih layak digunakan dapat menghemat anggaran belanja Anda. Misalnya mobil bekas, barang elektronik bekas, furniture bekas, dan lain sebagainya. Banyak orang yang memberikan penawaran cukup murah untuk barang bekas yang jarang digunakan. Bahkan ada juga barang yang tidak pernah digunakan namun dijual dengan harga yang murah. Kadang-kadang orang dapat menemukan barang yang kotaknya sudah terbuka, namun barang yang ada di dalamnya belum pernah digunakan, tetapi tidak dijual seperti harga barang baru karena kemasannya telah terbuka. Beberapa toko online banyak yang menawarkan barang bekas jarang pakai tersebut, Anda bisa mencarinya di internet. Membeli barang bekas yang masih layak pakai atau barang bekas dengan kondisi seperti barang baru akan sangat membantu Anda untuk menghemat pengeluaran. 

5. Membuat Catatan Pengeluaran

Untitled design 3 - Gaji Pas-Pasan? Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara mengatur keuangan selanjutnya adalah membuat catatan pengeluaran harian. Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk melihat cerminan pengeluaran Anda dalam sehari. Setelah itu, jumlahkan seluruh pengeluaran yang ada di catatan tersebut untuk mengetahui biaya yang Anda gunakan dalam sebulan digunakan untuk keperluan apa saja. Anda bisa menggunakan buku kecil khusus atau note pada smartphone pribadi Anda sebagai catatan pengeluaran keuangan.

Saat malam hari sebelum tidur, Anda bisa melihat catatan tersebut dan cek kembali semua uang yang telah Anda keluarkan untuk apa saja. Biasanya, ketika melakukan hal ini, sering terjadi penyesalan. Karena pada saat melihat catatan tersebut Anda tiba-tiba tersadar bahwa ada beberapa barang yang seharusnya tidak perlu Anda beli saat itu. Dengan begitu, akan membuat Anda bisa terbiasa untuk tidak mengeluarkan uang dengan mudah hanya untuk sekedar membeli barang keinginan saja. Sehingga keuangan Anda bisa dikontrol dengan baik.

Baca juga: Ternyata Beli Token Listrik Online Lebih Murah! Kok Bisa?

Ada banyak cara mengatur keuangan yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang. Disiplin dalam menjalankan rencana keuangan merupakan kunci utama untuk mengatur gaji yang kecil. Anda bisa mulai menggunakan beberapa cara di atas untuk meraih kondisi finansial yang sehat. Untuk menunjang strategi Anda dalam mengelola keuangan dari gaji yang kecil atau pas-pasan, aplikasi Qelola wajib Anda miliki. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play. Kirim uang ke luar negeri, bayar tagihan listrik, PDAM, BPJS, dan lainnya bisa Anda lakukan tanpa biaya administrasi yang mahal.

Tags: , , , , , , ,