Gaji Pas-Pasan, Begini Cara Berhemat dan Menabung untuk Keluarga

EP 16 - Gaji Pas-Pasan, Begini Cara Berhemat dan Menabung untuk Keluarga

Dengan berumah tangga berarti Anda sudah siap untuk tidak hanya memikirkan diri Anda sendiri. Karena ada keluarga di rumah yang menunggu untuk dinafkahi. Namun masih banyak di luar sana yang mengeluh tidak bisa memenuhi kebutuhan karena gaji yang pas-pasan. Padahal walaupun gaji pas-pasan jika mengetahui bagaimana cara berhemat dan menabung yang sebenarnya maka masalah ini bisa teratasi. Ada berbagai cara berhemat dan menabung yang bisa diaplikasikan dengan mudah di keluarga. Mengapa mudah? Karena cara-cara tersebut dimulai dari hal-hal kecil seperti merubah pola kehidupan sehari-hari. Apa saja poin-poinnya? Berikut penjelasan lengkapnya!

Baca Juga: Ide Kerja Sampingan untuk TKI, Bisa Menambah Pendapatan

EP 16 3 - Gaji Pas-Pasan, Begini Cara Berhemat dan Menabung untuk Keluarga

Ciptakan Pola Hidup Teratur

Ketika menerima gaji di awal bulan, sebagian orang akan menggunakan uangnya untuk membeli hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Padahal ketika sudah mempunyai keluarga, akan banyak sekali yang harus diduluankan dibandingkan membeli hal yang sekadar diinginkan. Oleh karena itu penting untuk menciptakan pola hidup teratur dalam hal keuangan. Kurangi kebiasaan menggunakan uang secara sembarangan di awal bulan.

Buat Anggaran Bulanan

Langkah paling tepat untuk mengawali bulan setelah menerima gaji adalah membuat anggaran belanja selama sebulan ke depan. Bagi kebutuhan Anda ke dalam kategori, apakah kebutuhan primer, sekunder atau tersier. Buat patokan nominal dana yang akan digunakan untuk membelanjakan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Anda dapat membuat patokan biaya ini berdasarkan belanja-belanja Anda sebelumnya. Namun apabila sebelumnya Anda melakukan pembelian secara sembarangan, usahakan mematok biaya lebih rendah daripada itu. Karena belanja tanpa rencana biasanya mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Buat Skala Prioritas

Keluarga terdiri dari banyak kepala, setiap kepala mempunyai kebutuhannya masing-masing dan ingin diduluankan dalam hal pemenuhannya. Oleh karena itu dari kategori yang telah di buat sebelumnya, tentukan prioritas Anda. Tentukan mana yang lebih diutamakan untuk dibeli dibandingkan lainnya. Karena seperti poin pertama, banyak yang lebih memilih hal yang sekadar ingin dan dianggap lucu dibandingkan kebutuhan yang lebih mendesak. Dan ini yang membuat banyak sekali uang terbuang untuk sesuatu yang tidak penting.

EP 16 2 - Gaji Pas-Pasan, Begini Cara Berhemat dan Menabung untuk Keluarga

Catat Setiap Pengeluaran

Mencatat pengeluaran setiap hari memang membutuhkan niat dan ketelatenan. Karena ketika mencatat pengeluaran, Anda diharuskan membuat serinci mungkin. Namun Anda tidak akan menyesal. Karena meskipun merepotkan namun manfaatnya sangat banyak. Selain mengurangi pekerjaan untuk mencatat di akhir bulan, menulis pengeluaran setiap harinya juga mengurangi kebingungan apabila terdapat kehilangan sekecil apapun. Selain itu, Anda pun akan lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang.

Alokasikan Tabungan di Awal Bulan

Selain mengontrol keuangan, menabung adalah hal lain yang harus dilakukan. Karena Anda tidak tahu apa yang bisa terjadi di kemudian hari. Bisa saja sesuatu yang buruk terjadi Anda atau keluarga dan membutuhkan uang yang cukup banyak. Oleh karena itu mulai sekarang sisihkan sebagian gaji Anda untuk ditabung. Dan menabung ini harus dilakukan di awal bulan sebelum gaji dipakai untuk kebutuhan lainnya. Nominal yang ditabung bisa disesuaikan dengan keperluan Anda yang lain. Namun, akan lebih baik jika Anda menyisihkan uang tabungan dalam jumlah yang lumayan besar agar biaya pengeluaran pribadi bisa ditekan dan tidak dibelanjakan untuk yang tidak penting.

Buat Dua Rekening

Agar program menabung Anda efektif, buat dua rekening, pergunakan salah satu rekening untuk tabungan dan rekening lainnya untuk alokasi kebutuhan. Untuk tabungan, pilihlah jenis rekening dengan biaya administrasi rendah agar tabungan Anda tidak habis untuk membayar biaya administrasi dan potongan lainnya. Pilih juga rekening yang tidak menyediakan kartu ATM agar sulit diambil. Lakukan pemisahan ini setiap awal bulan dan anggap sebagai kewajiban yang harus Anda penuhi setiap bulannya. Jika ingin lebih efektif lagi bisa dengan mengaktifkan layanan auto debit dimana uang Anda akan otomatis diambil dan disimpan oleh pihak bank sesuai nominal yang telah ditentukan di awal. Dengan layanan ini uang yang disimpan hanya bisa diambi apabila sudah memenuhi jangka waktu yang ditentukan. Cara ini lebih membantu dan memaksa Anda menyisihkan uang di awal bulan secara teratur.

Belajar Investasi

Kebutuhan keluarga semakin hari tentunya semakin meningkat. Sehingga tidak cukup jika hanya mengandalkan satu pendapatan saja. Ketika sulit mendapatkan pekerjaan lain dan membagi waktu atau tidak cukup modal serta kemampuan untuk membangun usaha, maka investasi bisa dicoba. Investasi tidak harus besar, Anda bisa mulai dari nominal yang kecil dahulu. Tidak seperti tabungan yang mengendap dengan jumlah yang sama, investasi akan berkembang dan menghasilkan penghasilan lebih kepada Anda. Namun pastikan Anda mempelajari perihal investasi sebelum memulai ya!

EP 16 1 - Gaji Pas-Pasan, Begini Cara Berhemat dan Menabung untuk Keluarga

Hindari Utang dan Bayar Tagihan Secepatnya

Disarankan untuk menghindari utang atau bahkan tidak mengambil utang sama sekali. Jika Anda memang butuh mengambil utang, cek dahulu urgensi pengambilan utang tersebut. Apakah memang sangat dibutuhkan atau tidak? Jika memang dibutuhkan, pinjamlah dengan nominal yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan berutang hanya demi membeli barang-barang branded sementara biaya hidup tidak bisa dipenuhi. Dan perlu diingat bahwa jangan sampai cicilan utang lebih dari 30% gaji bulanan yang Anda terima. Jika tidak, maka bersiaplah pengaturan gaji bulanan Anda akan kacau. Selain itu, bayar tagihan Anda segera setelah menerima gaji dan jangan biarkan menumpuk apalagi menimbulkan denda. Menghindari pembayaran tagihan dengan proses lama dan biaya administrasi yang mahal, Anda bisa menggunakan Qelola. Cukup mengunduh aplikasinya, membuat akun, top up saldo dan berbagai tagihan Anda pun sudah bisa dibayarkan.

 

Tags: , , , , ,