Inilah 5 Alasan yang Membuat Orang Kerja di Malaysia

pekerja manufaktur

Sebelum memutuskan bekerja di luar negeri, pastinya Anda membutuhkan cukup banyak pertimbangan. Orang yang memutuskan bekerja di luar negeri sebenarnya memiliki alasan tertentu, salah satunya bisa jadi karena kecilnya kesempatan mendapatkan kerja di Indonesia. Sehingga mau tidak mau mencoba kesempatan mencari kerja di luar negeri. Salah satu negara yang menjadi tujuan kerja adalah Malaysia. Banyak orang merasa Malaysia memiliki lokasi yang dekat dengan Indonesia. Namun mengapa mereka memilih kerja di Malaysia selain alasan dekat? Berikut adalah beberapa alasan lain kerja di Malaysia:

1.  Standar Hidup Cukup Tinggi dengan Biaya Relatif Rendah

malaysia 4507400 960 720 - Inilah 5 Alasan yang Membuat Orang Kerja di Malaysia

Hidup di Malaysia dapat dikatakan sebagai hidup yang serba nyaman. Mulai dari pemenuhan kebutuhan tempat tinggal, kebutuhan makan, dan juga sarana prasarana umum lainnya memang sudah termasuk baik dan layak. Hal ini wajar dimiliki Malaysia karena negara ini termasuk dalam salah satu negara maju di Asia. Kendati demikian, biaya hidup di Malaysia tidak jauh berbeda dengan biaya hidup di Jakarta. Hal ini juga bisa dibuktikan dengan melihat kurs mata uang ringgit dan mata uang rupiah yang tidak terlalu mahal. Anda dapat mengeceknya secara real time, namun untuk sekarang saja RM1 sama dengan Rp3.831,-. Masih terjangkau dengan gaji rata-rata terendah antara Rp3 juta hingga Rp4,5 juta. Akan lebih terjangkau lagi jika Anda mampu mengelola keuangan dengan lebih baik dan tidak foya-foya.

2.  Tingkat Pengangguran Rendah

Malaysia termasuk negara dengan tingkat pengangguran rendah, yaitu hanya 3,2% pada tahun 2020 ini. Prosentase ini menurun dari tahun sebelumnya, yaitu 3,3%. Artinya, pemerintah Malaysia serius dalam menangani masalah pengangguran. Jika Anda bekerja di Malaysia, terdapat aturan yang bisa menjamin Anda tidak kehilangan pekerjaan di sana. Kalapun pekerjaan Anda terpaksa berhenti, Anda akan dipulangkan dengan baik dan aman hingga sampai ke tanah air. Artinya, dukungan dari pemerintah Malaysia serius terkait tenaga kerja di sana.

3.  Sumber Daya Alam

palm oil 1022012 960 720 - Inilah 5 Alasan yang Membuat Orang Kerja di Malaysia

Tingkat pengangguran rendah tersebut dipengaruhi oleh sumber daya alam yang melimpah. Karena itu, lapangan pekerjaan juga jadi lebih luas. Salah satu SDA yang terkenal dari Malaysia adalah perkebunan kelapa sawit dan karet. Itulah kenapa banyak TKI Indonesia yang bekerja di perkebunan kelapa sawit dan karet. Buktinya, Malaysia merupakan salah satu pengekspor minyak kelapa sawit dan karet terbesar di dunia. Selain perkebunan, Malaysia juga unggul dalam bidang manufaktur sebagai sektor utama pembangunan ekonomi negara. Sektor ini menjadi sektor terbesar yang dapat menyerap tenaga kerja asing, yaitu mencapai 1/3 dari total angkatan kerja di Malaysia. Pada tahun 2016 saja, jumlah TKI asal Indonesia yang bekerja di Malaysia berjumlah 87,6 juta jiwa. Apakah Anda tertarik bekerja sebagai TKI?

4.  Iklim Hampir Sama dengan Indonesia

Malaysia adalah negara dengan iklim tropis dengan curah hujan sepanjang tahun, hampir sama dengan Indonesia. Hal ini membuat Anda yang bekerja di sana tidak perlu sulit beradaptasi dengan cuaca di sana. Iklim yang tidak ekstrim akan mempermudah Anda dalam menjalani semua kegiatan di Malaysia. Mulai dari bekerja, menjalankan hobi, rekreasi, dan bahkan bergaul dengan masyarakat asli Malaysia. Terkait rekreasi, mungkin Malaysia tidak memiliki wisata alam sebanyak di Indonesia. Namun negara ini tetap memiliki alternatif liburan khas perkotaan yang menyenangkan. Sehingga tidak ada salahnya Anda jalan-jalan dan mencoba berbagai obyek wisata khas Malaysia di tengah iklim yang mendukung.

5.  Jaminan Sosial di Malaysia Semakin Baik

Pemerintah Malaysia juga menyediakan jaminan sosial yang tidak tanggung-tanggung bagi tenaga kerja di sana, termasuk tenaga kerja asing atau TKI. Bagi penduduk yang memiliki Identity Card (IC) Malaysia, mereka akan mendapatkan Bantuan Rakyat Malaysia kurang lebih RM600 bagi lansia dan RM800 bagi penduduk usia sekolah. Sehingga tidak heran jika ada WNI yang memiliki KTP Indonesia sekaligus IC. IC sendiri pun memiliki 3 tipe, dan salah satunya diberikan kepada penduduk bukan warga negara Malaysia namun sudah tinggal di Malaysia setidaknya 5 tahun berturut-turut tanpa pulang ke Indonesia. Jadi manfaat yang Anda dapatkan ketika bekerja di Malaysia menjadi lebih banyak. 

Apakah Anda tertarik kerja di Malaysia? Bekerja di Malaysia bukan berarti Anda mengkhianati tanah air sebagai tanah kelahiran. Identitas sebagai warga negara Indonesia tetap bisa Anda miliki jadi tidak perlu pindah kewarganegaraan. Baik pemerintah Malaysia maupun Indonesia akan sama-sama menjamin keamanan dan berlangsungnya pekerjaan Anda. Maka dari itu, tidak ada salahnya Anda bekerja sebagai TKI dan tinggal di sana. Meskipun keluarga tinggal di Indonesia, Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Gunakan aplikasi keuangan agar Anda tetap bisa mengirim uang dan/atau membayar tagihan-tagihan yang ditanggung keluarga di tanah air. Qelola hadir sebagai aplikasi keuangan yang akan mempermudah Anda dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga di tanah air. Apalagi biaya transfernya sangat murah dibanding dengan media transfer antar negara yang lain. Yuk download aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , ,