Dua Sisi Side Job untuk Anda yang Bekerja sebagai TKI

Side Job

Melakukan side job memang bisa jadi alternatif produktif mengisi waktu luang. Bahkan jika Anda bisa memilih dengan tepat, pekerjaan sampingan tersebut dapat turut mengembangkan potensi yang Anda miliki. Satu hal yang pasti adalah Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan ini. Namun sebelum memutuskan pekerjaan sampingan yang akan diambil, ada baiknya Anda membaca artikel ini hingga selesai.

Side job umumnya dilakukan oleh pekerja yang memiliki waktu luang yang cukup banyak, sehingga rasanya sayang jika tidak dimanfaatkan secara maksimal. Mendapatkan penghasilan tambahan menjadi motivasi utama untuk menambah tabungan atau sekedar anggaran belanja. Tentu kegiatan ini memiliki efek positif dan negatif yang harus dipertimbangkan dengan baik.

Efek Positif Side Job

Untitled design994 - Dua Sisi Side Job untuk Anda yang Bekerja sebagai TKI

Ketika Anda memilih side job yang tepat dan sesuai dengan minat serta potensi yang Anda miliki, maka pekerjaan ini bisa menjadi tempat belajar dan menimba ilmu baru. Anda akan mendapatkan pengalaman baru dan kesempatan untuk melakukan hal yang Anda senangi, sehingga kualitas diri secara bertahap akan meningkat.

Selanjutnya adalah tambahan penghasilan yang lumayan. Bisa misalnya Anda masih memerlukan tambahan penghasilan, Anda bisa mencari side job yang banyak ditawarkan. Bayarannya mungkin tak sebesar pekerjaan utama yang Anda lakukan sekarang ini, tapi daripada waktu luang hanya dihabiskan untuk kegiatan tidak produktif, kenapa tidak?

Melakukan pekerjaan sampingan yang berada di segmen berbeda di industri juga dapat memberikan penyegaran terhadap mood dan pikiran Anda. Melakukan pekerjaan yang sama setiap hari bisa membuat pikiran menjadi jenuh dan kurang maksimal. Memang Anda bisa melakukan rekreasi untuk menjernihkan pikiran, tapi jika waktu tersebut sekaligus bisa digunakan untuk menambah pundi-pundi rupiah tentu akan terasa semakin bermanfaat.

Sisi Negatif Pekerja yang Memiliki Side Job

Untitled design996 - Dua Sisi Side Job untuk Anda yang Bekerja sebagai TKI

Ketika melakukan pekerjaan sampingan akan banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh. Namun demikian hal ini juga memiliki konsekuensi berupa efek yang bisa dikatakan negatif.

Pertama, Anda tentu akan kehilangan waktu bersantai atau beristirahat yang biasanya Anda miliki di akhir pekan. Waktu dan tenaga serta pikiran yang sudah lelah akan digunakan kembali untuk melakukan pekerjaan sampai selesai. Tentu jika pengelolaan waktu Anda berantakan hal ini tidak disarankan.

Selanjutnya adalah resiko kinerja menurun, baik pada pekerjaan utama atau pekerjaan sampingan yang Anda lakukan. Fokus yang terbagi akan membuat kinerja yang Anda berikan kurang maksimal dan bisa jadi mengecewakan pemberi kerja. Jika memang ingin melakukan side job, syarat utamanya adalah Anda harus benar-benar pandai mengatur waktu dan fokus kerja.

Kesehatan yang lambat laun menurun juga bisa menjadi salah satu efek buruk akibat Anda tidak memiliki waktu istirahat yang optimal. Meski hal ini bisa disiasati dengan mengelola waktu dengan baik, namun tak banyak yang benar-benar bisa melakukannya. Tak jarang justru seorang kelelahan dan jatuh sakit akibat beban kerja yang terlalu banyak dan tak lagi bisa diselesaikan.

Lalu Apakah Pekerjaan Sampingan Cocok untuk TKI?

Untitled design997 - Dua Sisi Side Job untuk Anda yang Bekerja sebagai TKI

Sebenarnya selama Anda bisa melakukan pengelolaan waktu dengan baik (waktu istirahat, waktu bekerja, dan waktu bersosialisasi) maka side job akan memberikan manfaat yang maksimal. Terlebih jika Anda adalah TKI yang bekerja di luar negeri, manajemen waktu jadi hal mutlak yang harus dimiliki jika pekerjaan sampingan masih ingin ditekuni.

Sebenarnya pekerjaan sampingan yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari yang memerlukan banyak pikiran, yang fokus pada hospitality, atau yang benar-benar memerlukan tenaga yang besar. Nah, disinilah Anda harus benar-benar selektif untuk memilih. Jangan sampai side job yang dilakukan justru mengganggu kinerja Anda pada pekerjaan utama. Ingat, konsep utama pekerjaan sampingan adalah mengisi waktu luang agar produktif, bukan menambah beban pikiran dan pekerjaan yang membuat Anda kelelahan.

Ada baiknya ketika Anda ingin mengambil pekerjaan sampingan, Anda berkonsultasi dengan pemberi kerja yang sekarang Anda jadikan pekerjaan utama. Tujuannya agar Anda mendapat pertimbangan yang lebih baik, karena pemberi kerja yang baik memahami benar kapasitas pekerjanya dan dapat memperkirakan apakah pekerjaan sampingan tersebut akan mengganggu ataupun tidak. Lagipula, lebih etis jika pemberi kerja tahu akan hal ini bukan?

Baca Juga: Menarik! 5 Bisnis Sampingan Ini Bikin TKI di Luar Negeri Tambah Kaya

Pada akhirnya pekerjaan sampingan akan menjadi produktif atau tidak adalah tergantung dari Anda sebagai seorang TKI. Jika Anda merasa cukup memiliki kapasitas, Anda bisa mencobanya. Asalkan pekerjaan sampingan yang dilakukan jangan sampai mengganggu pekerjaan utama. Terlebih jika penghasilannya tidak sebanding.

Side job memang jadi alternatif produktif yang dipilih banyak orang guna memanfaatkan waktu luangnya. Nah, ketika Anda sudah mendapatkan penghasilan yang cukup banyak, jangan lupa untuk mengirimkan uang kepada keluarga di Indonesia. Gunakan Qelola untuk urusan ini, karena Anda akan menikmati tarif transfer uang gratis selama periode promo. Pada harga normal, biaya transfer juga hanya berkisar di bawah 5 ringgit Malaysia saja, jadi tak akan memberatkan. Unduh aplikasinya di sini, dan semoga sukses menjadi TKI!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,