Johor Bahru: 9 Destinasi Wisata Paling Menyenangkan Traveler

johor bahru

Berwisata ke Johor Bahru bisa menjadi salah satu alternatif tujuan Anda selanjutnya ketika mengunjungi Negeri Jiran Malaysia. Johor Bahru merupakan salah satu kota di Malaysia yang cukup populer di telinga para traveler. Kota ini menjadi ibu kota negara bagian Johor dan menjadi kota terbesar kedua di Malaysia. Berikut ini daftar destinasi wisata Johor Bahru yang wajib Anda kunjungi saat berada di Malaysia. Check this out!

1. Legoland Malaysia

C8Kj5%2FdCnE75BMxGpYYdcJVuEQbV3CnmF8ONfpQKM2nSWWBIIZYawS1qMa7rEFnfREAefVg3w9SPPqHm4DPBrF2wjrWo%2BMilYnihpeYe1NGxklTDNf2SWOCYdEeU%2BXBux9WD4JOnHCsahVcWw8zxjTtWzfc0Wp4LW8w8P9TaFvF7DRrVlrJiPV2pHEYOMneWq0GaSVrk2kJQDIz4VwKzVpb72x7TSU5Ima5iZxKQr8Y8r%2B%2FYvbZ4m6LsXh6ePvB6B6kEKKc0JBZx6%2F4T1s9bts1EexHQ%2FPnWbUWH5nxBHo0%3D?auto=compress%2Cformat&cs=srgb&ixlib=java 1.1 - Johor Bahru: 9 Destinasi Wisata Paling Menyenangkan Traveler

Sumber: traveloka.com

Jika Anda berlibur bersama keluarga dan anak-anak, Johor Bahru menjadi tujuan tepat karena memiliki sejumlah theme park yang dijamin seru! Legoland Malaysia merupakan salah satu theme park tersohor di Malaysia bahkan Asia, berada di Iskandar Puteri, Johor Bahru. Karena lokasinya dekat dengan Singapura, Legoland Malaysia bisa dicapai dengan bus dalam waktu kurang lebih 60 menit.

Legoland Malaysia adalah theme park outdoor dengan lebih 40 macam permainan dan menjadi Legoland pertama di Asia. Ketika akan mengunjunginya, Anda dapat memesan tiket secara online dengan membuka website Legoland. Di sini Anda akan menemui berbagai macam wahana permainan yang tentunya seru dan menyenangkan. 

Legoland menjadi “surga” bagi penggemar lego karena di sini akan menemui banyak miniatur-miniatur yang dibuat menggunakan lego. 

2. Thomas Town & Sanrio Hello Kitty Town

Tidak hanya Legoland Malaysia, Johor Bahru memiliki theme park yang tak kalah menarik yang menghadirkan karakter Thomas dan Hello Kitty sekaligus. Beragam wahana bernuansa Thomas si Kereta Api dan Hello Kitty bisa pengunjung temukan di sini, mulai dari taman bermain hingga sejumlah games menarik. Kedua taman bermain ini terletak di Persiaran Puteri Selatan, Puteri Harbour, 79000 Nusa jaya, Johor. Sebenarnya Thomas Town dan Sanrio Hello Kitty ini adalah dua tempat wisata yang berbeda. Pengunjung bisa mengunjungi salah satu atau keduanya sesuai dengan keinginan.

3. Pasar Malam Murah di Night Market Johor

shutterstock 556968097 - Johor Bahru: 9 Destinasi Wisata Paling Menyenangkan Traveler

Sumber: theculturetrip.com

Pasar malam menjadi lokasi yang menarik untuk dikunjungi karena identik dengan berbagai dagangan lengkap dengan harga terjangkau. Di Pasar Malam Johor, pengunjung bisa menemukan berbagai barang murah mulai dari kuliner, aksesoris, oleh-oleh, dan masih banyak lagi. Night Market Johor Bahru dibuka mulai pukul 4 sore sampai malam. Biasanya, puncak membludaknya pengunjung sekitar pukul 7 malam. 

4. Johor Premium Outlets

Johor Premium Outlet memiliki sekitar 130 outlet ternama seperti Gucci, Burberry, Adidas, Guess, dan lainnya dengan berbagai penawaran menarik. Menariknya, barang-barang branded di sini dijual dengan harga relatif lebih murah dibanding dengan di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah pajak barang mewah di Indonesia yang mencapai 10%. Sedangkan di Malaysia saat ini pajak yang dikenakan adalah 0% semenjak tahun 2018. 

Tempat ini menyediakan berbagai produk fashion, aksesoris, kosmetik, jam tangan, perlengkapan traveling hingga buah tangan ada semua. Jam operasional Johor Premium Outlet dibuka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Baca Juga: Tips dan Aturan Berwisata Aman dan Menyenangkan di Johor Malaysia

5. Masjid Sultan Abu Bakar

Masjid Abu Bakar merupakan masjid paling terkenal di Johor Malaysia dengan segala kemegahan, keindahan, dan sejarah yang terkandung di dalamnya. Pembangunan masjid ini menandai dimulainya proses modernisasi Johor tahun 1892 yang diperintahkan oleh Sultan Abu Bakar, “Bapak Johor Modern”. Masjid ini dapat menampung hingga 2.000 orang jamaah. Masjid ini dibangun dengan campuran gaya arsitektur Victoria. Banyak orang yang mengatakan menara masjid ini menyerupai menara gereja atau menara pengawas di Inggris.

Lokasi wisata di Johor Bahru ini berada di sudut jalan dengan posisi lebih tinggi menghadap pantai dan dihiasi dengan beberapa pohon rindang dan taman bunga yang cantik. Masjid ini terbuka sepanjang hari dan pengunjung tidak dipungut biaya untuk memasuki masjid bersejarah ini.

6. Kuil Kaca Arulmigu Sri Rajakaliamman

arulmigu sri rajakaliamman - Johor Bahru: 9 Destinasi Wisata Paling Menyenangkan Traveler

Sumber: tripadvisor.com

Rumah ibadah umat Hindu paling mengkilap di Malaysia ini terletak di Kota Johor Bahru, tepatnya di perbatasan antara Malaysia dan Singapura. Mengapa mengkilap? Karena hampir seluruh bagian bangunan berlapis kaca yang berwarna putih, merah, biru, kuning, hijau, dan ungu. Masing-masing warna berjumlah sekitar 300.000 potong kaca. Di langit-langit ruang utama menggantung lampu kristal yang memberikan nuansa mewah. Cahaya lampu kristal tampak sangat indah karena terpancar hampir ke seluruh sudut ruangan. Tempat wisata religi ini terbuka sepanjang minggu. Biaya masuk untuk warga lokal tidak dikenakan alias gratis. Namun pengunjung luar negeri dikenakan tiket RM10.

7. Chinese Heritage Museum

Chinese Heritage Museum adalah salah satu tempat wisata di Johor yang menari. Dari luar bangunan, tempat ini terlihat seperti ruko yang ada di Indonesia. Namun sebenarnya bangunan ini adalah sebuah museum yang mempunyai berbagai koleksi etnis Tionghoa. Museum yang terdiri dari 3 lantai ini buka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore dengan harga tiket masuk RM5.

8. Jalan Tan Hiok Nee

Jalan di kawasan tua dari kota ini mengambil nama dari salah satu tokoh paling ikonik di Johor. Di kawasan ini terdapat banyak resto dan kafe bergaya retro serta toko-toko barang antik. Sepanjang Jalan Tan Hiok Nee ini juga terdapat bangunan-bangunan kolonial tua dengan gaya arsitektur Eropa abad ke-19. Di sini Anda dapat mengikuti tur makanan sambil mencicipi beberapa masakan khas Malaysia. Selain asyik berkuliner, Anda dapat mencoba permainan catur Cina di pinggir jalan. Satu lagi terdapat sebuah Galeri Seni Eh He yang berisikan karya-karya seni yang menggambarkan sejarah orang-orang Cina dan budaya Johor Bahru.

9. Wisata Bahari Terbaik di Pulau Tioman

Untitled design 76 - Johor Bahru: 9 Destinasi Wisata Paling Menyenangkan Traveler

Sumber: booking.com

Ibukota Johor ini secara geografis berada di dekat laut, sehingga banyak pantai di Johor yang bisa Anda temukan. Salah satu wisata bahari terbaik di Johor adalah Pulau Tioman yang berada di perairan timur Malaysia, tepatnya di Laut Cina Selatan. Anda bisa naik mobil pribadi melalui Jalan Raya Tebrau menuju Mersing via Kota Tinggi. Pantai di Pulau Tioman berpasir putih dan air laut jernih. Pengunjung dapat ber-snorkeling ria di sini untuk menikmati keindahan alam di Pulau Tioman. 

Demikian ulasan mengenai destinasi wisata Johor Bahru Malaysia yang bisa menjadi rekomendasi liburan Anda selanjutnya. Biaya yang akan Anda keluarkan untuk berwisata di Malaysia bisa Anda kelola dengan baik menggunakan aplikasi Qelola. Ketika sudah berada di Malaysia, Anda tak perlu bingung untuk membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , ,