7 Destinasi Wisata Terengganu yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

terengganu

Terletak di Pantai Timur Semenanjung Malaysia, Terengganu merupakan daerah yang sering menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Terengganu memiliki banyak tempat wisata menarik yang sayang jika Anda lewatkan, mulai dari wisata alamnya yang indah hingga museum bersejarahnya.

Penasaran apa saja destinasi wisata yang ada di Terengganu? Berikut informasinya.

  1. Bukit Puteri

bukit puteri - 7 Destinasi Wisata Terengganu yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Bukit Puteri beralamat di Jalan Sultan Zainal Abidin, Kampung Panglima, Kuala Terengganu, Malaysia. Di puncak bukit ini Anda dapat menikmati pemandangan Kuala Terengganu secara keseluruhan beserta pesona dari Laut Cina Selatan. Anda juga dapat melihat kapal-kapal nelayan dari kejauhan. Bukit Puteri dapat Anda kunjungi setiap hari mulai dari jam 09.00-15.00. Untuk menjangkaunya Anda harus naik eskalator ke tingkat atap dan menyeberang ke Benteng Putri Hill (Bukit Puteri). Pengunjung bisa melihat pemandangan dari bukit yang indah tersebut. Bukit setinggi 200 m ini memiliki benteng di puncaknya yang dibangun pada tahun 1830-an dan berfungsi sebagai benteng pertahanan selama perang sipil antar sultan demi memperebutkan takhta Terengganu. Benteng ini juga memiliki mercusuar setinggi 10 m dan panggung beratap semen dalam bentuk singgasana. Beberapa meriam masih nampak berbaris di benteng meskipun sebagian besar meriam telah dihancurkan oleh Jepang selama Perang Dunia II.

  1. Kincir Angin Pulau Perhentian

kincir angin e1591478384463 - 7 Destinasi Wisata Terengganu yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Dilihat dari namanya, tentu saja yang menjadi daya tarik dari pulau ini adalah keberadaan kincir anginnya. Pulau ini menyuguhkan keindahan pantai dengan panorama yang indah. Selain pesona birunya laut dan hijau pepohonan, Anda juga dapat berfoto dengan background menarik kincir angin di sekitar area laut. Terdapat 2 jalan untuk menuju Kincir Angin Pulau Perhentian yakni dengan melalui hiking jalan darat dan jalan air. Di tempat ini Anda juga dapat berjalan menyusuri sebuah jembatan kayu yang unik.

  1. Kapas Island

kapas island e1591477424306 - 7 Destinasi Wisata Terengganu yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Kapas Island merupakan salah satu objek wisata di Terengganu yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Pulau tropis ini menyuguhkan pesona pantai dengan pepohonan palem yang indah. Tidak hanya pesona pantai, Anda juga dapat menjelajahi pesona bawah lautnya yang beragam. Air pantainya sangat jernih dengan warna biru kehijauan. Terdapat hewan laut yang unik seperti landak laut, ikan buntal, belut lauk, teripang, betook dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang gemar snorkeling maka wajib menjelajahi Kapas Island dengan kedalaman 10-15 meter.

  1. Danau Kenyir

danau kenyir - 7 Destinasi Wisata Terengganu yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Danau Kenyir adalah sebuah danau buatan manusia terbesar yang ada di Asia Tenggara dengan luasnya mencapai 260.000 hektar. Di tempat inilah Anda dapat melihat bendungan listrik bertenaga air dengan pesona bukit di atas air. Flora yang tumbuh di danau ini juga sangat mengagumkan. Disini Anda dapat melihat tumbuhan paku yang langka, gajah, anggrek, macan kumbang dan masih banyak lagi. Anda juga dapat menikmati kesegaran dan keindahan hutan tropis sambil memancing di danau.

  1. Pulau Redang

pulau redang scaled e1591477769408 - 7 Destinasi Wisata Terengganu yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Pulau Redang berada di bagian Laut Cina Selatan. Sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau indah ini karena merupakan salah satu objek wisata favorit di Terengganu. Saat tiba di Pulau Redang Anda akan dimanjakan dengan pesona lautnya yang menawan. Selain dapat menikmati keindahan pantainya, Anda juga dapat melakukan snorkeling yang akan diarahkan oleh pemandu. Keindahan bawah laut pulau ini memang sangat menakjubkan jadi tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini.

  1. Museum Negara Terengganu

museum negara terengganu scaled - 7 Destinasi Wisata Terengganu yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Jika Anda ingin mengetahui sejarah dari Terengganu, maka Museum Negara Terengganu adalah tempatnya. Museum Negara Terengganu berada di Kampung Losong, Kuala Terengganu. Museum ini dibuka untuk umum sejak tahun 1996 dan merupakan museum terbesar di Malaysia dengan luas lantai lebih dari 75.000 m2 yang tersebar di 4 bangunan yang saling terhubung. Di dalamnya Anda dapat melihat foto-foto bangunan megah, dengan arsitekturnya yang didasarkan pada desain istana Terengganu kuno. Dindingnya terbuat dari beton, namun pengerjaannya halus dan desain atapnya yang melengkung membuat tampilan museum menjadi sangat mengesankan. Seluruh museum dibangun di atas panggung beton yang membuatnya tampak kuat dan gagah.

  1. Bukit Keluang Beach

bukit keluang beach e1591478239436 - 7 Destinasi Wisata Terengganu yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Bukit Keluang Beach berada di Kampung Raja, Terengganu, Malaysia. Yang menjadi daya tarik wisata ini adalah bebatuan yang berbentuk gua-gua kecil yang unik. Bukit Keluang Beach sangat disukai oleh banyak fotografer, penulis, ataupun para traveller. Terdapat juga jembatan kayu yang dapat Anda gunakan sebagai background foto menarik. Bagi Anda yang ingin berenang maka harus turun bukit terlebih dahulu. Air lautnya pun juga sangat bersih dan jernih. Pesona wisata di tempat ini sangat unik dan berbeda dari pantai dan bukit pada umumnya.

Baca Juga: 6 Masjid Termegah di Negara Malaysia yang Wajib Anda Kunjungi

Itulah beberapa destinasi wisata di Terengganu yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebelum pergi ke Malaysia, kami sarankan Anda untuk menginstal aplikasi keuangan seperti Qelola pada ponsel Anda untuk kemudahan jika sewaktu-waktu Anda ingin melakukan transaksi atau melakukan transfer ke Indonesia. Dengan aplikasi Qelola Anda dapat dengan mudah mengirim transfer uang ke Indonesia dengan biaya yang sangat terjangkau. Membayar tagihan listrik yang terlupa maupun mengisi pulsa juga dapat dilakukan dengan mudah melalui Qelola. Qelola adalah solusi cerdas keuangan Anda selama di Malaysia.

Tags: , , , , , , ,