Simak Daftar 5 Kantor KJRI Malaysia yang Bisa Anda Tuju

kjri malaysia

KJRI Malaysia merupakan singkatan dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang berada di Malaysia. Salah satu fungsi KJRI Malaysia adalah memberikan pelayanan dan perlindungan hukum untuk WNI yang berada di negara ini. Kementerian Luar Negeri berupaya terus mendorong Tenaga Kerja Indonesia untuk selalu melaporkan dirinya melalui lembaga ini. Tak hanya lapor diri, KJRI Malaysia juga melayani pembuatan surat-surat penting seperti surat kematian, surat kelahiran, legalisasi dokumen, dan lain sebagainya. Anda bisa mengunjungi kantor-kantor perwakilan terdekat untuk mendapatkan pelayanan kekonsuleran. Berikut daftar kantor KJRI di Malaysia yang dapat menjadi panduan atau rujukan saat membutuhkan pelayanan dan perlindungan hukum.

1. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang

KJRI PENANG - Simak Daftar 5 Kantor KJRI Malaysia yang Bisa Anda Tuju

Sumber: www.tribunjateng.com

KJRI Penang memiliki tugas dan fungsi utama untuk mewujudkan wibawa diplomasi Indonesia di wilayah utara Malaysia. Lembaga ini memiliki kewajiban untuk melayani dan melindungi kesejahteraan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Penang. Kantor KJRI Penang berada di Nomor 467, Jalan Burma, 10350 Pulau Pinang Malaysia. Anda bisa mendapatkan pelayanan melalui panggilan telepon ke (+60)4 226-7412, 227-4686 dan 227-4955. Alamat email kantor ini yaitu penang.kjri@kemlu.go.id. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website KJRI Penang dengan link penang.kemlu.go.id.

2. KJRI Wilayah Johor Bahru

rsz kjri johor bahru - Simak Daftar 5 Kantor KJRI Malaysia yang Bisa Anda Tuju

Sumber: www.suaramerdeka.com

Konsulat Jenderal Republik Indonesia wilayah Johor Bahru memiliki tugas dan fungsi utama mewujudkan diplomasi dan kesejahteraan WNI di bagian selatan Malaysia. Wilayah lembaga ini berada di perbatasan Malaysia dan Singapura. Tak hanya perlindungan untuk WNI, KJRI di wilayah Johor Bahru juga mendorong peningkatan kerja sama ekonomi sebagai prioritas politik luar negeri. Hal ini dikarenakan wilayah ini menjadi pusat pemerintahan negara bagian ini. Kantor KJRI Johor Bahru berada di Nomor 46, Jalan Taat, Bandar Johor Bahru, 80100 Johor Bahru, Malaysia. Anda bisa melakukan pelayanan melalui panggilan telepon ke nomor (+60)7 227-4188 atau mengirimkan email ke johorbahru.kjri@kemlu.go.id. Anda bisa mengunjungi website KJRI Johor Bahru dengan link johorbahru.kemlu.go.id untuk mendapatkan informasi pelayanan lebih lanjut.

3. KJRI Kota Kinabalu Sabah

Kantor KJRI Kota Kinabalu berada di wilayah pusat pemerintahan negara bagian Sabah, Malaysia. KJRI Kota Kinabalu bertanggung jawab atas diplomasi Indonesia dan perlindungan WNI di wilayah bagian barat Malaysia. Kantor KJRI Kota Kinabalu beralamat di Lorong Kemajuan, Karamunsing, 88817 Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Anda bisa mendapatkan pelayanan melalui panggilan telepon ke (+60)88 21-9110, 21-8600 atau melalui email ke kotakinabalu.kjri@kemlu.go.id. Agar mengetahui informasi dan publikasi dari KJRI Kota Kinabalu lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi laman mereka di kotakinabalu.kemlu.go.id.

4. Konsulat Jenderal Republik Indonesia Kuching

rsz kuching 2 - Simak Daftar 5 Kantor KJRI Malaysia yang Bisa Anda Tuju

Sumber: www.harianterbit.com

Konsulat Jenderal Republik Indonesia Kuching bertanggung jawab atas diplomasi Indonesia dan pelayanan WNI di wilayah barat daya Malaysia. Kantor lembaga ini cukup dekat dengan perbatasan Malaysia dan Kalimantan, Indonesia. Bagi Anda yang bermigrasi dari Indonesia ke Malaysia melalui Kalimantan, kantor ini menjadi tempat terdekat untuk lapor diri dan mengurus keperluan keimigrasian. Kantor ini beralamat di Nomor 21, Lot 16557, Block 11, Jalan Stutong, MTLD, 93350 Kuching, Sarawak, Malaysia. Anda bisa mendapat pelayanan melalui telepon ke nomor (+60)82 46-0734 atau via email ke kjrikuching@gmail.com. Website yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut ada di link kuching.kemlu.go.id.

5. Konsulat Republik Indonesia (KRI) Tawau

KJRI Tawau bertanggung jawab atas pelayanan dan perlindungan di negara bagian Sabah, Malaysia. Tak hanya memberikan pelayanan untuk WNI, KJRI di Tawau juga memiliki fungsi untuk menjaga hubungan bilateral yang baik antara Indonesia dengan Malaysia, khususnya dalam memberikan pelayanan pendidikan. Kantor KJRI Tawau berada di Bangunan Yuh Fah, Jalan Sin On, 91000 Sabah, Malaysia. Anda bisa mendapatkan pelayanan melalui telepon ke nomor (+60)89 75-2969 atau via emali ke tawau.kri@kemlu.go.id. Laman resmi KJRI Tawau ada di link tawau.kemlu.go.id.

Itulah informasi daftar kantor KJRI di Malaysia yang bisa Anda tuju untuk lapor diri atau mendapatkan pelayanan lainnya. Alamat-alamat di atas umumnya terletak di negara bagian Malaysia yang berbeda-beda. Penempatan kantor tersebut bertujuan untuk memudahkan WNI mengunjungi KJRI dan mengurus berbagai kepentingan di Malaysia. Penting bagi Anda mengetahui informasi KJRI, khususnya saat Anda berada di Malaysia. Hal ini bertujuan untuk memastikan pelayanan dan perlindungan Anda terjamin saat berada di sana.

Bukan hanya tentang pelayanan dan perlindungan, Anda juga perlu memastikan pengiriman uang atau pembayaran dana di Malaysia bisa dilakukan dengan lancar. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Melalui Qelola, Anda bisa melakukan pengiriman uang dan banyak pembayaran di Malaysia hanya dengan satu aplikasi secara mudah, cepat, dan murah. Qelola menyediakan fitur e-wallet, pengiriman uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing untuk memudahkan transaksi Anda di Malaysia. Tak perlu repot antre di bank, Anda bisa mengirim uang dan membayar tagihan ini-itu hanya dengan aplikasi Qelola di smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga dengan cara klik di sini

Tags: , , , , ,