4 Cara Praktis Cek Tagihan Listrik PLN Online

cek tagihan listrik

Saat ini hampir semua urusan bisa dilakukan secara online, termasuk cek tagihan listrik. Jumlah pemakaian biaya listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di rumah Anda bisa diketahui secara online tanpa menunggu petugas listrik datang untuk melihat meteran listrik di rumah. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk cek pemakaian listrik. Mulai dari SMS, telepon, dan aplikasi. Jika dulu Anda bisa berlangganan e-billing melalui email untuk mengetahui tagihan listrik, saat ini layanan tersebut sudah tidak ada lagi. Berikut adalah cara praktis cek tagihan listrik untuk memudahkan Anda dalam mengetahui tagihan listrik setiap bulan.

1. Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Telepon

close up telephone landline office concept 42708 386 - 4 Cara Praktis Cek Tagihan Listrik PLN Online

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan layanan telepon. Anda bisa menghubungi PLN untuk mengetahui tagihan listrik Anda di nomor 123. Jika Anda melakukan panggilan melalui ponsel, maka tambahkan kode area di depan nomor. Contohnya, jika Anda di Jakarta maka formatnya adalah 021-123. Saat telah tersambung, cukup ikuti petunjuk dari operator. Dalam melakukan panggilan ke call center PLN, Anda akan dikenakan tarif telepon normal. Anda dapat melakukan pengecekan ini kapan pun karena call center beroperasi selama 24 jam.

2. Cek Tagihan Listrik Melalui Website

laptop with smartphone table 23 2147962676 - 4 Cara Praktis Cek Tagihan Listrik PLN Online

Cara selanjutnya adalah melakukan cek tagihan listrik via website. Banyak website yang menyediakan layanan cek tagihan. Walaupun tidak menggunakan laman resmi milik PLN, namun hasil pengecekannya umumnya masih akurat. Salah satu website yang memberikan layanan tersebut adalah www.cekbill.com. Berikut ini adalah cara melakukan cek tagihan listrik melalui website tersebut.

  1. Masuk ke laman www.cekbill.com/cek-tagihan-listrik-online, Anda akan menemukan kolom untuk mengisi ID Pelanggan (IDPEL).
  2. Masukan IDPEL PLN Anda.
  3. Masukan 6 digit captcha yang tersedia dan klik “Cek Tagihan”.
  4. Nominal tagihan listrik Anda akan muncul.

Cara cek melalui website ini terbilang mudah dan murah. Sebab, pengecekan dapat dilakukan secara gratis dan hanya membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya.

3. Cara Cek Tagihan Listrik Via SMS

Pengecekan tagihan listrik yang paling sederhana adalah melalui SMS. Dengan cara ini Anda tidak memerlukan sambungan internet atau smartphone. Layanan ini tersedia bagi para pengguna operator seluler Telkomsel, Indosat, dan XL. Adapun format SMS yang digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Buat pesan baru dan ketik “<REK> <nomor IDPEL>”, kemudian kirim ke nomor 8123. Contoh: REK 1234567891012.
  2. Bila Anda ingin berlangganan SMS otomatis, bisa mengirimkan pesan singkat dengan format “<PLN> <ON> <nomor IDPEL>”, kemudian kirim ke 8123. Contoh: PLN ON 1234567891012.
  3. Sedangkan jika Anda ingin berhenti berlangganan, silahkan mengirimkan SMS dengan format “<PLN> <OFF> <nomor IDPEL>”, kemudian kirim ke 8123. Contoh: PLN OFF 1234567891012.

Tidak seperti pengecekan melalui website, untuk menggunakan layanan SMS ini tidaklah gratis. Biaya yang dikeluarkan sebesar Rp500 untuk setiap pesan dalam semua operator seluler.

4. Cek Tagihan Via Aplikasi

woman hands using mobile smart phone 35534 132 - 4 Cara Praktis Cek Tagihan Listrik PLN Online

Agar memberi kemudahan untuk pelanggan, pihak PLN juga memiliki aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa tagihan listrik bulanan yaitu PLN Mobile. Aplikasi lainnya juga tersedia untuk pengecekan ini seperti Info Cek Tagihan Listrik PLN dan Tagihan. Namun, aplikasi resmi dari PLN hanya PLN Mobile. Berikut cara memeriksa tagihan listrik bulanan melalui PLN Mobile.

  1. Pertama, Anda bisa mengunduh aplikasi PLN Mobile lewat Google Play atau App Store.
  2. Lakukan pendaftaran untuk set up profil. Jika Anda adalah pengguna aplikasi lama, maka cukup dengan melakukan migrasi data ke aplikasi PLN Mobile. Bagi pengguna baru, Anda bisa klik “Daftar” dan isi semua informasi yang diminta. Setelah mengisi semua data klik “Simpan”.
  3. Selanjutnya, Anda cukup log in setiap kali ingin menggunakan aplikasi ini. Umumnya, profil termasuk tagihan listrik akan otomatis tertera saat Anda membuka aplikasi.
  4. Bagi Anda yang masuk tanpa log in, bisa klik “Masuk Tanpa Log In”, kemudian klik opsi “Informasi” yang berada di kolom atas. Anda akan diarahkan ke halaman pilihan informasi apa yang ingin Anda ketahui. Bagi Anda yang akan melakukan cek tagihan listrik, klik “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.
  5. Selanjutnya, Anda akan melihat pop up yang meminta informasi IDPEL atau Nomor Meter. Isi data tersebut lalu klik “Cari”.
  6. Setelah itu, jumlah tagihan listrik akan muncul pada layar ponsel Anda.

Tak hanya melakukan pengecekan listrik, aplikasi ini juga berguna untuk akses ke layanan PLN lainnya. Anda bisa melihat transaksi token, pemakaian kWh listrik, hingga lokasi pembayaran listrik terdekat. Adanya aplikasi ini juga memungkinkan Anda mendapatkan informasi dari PLN secara cepat dan akurat.

Bayar Listrik Lebih Praktis Melalui Qelola

Setelah mengetahui tagihan listrik bulanan Anda melalui cara-cara di atas, Anda bisa membayar tagihan tersebut dengan cara yang lebih praktis melalui aplikasi Qelola. Layanan keuangan Qelola bisa membantu Anda melakukan pembayaran listrik secara tepat waktu di mana saja dan kapan saja. Bagi Anda yang berada di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk cara praktis bayar listrik. Melalui Qelola, transaksi pembayaran listrik akan diproses secara cepat dengan biaya yang cukup murah. Selain tagihan listrik, Anda juga bisa membayar BPJS, tagihan air, pulsa, hingga voucher game melalui aplikasi ini. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga dan nikmati kemudahannya di sini

Tags: , , , , ,