Bagaimana Cara Pembuatan Paspor untuk TKI di Malaysia?

Pembuatan Paspor

Menjadi TKI yang baik dan benar artinya menjalani setiap proses legal yang sudah diatur oleh pemerintah. Tentu, hal ini juga berkaitan dengan syarat administratif berupa berkas dan syarat kelengkapan lainnya. Cara pembuatan paspor kemudian dapat dikatakan menjadi hal yang paling dicari informasinya oleh WNI yang ingin bekerja sebagai TKI. Tapi tahukah Anda bahwa paspor bisa juga dibuat di KJRI Johor Bahru?

Pembuatan paspor di KJRI Johor Bahru sendiri sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak cukup lama. Pemanfaatan sistem informasi juga sudah diterapkan sejak tahun 2014 lalu. Jadi WNI yang ingin membuat paspor bisa memanfaatkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian atau disingkat SIMKIM.

Sebelumnya, sistem ini belum digunakan dan proses yang harus dilakukan hanyalah pengambilan foto saja. Namun kini proses sudah dilengkapi dengan perekaman sidik jadi dari pengambilan data biometrik, dengan tujuan agar identitas yang terekam dalam paspor benar-benar valid dan sesuai dengan data Anda sebagai pemilik paspor.

Lalu bagaimana prosesnya?

Pengambilan Nomor Antrian Pembuatan Paspor

Untitled design116 - Bagaimana Cara Pembuatan Paspor untuk TKI di Malaysia?

Pada hari pertama ketika Anda datang, Anda akan diarahkan untuk mengambil nomor antrian yang sudah disediakan. Sistem online yang digunakan dapat memberikan berbagai informasi yang diperlukan dalam rangka pembuatan paspor serta digunakan untuk mengirim konfirmasi data sidik jari dan biometrik yang sudah direkam.

Pemberkasan, Wawancara dan Input Data 

Untitled design117 - Bagaimana Cara Pembuatan Paspor untuk TKI di Malaysia?

Setelah nomor antrian Anda dipanggil, Anda bisa mendatangi loket atau petugas yang ada di KJRI Johor Bahru. Di sini akan dilakukan pemeriksaan berkas yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Pastikan setiap berkas yang diminta untuk memenuhi syarat sudah benar-benar dilengkapi dan sah secara hukum.

Kemudian akan dilakukan verifikasi pada berkas untuk dicocokan dengan database yang dimiliki oleh KJRI serta pemerintah Indonesia. Akan dilakukan wawancara singkat mengenai pembuatan paspor. Tidak usah takut karena wawancara ini sifatnya hanya tanya jawab secara umum saja. Selanjutnya data yang diperoleh akan dimasukkan ke dalam sistem untuk diproses di tahap selanjutnya.

Proses Foto, Pindai Sidik Jari dan Biometrik

Untitled design118 - Bagaimana Cara Pembuatan Paspor untuk TKI di Malaysia?

Proses selanjutnya setelah semua data yang diperlukan sudah diverifikasi adalah pengambilan foto, pemindaian sidik jari, serta pemindaian biometrik. Nantinya data ini digunakan sebagai inventaris KJRI dan dikirimkan untuk dikonfirmasi kebenarannya dengan data yang sudah dimiliki sebelumnya.

Pelunasan Pembayaran

Untitled design119 - Bagaimana Cara Pembuatan Paspor untuk TKI di Malaysia?

Setelah semua proses dilalui, selanjutnya Anda tinggal melakukan pelunasan pembayaran pembuatan paspor. Untuk total biaya sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan pembuatan paspor di Indonesia. Anda bisa mengunjungi situs terkait untuk mendapatkan update terkini untuk total biaya yang diperlukan dalam pembuatan ini (informasi terakhir yang terdata adalah sebesar 102 ringgit Malaysia).

Pengambilan Paspor yang Sudah Jadi

Untitled design120 - Bagaimana Cara Pembuatan Paspor untuk TKI di Malaysia?

Jika setiap berkas dan informasi yang sudah dimasukkan ke dalam sistem tidak memerlukan perbaikan apapun atau sudah valid, maka Anda bisa mengambil paspor yang sudah jadi pada hari berikutnya. Biasanya informasi yang mengalami kekeliruan dalam penyampaian dan pencatatan adalah terkait dengan penulisan nama, tanggal lahir, dan identitas pribadi lain.

Namun jika setiap informasi sudah dikonfirmasi, maka paspor sudah akan dapat diambil pada hari selanjutnya. Anda tinggal membawa bukti pembayaran yang sudah didapatkan pada hari sebelumnya ketika membayar sebagai bukti untuk pengambilan paspor yang sudah jadi ini.

Himbauan dari Pihak KJRI Johor Bahru

Untitled design121 - Bagaimana Cara Pembuatan Paspor untuk TKI di Malaysia?

Terkait dengan proses pembuatan paspor yang sudah disampaikan di atas, KJRI Johor Bahru secara umum memberikan himbauan bahwa dalam setiap proses yang dilakukan hanya melalui cara yang legal. Jangan sampai Anda sebagai TKI dimanfaatkan oleh oknum calo atau orang tidak bertanggung jawab yang lain sehingga Anda mengalami kerugian. Mengingat proses yang harus dilakukan sangat mudah dan hanya memakan waktu 2 hari kerja, sebenarnya tidak ada alasan untuk mencoba cara tidak legal yang ditawarkan calo atau pihak lainnya.

Selain itu, juga dihimbau agar dapat membawa setiap berkas yang diperlukan secara lengkap pada hari pertama ketika Anda mengambil nomor antrian. Tujuannya sangat sederhana, agar Anda tidak perlu pulang-pergi mengambil berkas yang tertinggal atau kurang jumlahnya

Baca Juga : 4 Tips Jitu Memilih Agensi Pekerjaan Resmi Bagi Calon TKI

Mengetahui dan memahami proses pembuatan paspor di Malaysia, tepatnya di KJRI Johor baru, bisa menjadi pengetahuan yang sangat berguna untuk TKI. Memang tidak ada yang ingin paspornya hilang atau rusak ketika berada di perantauan. Namun setidaknya dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa berjaga-jaga dan tahu benar apa yang harus dilakukan ketika terjadi masalah dengan paspor Anda.

Setelah memahami proses pembuatan paspor, informasi penting lain adalah terkait dengan transfer uang ke Indonesia. Kini, Anda bisa mengirimkan uang secara langsung dengan layanan Qelola. Layanan remitansi ini menawarkan pengiriman real-time melalui aplikasi, dan dapat dicairkan saat itu juga melalui rekening bank yang sudah dihubungkan. Selain itu, biaya transfer sangat murah, hanya 1 ringgit Malaysia dalam masa promo ini. Jadi, segera unduh aplikasinya di sini dan gunakan Qelola secara maksimal!

Tags: , , , , ,