Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia untuk Calon TKI

Cara mengurus visa kerja ke malaysia

Siapa saja bisa bekerja di luar negeri asalkan memenuhi syarat. Syarat utama untuk bisa terbang ke negara orang, tak lain adalah paspor. Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan Dirjen Imigrasi kepada warga negaranya yang ingin bepergian ke mancanegara. Namun, jika Anda berniat untuk bekerja di luar negeri, ada syarat lain yang juga harus dipenuhi yaitu memiliki visa kerja. Visa kerja ini harus disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya karena memakan waktu yang cukup lama. Nah, daripada bingung yuk intip informasi tentang cara mengurus visa kerja ke Malaysia berikut ini.

Bagaimana Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia?

Untuk bisa mengurus visa kerja, tentunya Anda harus menyiapkan berbagai syarat-syarat yang dibutuhkan. Syarat-syarat ini biasanya adalah berupa dokumen-dokumen penting pribadi Anda serta perusahaan. Berikut ini adalah deretan syarat dokumen mengurus visa kerja ke Malaysia.

  • Fotokopi paspor TKI (Halaman depan dan halaman belakang) dan paspor asli.
  • Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga. Apabila KTP belum jadi, bisa menggunakan surat keterangan dari disdukcapil setempat.
  • VAL/Calling Visa dari Imigrasi Malaysia (original dan copy). Pastikan VAL ada ditangan Anda sebelum mengurus visa di kedutaan Malaysia di Jakarta.
  • Photo 4X6 satu lembar dengan background putih.
  • Sponsor letter dari perusahaan Malaysia.
  • Surat pengantar dari perusahaan Indonesia.
  • Surat Kuasa apabila dikuasakan.

Prosedur Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia

visa - Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia untuk Calon TKI

Setelah mengetahui dokumen apa saja yang jadi syarat pembuatan visa kerja, tibalah saatnya untuk mengurus pembuatan visa kerja tersebut. Pembuatan visa kerja ke Malaysia bisa dilakukan langsung ke konsulat negara tujuan, namun jika Anda sibuk, Anda bisa memanfaatkan jasa agensi pembuatan visa. Berikut ini adalah prosedur cara mengurus visa kerja ke Malaysia:

  • Untuk negara tertentu ada dokumen yang harus dilegalisir dari kedutaan dan notaris, biasanya adalah ijazah. Jadi Anda harus datang ke Kantor Kedutaan negara tujuan membawa ijazah asli dan fotokopinya, serta hasil terjemahan ijazah dengan stempel penerjemah tersumpah beserta fotokopinya. Fotokopi yang dibutuhkan masing-masing dua lembar.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan scanning dokumen dan dikirim melalui e-mail. Untuk surat kerja/kontrak biasanya harus dikirim via pos karena harus menyertakan tanda tangan asli Anda. Jika sudah terkumpul Anda hanya perlu menunggu kira-kira 1 hingga 2 minggu untuk mendapatkan persetujuan visa kerja.
  • Tibalah saatnya Anda mendapatkan visa kerja yang diinginkan. Setelah permohonan visa kerja disetujui maka Anda bisa langsung pergi ke kantor perwakilan negara yang dituju. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi formulir dengan pena yang sudah ditentukan. Selanjutnya petugas akan mengecek semua dokumen Anda dan formulir yang sudah diisi tadi. Jika dokumen dinyatakan lengkap dan benar maka Anda bisa melakukan pembayaran visa sesuai tarif yang sudah ditentukan. 

Kemudian serahkan paspor pada pihak petugas untuk dimasukkan lembaran visa di dalamnya. Anda akan menerima struk yang merupakan bukti pembayaran serta struk yang digunakan untuk pengambilan paspor. Lama proses pada tahap ini biasanya 5 sampai 7 hari kerja. Adapun lembaran visa atau ijin kerja yang Anda dapatkan adalah Single Entry, atau hanya untuk masuk sekali. Setelah sampai pada negara tujuan, pihak perusahaan akan menguruskan visa untuk Multiple Entry, sehingga Anda bisa keluar masuk negara tersebut kapanpun.

Baca Juga: Ingin ke Luar Negeri? Miliki Surat Sponsor Visa Ini

Hal yang Harus Diperhatikan Selain Visa Kerja untuk Calon TKI Malaysia

qelola app 2 - Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia untuk Calon TKI

Jika paspor dan visa kerja sudah berhasil dikantongi maka tinggal selangkah lagi tujuan Anda untuk bekerja ke Malaysia menjadi nyata. Selain hal tersebut, ada hal penting lain yang juga harus diperhatikan, apa itu? Ya, pengelolaan upah bulanan bagi calon TKI juga merupakan hal yang sangat penting. Jangan sampai hasil jerih payah Anda nanti dihambur-hamburkan untuk hal-hal yang tidak perlu.

Oleh karena itu bagi calon TKI yang ada di Malaysia disarankan untuk mengunduh aplikasi pembayaran digital terkini yaitu aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola adalah aplikasi remittance khusus yang dibuat untuk membantu para TKI yang bekerja di Malaysia dalam melakukan berbagai transaksi non tunai. Transaksi tersebut meliputi transfer uang ke Indonesia, bayar tagihan seperti air, listrik, dan BPJS Kesehatan keluarga di tanah, serta pembelian pulsa dan kuota internet.

Kenapa harus aplikasi Qelola? Karena Qelola menjamin transaksi Anda terjadi secara cepat dan aman. Anda tidak perlu lagi mengantri ke bank atau jasa pengiriman uang hanya untuk sekedar transfer uang. Dengan Qelola Anda bisa melakukannya dari mana saja dan kapan saja. Biaya transfer Qelola pun lebih murah dari bank, untuk bulan Juni ini hanya dikenakan  2RM ditambah diskon 30% per transaksinya. Jadi, tunggu apalagi segera download aplikasinya di sini! Untuk informasi lainnya bisa Anda baca pada situs resmi Qelola di sini.

 

Tags: , , ,