Bingung Cari Cara Mengatasi Depresi? Lakukan Beberapa Hal Rutin Ini

cara mengatasi depresi

Pernahkah Anda mengalami depresi? Depresi merupakan suatu kelainan mental yang paling umum terjadi. Jika depresi ini terjadi pada diri Anda, sebaiknya Anda tetap tenang dan tidak perlu khawatir yang berlebihan. Karena ada beberapa cara mengatasi depresi dengan merubah gaya hidup dan perilaku. Hal ini penting, karena jika dibiarkan maka depresi dapat mempengaruhi perasaan serta cara berpikir dan berperilaku. Sehingga akan mengganggu pekerjaan atau kegiatan Anda sehari-hari.

Apa saja sih sebenarnya yang menjadi faktor depresi? Faktor genetik dan stres merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab depresi. Orang dengan riwayat keluarga depresi cenderung lebih berpeluang untuk mengalami depresi pula. Sementara stres akibat kehilangan orang yang dicintai, dan hubungan dengan orang sekitar yang mengalami masalah juga bisa memicu terjadinya depresi. Di bawah ini adalah beberapa ulasan tentang depresi dan bagaimana cara mengatasinya yang perlu Anda cermati.

Baca Juga: Merasa Lelah Bekerja? Jangan Sembarangan, Begini Cara Mengatasinya

Apa Saja Gejala Depresi?

cara mengatasi depresi 1 - Bingung Cari Cara Mengatasi Depresi? Lakukan Beberapa Hal Rutin Ini

Perasaan sedih atau tidak peduli yang dirasakan para depresi biasanya terjadi dalam kurun waktu lebih dari 2 minggu. Ciri-ciri orang yang mengalami depresi dapat dilihat dari 2 aspek, yaitu psikologi dan fisik. Jika dilihat dari aspek psikologi, ciri-ciri depresi meliputi:

  • Selalu dibebani dengan rasa bersalah.
  • Merasa putus asa, rendah diri, dan merasa tidak berharga.
  • Selalu merasakan kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan.
  • Suasana hati yang buruk atau sedih akan terjadi secara berkelanjutan.
  • Menjadi mudah marah atau sensitif, serta mudah menangis.
  • Sulit untuk berkonsentrasi, berpikir, dan mengambil keputusan.
  • Tidak tertarik dan tidak memiliki motivasi terhadap berbagai hal.
  • Timbul ide untuk menyakiti diri sendiri atau bahkan percobaan bunuh diri.

Sementara jika dilihat dari aspek fisik, ciri-ciri depresi terdiri dari:

  • Selalu merasa kelelahan dan tenaga seperti terkuras habis.
  • Selera makan akan menurun atau selera makan menjadi hilang.
  • Mengalami insomnia atau malah terlalu banyak tidur.
  • Merasa pusing atau rasa nyeri yang tidak jelas alasannya.
  • Gerakan tubuh dan cara bicara menjadi lebih lambat dari biasanya.
  • Tidak adanya gairah seksual.
  • Berat badan menjadi turun secara drastis atau malah menjadi naik drastis.

Setiap penderita depresi tidak selalu merasakan gejala yang sama, biasanya akan tergantung pada keparahan depresi yang dialami. Pada umumnya, depresi ringan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan hubungan sosial. Dan pada kondisi yang berat, penderita depresi akan benar-benar tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dan membina hubungan dengan orang lain.

Bagaimana Cara Mengatasi Depresi?

cara mengatasi depresi 2 - Bingung Cari Cara Mengatasi Depresi? Lakukan Beberapa Hal Rutin Ini

Gejala-gejala depresi seperti yang telah dijelaskan di atas harus segera diatasi agar tidak berkepanjangan. Untuk mengatasinya, Anda bisa berkonsultasi ke dokter kejiwaan dan melakukan perubahan gaya hidup dan perilaku. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi depresi yang bisa Anda coba:

  1. Berolahraga. Melakukan olahraga yang mampu membantu meningkatkan mood tentu saja bisa dilakukan untuk mengatasi depresi. Olahraga secara rutin juga dapat membuat Anda merasa lebih baik. Keuntungan dari melakukan olahraga ini akan berefek panjang, karena akan mendorong otak untuk berpikir positif.
  2. Berpikir positif. Cara mengatasi depresi selanjutnya adalah dengan mencegah setiap pikiran negatif yang datang dengan menggunakan logika. Hal ini akan membantu Anda untuk bertoleransi dan mengatasi perilaku untuk lebih positif dan sehat.
  3. Menyelesaikan masalah secara bertahap. Masalah berat yang menjadi penyebab depresi harus diselesaikan secara bertahap, dan tidak bisa instan. Menyelesaikan satu per satu masalah yang sedang menimpa Anda dapat mengontrol emosi dan dapat membuat depresi Anda perlahan menjadi hilang.
  4. Mengatur asupan makanan. Makanan akan membantu mengurangi tingkat depresi yang sedang Anda alami. Makanan yang mengandung selenium dan magnesium yang tinggi sangat bagus untuk penyembuhan depresi, lho. Jenis makanan tersebut di antaranya seperti kacang-kacangan, gandum, ikan tuna, coklat, dan kerang.
  5. Memiliki kualitas tidur yang baik. Kurang tidur akan memperburuk kondisi depresi, hal ini yang membuat Anda merasa semakin terpuruk. Pastikan Anda memiliki kualitas tidur yang baik, dan usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Jauhkan semua hal-hal yang dapat mengganggu tidur Anda seperti komputer, TV, dan ponsel jika jadwal tidur telah tiba.
  6. Melakukan meditasi. Meditasi dapat menciptakan ketenangan yang bisa membantu untuk mengatasi stres dan depresi. Anda bisa mencoba untuk melatih pernapasan dalam dan relaksasi otot ketika melakukan meditasi.

Pergi Keluar Rumah untuk Mengatasi Depresi

cara mengatasi depresi 3 - Bingung Cari Cara Mengatasi Depresi? Lakukan Beberapa Hal Rutin Ini
Selain beberapa cara mengatasi depresi seperti yang telah disebutkan di atas, pergi keluar rumah dan melakukan berbagai hal baru juga dapat mencegah dan mengatasi depresi. Melakukan hal baru akan membuat Anda menjadi lebih tertantang. Selain itu juga dapat meningkatkan hormon dopamine yang berkaitan dengan rasa senang atau kenikmatan. Menjaga kesehatan mental memang sangat penting. Hal penting lainnya yang tidak dapat diabaikan juga adalah menjaga kesehatan finansial. Dengan memiliki pengelolaan keuangan yang baik, tentunya kondisi finansial Anda akan lebih terjaga. Gunakan bantuan aplikasi Qelola untuk keperluan kirim uang, bayar tagihan, beli pulsa listrik, dan lainnya. Dengan bertransaksi melalui aplikasi, Anda akan lebih mudah dalam mengontrol pengeluaran karena riwayat transaksinya tersimpan secara rapi dan urut. Coba unduh aplikasi Qelola untuk mengetahui berbagai fiturnya.

Tags: , , , ,