Bosan Kerja? Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

bosan di tempat kerja

Bosan kerja memang menjadi suatu kewajaran jika kita melakukan aktivitas yang sama setiap harinya. Hal ini biasa dialami oleh orang yang bekerja di kantor. Banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti mempunyai pekerjaan menumpuk yang harus diselesaikan sesuai dengan deadline, pekerjaan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, job description pekerjaan yang tidak berkembang, dan faktor-faktor lainnya. Hal ini tentunya akan cepat membuat Anda merasa bosan dalam bekerja.

Jika hal ini dibiarkan, maka akan berakibat buruk bagi karir Anda dan pada perusahaan tempat Anda bekerja. Namun Anda tidak perlu khawatir karena rasa bosan itu bisa diatasi dengan mudah. Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, berikut kami bagikan tips bagaimana mengatasi rasa bosan kerja untuk Anda.

1.  Mengubah Tatanan Ruang Kerja Anda

pexels photo 380769 - Bosan Kerja? Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

Agar tidak bosan kerja setiap harinya, ada kalanya Anda perlu untuk mengubah tatanan ruang kerja Anda. Munculnya rasa bosan tersebut bisa jadi dipengaruhi oleh ruang atau meja kerja Anda yang monoton sehingga membuat Anda tidak semangat dalam bekerja. Bekerja dengan suasana yang sama dalam kurun waktu lama tentu bisa memicu rasa bosan. Oleh karena itu, akan sangat menyenangkan bila sesekali Anda mendekorasi ruang kerja Anda. Anda bisa mulai dengan membersihkan dan menata barang-barang Anda agar lebih rapi. Anda juga bisa meletakkan hiasan untuk mempercantik tampilan, seperti pot bunga, bingkai foto, atau benda lainnya. Apabila tempat kerja Anda sudah jadi lebih menarik, maka bisa dijamin jika semangat Anda dalam bekerja pasti akan meningkat.

2.  Belajar Ilmu Baru

Untuk menghilangkan rasa bosan kerja, juga bisa dilakukan dengan mempelajari ilmu baru. Tidak ada salahnya bila Anda mempelajari ilmu baru yang sekiranya bisa membuat Anda tertantang untuk mengerjakannya. Ilmu yang baru tersebut bisa dipilih sesuai dengan minat dan keinginan Anda. Namun alangkah baiknya jika ilmu baru yang Anda pelajari tersebut bisa diaplikasikan di tempat Anda bekerja sehingga tidak akan menjadi ilmu yang sia-sia. Contohnya saja, Anda bisa mempelajari ilmu public speaking agar semakin percaya diri ketika presentasi di depan atasan atau klien Anda. Kemudian Anda juga bisa belajar ilmu bahasa asing seperti bahasa Inggris yang bisa membantu Anda untuk bertemu atau bekerja sama dengan klien orang asing. Namun yang perlu diingat, karena mempelajari ilmu yang baru ini adalah untuk menghilangkan rasa bosan Anda dalam bekerja. Jadi pastikan agar ilmu baru tersebut tidak menambah rasa bosan Anda melainkan Anda akan merasa bersemangat dan ingin terus bereksplorasi terhadap ilmu baru tersebut.

3.  Mengobrol atau Berdiskusi dengan Rekan Kerja

pexels photo 4173357 - Bosan Kerja? Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh para karyawan untuk menghilangkan rasa bosan kerja adalah dengan mengobrol ataupun berdiskusi dengan rekan kerjanya. Hal ini sangat wajar dilakukan. Kegiatan mengobrol atau berdiskusi untuk menghilangkan rasa bosan ini tentunya bisa Anda lakukan ketika pekerjaan Anda telah selesai dikerjakan. Dan pastikan pula rekan kerja Anda pun telah menyelesaikannya. Mengobrol ataupun berdiskusi menjadi salah satu cara berkomunikasi dengan rekan kerja Anda. Selain untuk menghapus rasa bosan dalam bekerja, komunikasi juga dapat meningkatkan hubungan positif dengan rekan kerja. Namun untuk kegiatan mengobrol atau berdiskusi ini sebaiknya Anda lakukan di tempat tertentu yang memang tidak menganggu pekerjaan orang lain.

4.  Membantu Rekan Kerja Anda dalam Pekerjaannya

Cara menghilangkan rasa bosan kerja selanjutnya adalah dengan membantu rekan kerja Anda dalam menyelesaikan pekerjaannya. Namun untuk melakukan cara ini, Anda harus menyelesaikan pekerjaan utama Anda terlebih dahulu. Selain itu, tawarkan terlebih dahulu bantuan tersebut pada rekan kerja Anda baik itu yang satu divisi atau beda divisi. Karena bisa jadi, rekan kerja Anda tidak perlu untuk dibantu atau memang tidak harus untuk dibantu. Yang pasti cara menawarkan bantuan ini akan membuat rasa bosan Anda berkurang karena Anda sudah mencoba untuk melakukan pekerjaan yang di luar job description Anda dengan membantu pekerjaan rekan kerja Anda.

5.  Melakukan Hal yang Menyenangkan

pexels photo 356056 - Bosan Kerja? Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

Bosan kerja merupakan hal yang wajar yang akan dialami oleh semua orang khususnya para karyawan yang terus bekerja setiap harinya. Oleh karena itu, lakukanlah hal-hal yang menyenangkan untuk mengatasi rasa bosan Anda di tempat Anda bekerja tersebut. Namun tentu saja hal ini juga tergantung pada kebiasaan Anda. Buatlah diri Anda senyaman mungkin. Misalnya, Anda bisa mencoba dengan bekerja sambil mendengarkan musik yang Anda sukai atau Anda juga bisa membuat atau membeli camilan seperti snack, teh, kopi, dan sebagainya. Membuat atau membeli camilan ini hampir pernah dilakukan oleh para karyawan ketika sedang bekerja karena dari asupan camilan ini akan bisa mengubah mood, menghilangkan rasa bosan, dan juga menambah motivasi kerja Anda ketika bekerja.

Baca Juga: Wajib Tahu! Soft Skill Dunia Kerja yang Dibutuhkan Calon TKI

Itulah beberapa hal yang patut Anda coba agar terhindar dari rasa bosan bekerja yang dapat berimbas pada produktifitas Anda. Pastinya jika rasa bosan sudah hilang, maka Anda akan siap dengan pekerjaan yang lebih baik lagi. Jika pekerjaan sudah membaik, maka keuangan Anda juga akan turut membaik pada akhirnya.

Berbicara tentang keuangan, saat ini telah hadir aplikasi transfer uang secara mudah dan murah dari Malaysia ke Indonesia. Aplikasi tersebut bernama Qelola. Selain untuk transfer uang, Anda juga bisa membayar berbagai macam tagihan semacam BPJS, pajak, listrik bahkan mengisi ulang pulsa. Anda hanya perlu men-download aplikasi Qelola di HP Anda dan seketika Anda dapat menikmati semua kemudahannya. Jadi tunggu apalagi, kelola uang secara mudah melalui aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , ,