Tips Mudah Daftar KTKLN Online untuk Calon TKI

cara buat ktkln online

Ada beberapa syarat yang harus dimiliki oleh Tenaga Kerja Indonesia sebelum berangkat ke luar negeri. Selain paspor, TKI wajib untuk membuat yang namanya KTKLN terlebih dahulu. KTKLN adalah singkatan dari Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri. Fungsi dari kartu ini sendiri sama halnya seperti KTP yaitu sebagai kartu identitas para tenaga kerja saat berada di luar negeri nanti. Untuk bisa mendapatkannya, Anda bisa mengurus segala administrasinya melalui Kantor BNP2TKI setempat. Nah, info terbaru Anda ternyata juga bisa membuat KTKLN online melalui website resmi BNP2TKI. Bagaimana caranya? Yuk simak informasinya berikut ini.

Pentingnya KTKLN Online untuk Tenaga Kerja Indonesia

pentingya ktkln 1 - Tips Mudah Daftar KTKLN Online untuk Calon TKI

Sumber: akademiasuransi.org

KTKLN adalah kartu identitas yang wajib dimiliki Warga Negara Indonesia yang akan menjadi TKI di luar negeri. Sebagai kartu identitas TKI, wujud dari KTKLN ini sendiri sedikit berbeda dengan kartu-kartu lainnya yaitu berbentuk smart card chip microprocessor contactless. Jadi kartu ini akan menyimpan seluruh data-data TKI secara digital. KTKLN ini memuat berbagai data TKI seperti jati diri, dokumen perjalanan, dokumen kerja TKI, Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS), mitra usaha dan pengguna, keikutsertaan asuransi, serta nomor rekening bagi calon TKI.

Nantinya kartu ini dapat diakses dengan card reader. Bahkan aturan tentang pembuatan KTKLN ini sudah diatur dalam UU Nomor 39 Tahun 2004 Pasal 62 Ayat (1) tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri. Dengan mengantongi KTKLN online perlindungan terhadap TKI selama bekerja di luar negeri hingga kembali lagi ke Indonesia menjadi lebih terjamin. 

Ketahui Syarat-Syarat Membuat KTKLN Online

EP 6 3 - Tips Mudah Daftar KTKLN Online untuk Calon TKI

Sebelum melakukan pengajuan pembuatan KTKLN, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Syarat-syarat ini harus Anda ubah dalam bentuk elektronik/di-scan terlebih dahulu. Ingin tahu apa saja? Berikut ulasan detailnya:

  • Paspor dalam bentuk file JPG dengan ukuran maksimal 1 Mb.
  • Surat keterangan sehat atau bukti pemeriksaan kesehatan (medical check up) dalam format JPG dengan maksimal ukuran 1Mb.
  • Surat perjanjian kerja atau kontrak kerja dalam format PDF dengan ukuran maksimal 3 Mb.
  • Kartu asuransi dalam format JPG maksimal 1 Mb.
  • Visa kerja dalam format JPG dengan ukuran maksimal 1Mb.
  • Kartu kuning atau Kartu Pencari Kerja yang bisa diperoleh di Disnaker setempat.

Langkah Membuat KTKLN Online

Jika Anda sudah selesai mengumpulkan berbagai syarat yang disebutkan di atas dengan ketentuan format yang sudah ditentukan, pengajuan pembuatan KTKLN bisa segera Anda mulai. Berikut step by step cara membuat KTKLN online:

  1. Bukalah website resmi BNP2TKI.
  2. Pilih menu “Daftar”.
  3. Pilih “Ya” jika Anda sudah memenuhi segala dokumen yang dibutuhkan.
  4. Isilah formulir sesuai dengan identitas Anda.
  5. Tentukan lokasi penerbitan kartu KTKLN Anda di BP3TKI/ P4TKI/ LP3TKI yang lokasinya dekat dari Anda. 
  6. Tuliskan kode captcha dan pilih simpan data.
  7. Jika penyimpanan data Anda dinyatakan berhasil maka akan muncul pemberitahuan dan Anda bisa mengunduh bukti pendaftaran tersebut.
  8. Cetaklah bukti pendaftaran yang telah diunduh tadi.
  9. Datanglah ke kantor BP3TKI/ P4TKI/ LP3TKI yang sudah Anda pilih tadi dengan membawa bukti pendaftaran dan berkas-berkas asli pendaftaran untuk pengambilan KTKLN.

Walaupun pembuatan KTKLN ini bisa Anda ajukan secara online, namun pada saat pengambilannya Anda tetap diwajibkan datang ke Kantor BP3TKI/ P4TKI/ LP3TKI terdekat. Nah, masa berlaku dari kartu ini sesuai dengan masa kontrak Anda sebagai TKI dan perusahaan atau pengguna jasa Anda di luar negeri. Akan tetapi apabila terjadi perubahan masa kontrak kerja maka kartu tersebut dapat di update.

Baca Juga: Perubahan SISKOTKLN dari KTKLN ke E-KTKLN,TKI Wajib Baca Ini!

Kenapa TKI Harus Punya KTKLN? 

hands prisoner 104033 51.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Tips Mudah Daftar KTKLN Online untuk Calon TKI

Bagi Anda yang mantap ingin bekerja di luar negeri, kepemilikan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri/KTKLN ini sifatnya wajib. Selain sebagai bentuk perlindungan terhadap TKI selama bekerja di luar negeri sampai kembali lagi ke tanah air, KTKLN juga punya manfaat yang lain. Dengan adanya KTKLN di tangan, maka Anda akan mendapatkan benefit bebas fiskal ke luar negeri. Jadi Anda tidak perlu bayar nominal satu juta rupiah lagi jika punya kartu KTKLN. 

Selain itu Anda juga akan terhindar dari sanksi hukuman penjara dan juga denda jika sudah membuat KTKLN. Seperti yang tertuang pada UU Nomor 39 Tahun 2004 Pasal 103 yang menyatakan bahwa akan ada hukuman pidana dengan ancaman minimal 1 hingga 5 tahun penjara serta denda senilai 1 hingga 5 miliar rupiah. Jadi jangan mengabaikan pembuatan KTKLN ya agar terhindar dari sanksi tersebut.

Ternyata pembuatan KTKLN begitu penting dan sangat bermanfaat bagi calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan berangkat kerja ke luar negeri. Selain sebagai bentuk perlindungan terhadap TKI, KTKLN juga membebaskan Anda dari fiskal serta sanksi penjara dan denda yang nilainya cukup fantastis. Jika ingin hemat waktu, Anda bisa melakukan pembuatan KTKLN online terlebih dulu dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Selain menaruh perhatian terhadap KTKLN, bagi Anda TKI yang akan bekerja di Malaysia jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Qelola. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengelola keuangan upah bulanan supaya bisa dialokasikan dengan benar dan seksama. Melalui aplikasi Qelola Anda bisa melakukan transfer uang ke Indonesia langsung dari ponsel. Selain itu, Anda juga bisa melunasi berbagai tagihan pokok yang ada di Indonesia seperti listrik, PDAM, dan BPJS Kesehatan lewat aplikasi ini. Pelajari lebih lanjut tentang aplikasi Qelola dengan klik website resminya di sini.

 

Tags: , , , , ,