Langkah Mudah Cara Membuat Akun BPJSTKU Hanya di Sini

cara buat akun bpjstku

Guna meningkatkan pelayanan kepada peserta, Jamsostek yang kini dikenal dengan BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan sebuah produk digital bernama BPJSTKU. Sebelumnya, BPJSTK sudah pernah menciptakan BPJSTK Mobile untuk menjembatani kebutuhan peserta secara online. Namun sejak tahun 2018, aplikasi tersebut kemudian digantikan oleh BPJSTKU. Jadi, BPJSTKU merupakan aplikasi generasi kedua yang menyempurnakan aplikasi sebelumnya. Bagi Anda yang belum memiliki aplikasinya, yuk segera unduh dan buat akun dengan langkah mudah berikut.

Apa Itu BPJSTKU? 

Sebelum melangkah jauh ke tahapan membuat akun BPJSTKU, mungkin Anda belum tahu tentang produk digital dari BPJSTK yang satu ini. BPJSTKU adalah sebuah aplikasi berbasis android yang sengaja diciptakan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan kemudahan kepada pesertanya. 

Kemudahan tersebut meliputi daftar online, cek saldo JHT, rincian saldo JHT, perhitungan simulasi saldo JHT, informasi kepesertaan, dan klaim JHT online. Bahkan Anda bisa mendapatkan promo diskon di beberapa merchant yang bekerjasama di dalam aplikasi ini.

Apa Bedanya dengan BPJSTK Mobile?

bpjs on - Langkah Mudah Cara Membuat Akun BPJSTKU Hanya di Sini

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya BPJSTKU merupakan aplikasi pengembangan dari BPJSTK Mobile. Dengan adanya pembaharuan aplikasi ini, BPJSTK berharap akan semakin banyak layanan yang bisa dilakukan secara online. Jadi Anda cukup memanfaatkan aplikasi dalam ponsel untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan BPJSTK tanpa harus datang ke kantornya langsung.

Hal lain yang membedakan BPJSTK Mobile dan BPJSTKU adalah siapa saja penerima manfaat dari BPJSTK Mobile. Perlu Anda ketahui bahwa peserta yang bisa mengakses BPJSTK Mobile dibatasi hanya untuk peserta BPJSTK yang berstatus sebagai pegawai perusahaan dalam negeri saja. Hal tersebut kini tidak berlaku lagi sejak diperbaharui menjadi BPJSTKU. Aplikasi tersebut tidak hanya untuk karyawan swasta dalam negeri saja tapi juga untuk pekerja mandiri/ bukan penerima upah dan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri.

Baca Juga: Dari Mana Saja, Cek Saldo Jamsostek Online Lebih Praktis

Syarat dan Cara Membuat Akun BPJSTKU

cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan 3 - Langkah Mudah Cara Membuat Akun BPJSTKU Hanya di Sini

Sebelum bisa menikmati berbagai fitur dan manfaat yang ada di dalam aplikasi BPJSTKU, Anda harus melakukan registrasi terlebih dulu. Jika sebelumnya Anda sudah pernah mendaftar akun BPJSTK melalui website atau BPJSTK Mobile, tidak perlu melakukan pendaftaran lagi. Anda bisa langsung login ke aplikasi BPJSTKU dengan menggunakan e-mail dan PIN yang sudah didaftarkan sebelumnya. Nah, bagi Anda yang belum memiliki akun, lakukan pendaftaran langsung melalui aplikasi BPJSTKU dengan menyiapkan beberapa syarat berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan 
  • E-mail yang masih aktif
  • Nomor kontak yang bisa dihubungi

Nah jika syarat di atas sudah disiapkan, Anda bisa langsung melakukan pembuatan akun dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi BPJSTKU pada Playstore. Pastikan Anda mengunduh aplikasi yang resmi karena saat ini beredar aplikasi palsu yang mengatasnamakan BPJSTKU. 
  2. Jika sudah ter-download, buka aplikasinya dan klik menu Profile pada sudut kanan bawah.
  3. Selanjutnya akan muncul notifikasi yang berbunyi “Perhatian. Layanan ini khusus untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan, silahkan Login jika sudah memiliki akun atau lengkapi data kepesertaan Anda untuk dapat mengakses layanan ini”. Abaikan pesan tersebut kemudian klik LANJUTKAN.
  4. Kemudian akan muncul halaman untuk Login, namun bagi Anda yang belum memiliki akun klik Buat Akun.
  5. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi nama dan alamat e-mail kemudian klik SELANJUTNYA. Jika sudah diisikan Anda akan menerima kode verifikasi yang dikirim ke alamat e-mail tersebut. 
  6. Lakukan verifikasi dengan memasukan kode verifikasi yang telah dikirim melalui e-mail tadi kemudian klik VERIFIKASI.
  7. Step selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat kode PIN agar bisa login ke aplikasi BPJSTKU. Masukkan 6 digit angka dan ulangi sekali lagi pada kolom Konfirmasi PIN Aplikasi kemudian klik SELANJUTNYA.
  8. Langkah berikutnya yaitu konfirmasi kepesertaan dengan klik YA, SAYA PESERTA.
  9. Kemudian Anda akan diminta memasukkan nama lengkap, maka isilah sesuai nama yang ada di KTP Anda dan klik SELANJUTNYA.
  10. Isikan tanggal lahir sesuai KTP lalu klik SELANJUTNYA.
  11. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP dan klik SELANJUTNYA.
  12. Isikan nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) dan klik SELANJUTNYA.
  13. Masukan nomor handphone/nomor kontak Anda yang bisa dihubungi.
  14. Setelah memasukkan nomor handphone, Anda akan menerima SMS kode verifikasi. Isikan nomor verifikasi tersebut dan klik LANJUTKAN.
  15. Tunggu beberapa saat untuk proses pembuatan akun. Apabila data-data yang Anda masukkan tadi sudah benar, maka pembuatan akun BPJSTKU Anda dipastikan berhasil.

Demikian informasi tentang apa itu BPJSTKU dan bagaimana cara membuat akun BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi tersebut. Semoga bermanfaat dan memudahkan Anda untuk melakukan pendaftaran. Nah untuk Anda peserta BPJS Kesehatan, lakukan pembayaran tagihan BPJS Anda melalui aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola adalah salah satu aplikasi pembayaran digital terkini yang bisa Anda manfaatkan untuk melunasi berbagai tagihan pokok seperti BPJS Kesehatan, listrik, dan juga PDAM. Nikmati fitur lainnya dari Qelola dengan mengunduh aplikasinya di sini. Pelajari lebih lanjut tentang aplikasi Qelola melalui website resminya di sini.

Tags: , , ,