Adakah Cara Berhenti BPJS Kesehatan Jika Tidak Ingin Jadi Peserta Lagi?

cara berhenti bpjs

Di dalam Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 telah dijelaskan bahwa semua warga negara Indonesia wajib mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan. Pada intinya, sebenarnya program BPJS Kesehatan mewajibkan seluruh masyarakat untuk daftar menjadi peserta BPJS Kesehatan mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Namun ternyata ada sebagian orang yang merasa keberatan karena harus membayarkan iuran setiap bulan, sementara mereka tidak pernah menggunakan fasilitasnya. Itulah mengapa, banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara berhenti BPJS Kesehatan. Satu-satunya cara berhenti BPJS Kesehatan adalah dengan tidak membayar tagihan iuran BPJS Kesehatan yang dimiliki. Jika hal itu dilakukan, maka dapat menonaktifkan status kepesertaan secara otomatis. Namun tunggu dulu, sebaiknya Anda tidak terburu-buru untuk membiarkan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda menjadi nonaktif. Karena pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana jika Anda sakit dan membutuhkan asuransi kesehatan di kemudian hari?

Permasalahan mengenai pemberhentian status peserta BPJS sebenarnya sudah muncul sejak tahun 2018 dan jawaban yang diberikan tetap sama, yaitu berhenti membayar iuran. Namun, hal itu ternyata hanya berlaku sementara saja. Karena seluruh masyarakat sudah diikat oleh Peraturan Presiden seperti yang telah disebutkan di atas. 

Baca Juga: BPJS PMI: Asuransi Kesehatan untuk Pekerja Migran

Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan

cara berhenti bpjs 1 - Adakah Cara Berhenti BPJS Kesehatan Jika Tidak Ingin Jadi Peserta Lagi?

Biaya kesehatan yang setiap tahun semakin tinggi membuat kesehatan menjadi suatu hal yang sangat berharga. Asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan swasta saat ini dinilai terlalu mahal untuk ukuran masyarakat Indonesia. Itulah mengapa, ketika BPJS hadir masyarakat seperti mendapatkan jalan keluar yang paling tepat. Tapi apakah benar seperti itu? Di dalam segala kelebihan yang ada pada BPJS Kesehatan, pasti juga terdapat kekurangan atau kelemahannya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan BPJS Kesehatan

  • Kelebihan pertama dari BPJS Kesehatan adalah biaya atau iuran yang relatif terjangkau. Meskipun bisa dibilang murah, layanan yang bisa didapatkan setiap peserta dianggap tidak murahan.
  • BPJS Kesehatan yang diselenggarakan langsung oleh pemerintah merupakan sebuah program yang diwajibkan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan ada Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang kewajiban ini. Jadi, meskipun Anda sudah ikut asuransi swasta Anda juga tetap diharuskan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS kesehatan.
  • Menjadi peserta BPJS Kesehatan tanpa adanya medical check up.
  • BPJS menjamin seluruh pesertanya seumur hidup.
  • Tidak ada pengecualian bagi semua orang yang ingin mendaftar BPJS Kesehatan.
  • Perubahan data peserta bisa dilakukan secara online.

Kekurangan BPJS Kesehatan

  • Kekurangan yang pertama dari BPJS Kesehatan adalah adanya metode berjenjang saat melakukan klaim BPJS.
  • Layanan kesehatan BPJS hanya bisa melindungi diri di wilayah Indonesia saja. Berbeda dengan asuransi swasta yang bisa memproteksi kesehatan setiap pesertanya di rumah sakit yang bekerja sama hingga di seluruh dunia.
  • Jika mau berobat menggunakan BPJS Kesehatan, maka harus antri terlebih dahulu sebelum dipanggil giliran. Hal ini dikarenakan hampir seluruh masyarakat Indonesia yang memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk berobat.

Kepesertaan BPJS Kesehatan Dimata Masyarakat

cara berhenti bpjs 2 - Adakah Cara Berhenti BPJS Kesehatan Jika Tidak Ingin Jadi Peserta Lagi?

BPJS Kesehatan memiliki konsep gotong royong, di mana orang-orang sehat yang membayar iuran secara tidak langsung akan menolong orang-orang yang sedang sakit. Artinya, baik orang itu dalam keadaan sehat atau sakit memiliki kewajiban untuk membayar iuran sesuai dengan kelas yang dipilih masing-masing. Namun ternyata masih banyak masyarakat yang merasa dirugikan. Sehingga, sebagian besar dari mereka yang sering menunggak iuran. Di beberapa daerah, sebagian masyarakat bahkan ada yang mengajukan turun kelas. Di sisi lain, ada banyak masyarakat yang juga belum terdaftar. Selain itu juga persoalan keramahan petugas yang selalu membeda-bedakan kelas.

Pasien BPJS Kesehatan sering kali mendapatkan layanan perawatan kelas bawah dengan alasan kamar sudah penuh. Bahkan dokter-dokter di fasilitas kesehatan tingkat satu juga sering kali hanya bertanya keluhan pasien dan langsung memberikan resep obat, tanpa menyentuh dan melakukan pemeriksaan lanjutan pada pasien. Diskriminasi pelayanan semacam itulah yang kemudian membuat pengobatan berbasis keilmuan masih dipilih oleh sebagian masyarakat sebagai alternatif lain. Kekecewaan masyarakat terhadap layanan BPJS Kesehatan juga merupakan alasan kenapa banyak dari mereka yang memilih mencari cara berhenti BPJS, ketimbang mereka harus dibebankan iuran setiap bulan.

Bijak dalam Memilih Perlindungan Kesehatan

cara berhenti bpjs 3 - Adakah Cara Berhenti BPJS Kesehatan Jika Tidak Ingin Jadi Peserta Lagi?
Hingga saat ini, cara berhenti BPJS Kesehatan memang hanya dengan tidak membayar iuran. Namun sebelum memutuskan untuk berhenti menjadi peserta BPJS, Anda pikirkan dengan matang terlebih dahulu. Jangan sampai Anda justru akan menyesal karena Anda tidak mendapatkan perlindungan dari BPJS Kesehatan. Sekarang bayar iuran BPJS semakin mudah, kok. Anda tidak perlu keluar rumah dan tidak perlu antri hanya untuk bayar BPJS. Anda yang sedang berada di luar negeri seperti Malaysia, Anda tetap bisa bayar tagihan BPJS kesehatan seluruh keluarga Anda di tanah air. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi Qelola yang bisa Anda dapatkan di Google Play. Menariknya lagi, Qelola tidak hanya digunakan untuk bayar tagihan saja. Tapi Anda juga bisa mengandalkan Qelola untuk keperluan transfer uang antara negara dengan biaya yang murah dan proses yang cepat. Yuk, coba Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , , ,