Inilah 4 Cara Ampuh Agar Bisa Kerja di Luar Negeri

kerja di luar negeri

Banyak orang Indonesia yang mencari peluang karir atau pekerjaan di luar negeri. Alasannya, gaji yang lebih besar, pengalaman kerja, serta lingkungan kerja yang lebih baik jika dibandingkan dengan Indonesia. Ada beberapa negara yang kerap menjadi tujuan utama orang-orang Indonesia untuk bekerja di luar negeri. Salah satu negara tersebut adalah Malaysia.

Malaysia menjadi incaran karena jaraknya dekat dengan Indonesia, gaji kerja yang cukup besar, dan biaya hidup yang terjangkau. Bagi Anda yang ingin bekerja sebagai tenaga profesional di luar negeri, khususnya Malaysia, ada 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan impian tersebut. Apa saja itu? Langsung simak rangkumannya berikut ini.

Ikuti Program Kerja sambil Liburan

full length gorgeous businesswoman with long brown hair formal wear walking outdoors carrying luggage talking phone business trip concept 232070 2972 - Inilah 4 Cara Ampuh Agar Bisa Kerja di Luar Negeri

Cara ampuh agar Anda bisa kerja di luar negeri salah satunya adalah dengan mengikuti program kerja sambil liburan. Cara ini biasanya digunakan para pelancong agar bisa jalan-jalan ke luar negeri, namun tetap mendapatkan penghasilan. Syarat untuk bisa melakukan cara ini, Anda harus mendapatkan izin bekerja dari negara tujuan.

Anda harus memperoleh visa working holiday dari kedutaan negara yang Anda tuju untuk membuktikan bahwa Anda telah memiliki izin bekerja selama liburan di sana. Ada beberapa syarat lain juga yang harus Anda penuhi seperti usia maksimal 35 tahun, masa tinggal maksimal 2 tahun, dan Anda tentu harus lulus tes kompetensi bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS.

Cara Kerja di Luar Negeri melalui Perusahaan

successful beautiful asian business young woman holding vintage map globe world map hand 1150 10195 - Inilah 4 Cara Ampuh Agar Bisa Kerja di Luar Negeri

Cara ampuh lainnya adalah melalui perusahaan. Cara ini juga termasuk cara paling aman untuk kerja di luar negeri karena pihak perusahaan akan siap memandu dan membantu proses imigrasi Anda. Untuk melakukan cara ini, Anda bisa melamar langsung ke perusahaan di negara tujuan, atau Anda bisa melamar pekerjaan ke cabang perusahaan yang ada di Indonesia. Jika kemampuan dan tenaga Anda dibutuhkan di kantor pusat, maka perusahaan akan merelokasi Anda ke negara tempat kantor pusat berada.

Kerja di luar negeri melalui cara ini akan memudahkan Anda dalam mengurus persoalan administratif, karena Anda sudah mendapatkan kelengkapan administratif tersebut dari pihak perusahaan seperti surat kontrak dan keterangan kerja. Anda tinggal mengurus dokumen lain seperti paspor dan visa kerja.

Baca Juga: Kerja di Luar Negeri Tanpa Biaya, Dapatkah Dilakukan?

Kerja di Luar Negeri melalui Program Magang Internasional

cheerful young asian businesswoman near colleagues 171337 743 - Inilah 4 Cara Ampuh Agar Bisa Kerja di Luar Negeri

Bagi Anda yang baru lulus kuliah, atau masih berusia di bawah usia 30 tahun, Anda bisa mengikuti program magang internasional di luar negeri. Program ini bisa membuka kesempatan untuk Anda kerja di luar negeri. Saat ini, banyak perusahaan internasional yang membuka kesempatan magang bagi pekerja asing. Ada juga program pertukaran pekerja yang memungkinkan Anda bekerja di luar negeri dalam waktu singkat.

Program seperti ini umumnya tidak sukarela, jadi Anda akan mendapatkan gaji kerja selama melakukan program tersebut. Jika kinerja Anda bagus selama menjalani program ini, peluang untuk bekerja di tempat tersebut sebagai pegawai tetap pun semakin besar.

Berkuliah di Luar Negeri

asian college groups students studying together 4236 263 - Inilah 4 Cara Ampuh Agar Bisa Kerja di Luar Negeri

Bagi Anda yang masih pelajar dan sudah memiliki impian ingin kerja di luar negeri, maka kuliah di luar negeri bisa menjadi salah satu cara. Kuliah di Malaysia misalnya, pelajar lulusan dari universitas-universitas di Malaysia tentu memiliki peluang lebih besar untuk bekerja di Malaysia. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan di Malaysia memandang positif akan kualitas dari lulusan tersebut. Bagi Anda yang ingin bekerja di perusahaan-perusahaan ternama di Malaysia, maka kuliah di Malaysia bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, kuliah di luar negeri termasuk Malaysia, bisa menjadikan Anda sebagai lulusan luar negeri dengan bukti gelar internasional yang Anda miliki. Mutu pendidikan di luar negeri yang bagus dan diakui secara internasional pun akan berpengaruh positif terhadap karir kerja Anda kelak. Anda memiliki peluang besar untuk dapat bekerja di negara manapun, termasuk di Malaysia dengan gaji yang cukup tinggi. Sebagai contoh, Anda bisa mengambil jurusan ilmu komputer di Malaysia, dan bekerja sebagai konsultan IT di perusahaan ternama yang ada di Malaysia dengan rata-rata gaji Rp25 juta per bulan.

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa Anda ikuti untuk mewujudkan impian kerja di luar negeri. Impian Anda pasti bisa diraih dengan niat dan tekad yang kuat. Jika Anda telah berhasil mewujudkan impian kerja di luar negeri, pastikan pengiriman uang dan pembayaran berbagai tagihan untuk keperluan keluarga di Indonesia tetap dapat dilakukan dengan mudah. Bagi Anda yang berada di Malaysia, aplikasi Qelola bisa menjadi solusinya.

Qelola merupakan aplikasi keuangan yang menawarkan layanan seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan Anda. Dengan fitur tersebut, transaksi keuangan yang Anda lakukan selama bekerja di Malaysia akan semakin mudah. Melalui Qelola, transaksi pengiriman dan penerimaan uang dari Malaysia ke Indonesia dapat dilakukan secara cepat dengan biaya terjangkau. Unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengisian saldo agar mendapatkan manfaat maksimal dari setiap fiturnya.

Tags: , , , , , , , , , , ,