Berada di Malaysia? Lakukan Ini Untuk Cegah Virus Corona

EP 15 - Berada di Malaysia? Lakukan Ini Untuk Cegah Virus Corona

Seperti diketahui, virus corona kini telah menyebar keberbagai negara secara cepat, termasuk ke Malaysia. Bahkan pemerintah Malaysia telah mengeluarkan kebijakan lockdown, melarang warganya melakukan perjalanan ke luar negeri dan menutup semua aktivitas bisnis untuk mencegah penyebaran virus corona yang lebih parah lagi. Virus corona memang menjadi momok yang menakutkan saat ini. Oleh karena itu, tidak hanya pemerintah saja yang bertanggung jawab untuk melakukan segala upaya dalam mencegahnya. Tiap individu pun mempunyai tanggung jawab masing-masing untuk menjaga diri agar tidak tertular ataupun menularkan. Untuk mengurangi persebarang virus corona, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, simak penjelasan berikut.

EP 15 1 - Berada di Malaysia? Lakukan Ini Untuk Cegah Virus Corona

Sumber: https://www.halodoc.com/

Tinggal di Rumah

Tagar #dirumahaja kini menjadi yang paling banyak digunakan di media sosial. Tagar ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar mengurangi segala aktivitas di luar rumah demi mencegah semakin merebaknya virus corona. Anda diharapkan untuk tidak pergi bekerja, sekolah, atau mengunjungi tempat publik lainnya selama 14 hari.

Menjaga Jarak

Bagi Anda yang memang harus melakukan aktivitas di luar rumah, usahakan untuk tetap menjaga jarak dari orang-orang di sekitar. Sebisa mungkin menghindari keramaian dan mengurangi penggunaan transportasi publik. Karena kita tidak tahu, mana dari orang-orang yang telah berpapasan dengan kita yang berpotensi untuk menularkan virus corona.

Mencuci Tangan

Virus corona biasanya menempel pada barang-barang di sekitar Anda dan bisa dihilangkan dengan mencuci tangan. Oleh karenanya, mencuci tangan secara benar adalah upaya efektif paling sederhana yang bisa Anda lakukan. Cucilah tangan setidaknya 20 detik menggunakan air mengalir dan juga sabun. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Apabila Anda berada di luar ruangan dan sulit mendapatkan lokasi untuk mencuci tangan, maka penggunaan hand sanitizer secara rutin sangat dianjurkan.

Tidak Bersin Sembarangan

Melarang bersin secara sembarangan telah dianjurkan bahkan sebelum virus corona populer. Ini karena virus yang dikeluarkan melalui bersin akan menular kepada orang lain melalui udara atau menempel di mana-mana. Tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin ataupun batuk. Buang tisu yang telah digunakan dalam tempat sampah dan sesegera mungkin mencuci tangan. Selain itu, Anda juga bisa menutupi bersin dengan lengan baju agar virus menempel di kain dan tidak tersebar melalui udara. Apabila memungkinkan, segera ganti baju Anda dengan yang lebih bersih.

EP 15 2 1 - Berada di Malaysia? Lakukan Ini Untuk Cegah Virus Corona

Sumber: https://doktersehat.com/

Menghindari Pemakaian Barang Bersama

Hindari menggunakan barang-barang seperti piring, sendok, handuk, dan lainnya bersama-sama. Virus corona bisa saja ditularkan melalui barang-barang bersama ini. Setelah Anda menggunakan peralatan makan atau handuk Anda, segeralah dicuci dengan sabun dan air.

Membersihkan Benda yang Sering Disentuh

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita bersentuhan dengan banyak sekali barang. Contohnya saja gagang pintu, tempat tidur, meja, dan masih banyak lagi. Dan yang paling sering kita gunakan adalah telepon genggam ataupun laptop. Usahakan untuk membersihkan barang-barang ini dengan semprotan pembersih. Selain itu, bersihkan pula semua permukaan yang mungkin tersentuh darah, feses, atau cairan tubuh.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Selain memperhatikan faktor luar, Anda tentu tidak boleh lupa memperhatikan faktor dalam termasuk daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga teratuer, berjemur, dan bila perlu Anda juga mengonsumsi suplemen peningkat daya tahan tubuh sesuai anjuran dokter.

Memperhatikan Gejala yang Muncul

Jangan pernah malu dan takut untuk memeriksakan diri ke dokter. Apabila Anda merasakan gejala-gejala timbul seperti demam, batuk, sulit bernafas, dan lain sebagainya, segera periksakan diri Anda ke layanan kesehatan terdekat. Bahkan ketika Anda tidak mengalami gejala pun, sebaiknya periksakan diri. Ini untuk menghindari orang-orang tanpa gejala menulari orang lain yang berada atau tinggal dengannya. Jangan lupa menggunakan masker ketika pergi ke layanan kesehatan dan tetap menjaga jarak. Kantor layanan kesehatan merupakan tempatnya orang yang sedang sakit, sehingga pastikan Anda tidak terpapar terlalu lama dan selalu jaga kebersihan.

EP 15 3 - Berada di Malaysia? Lakukan Ini Untuk Cegah Virus Corona

Sumber: https://etalaseserpong.com/

Itulah beberapa upaya yang bisa Anda lakukan sebagai invidu untuk mencegah semakin luasnya penyebaran virus corona ini. Ketika melakukan usaha ini, Anda mungkin bingung untuk melakukan segala kegiatan termasuk bekerja, berbelanja ataupun kegiatan lain seperti mengirim uang untuk keluarga di Indonesia atau membayar tagihan lainnya. Namun kebingungan itu akan segera berakhir karena Anda bisa melakukan semuanya dari rumah. Mengirim uang dan membayar berbagai tagihan akan terselesaikan dengan aplikasi Qelola. Pengiriman uang luar negeri dan pembayaran berbagai tagihan di Indonesia selesai dengan sekali klik di aplikasi Qelola. Tunggu apalagi? Download aplikanya di sini!

 

Tags: , , , , , ,