Merasa Lelah Bekerja? Jangan Sembarangan, Begini Cara Mengatasinya

lelah bekerja

Tahukah Anda bahwa rasa jenuh dan lelah bekerja dapat menurunkan produktivitas serta mempengaruhi kualitas hasil pekerjaan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang sebaiknya Anda lakukan jika kejenuhan tersebut sedang menimpa Anda. Berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa lelah bekerja. Namun sambil menerapkan berbagai tips yang akan kami jelaskan di bawah ini, sebaiknya Anda juga menggali lebih dalam kira-kira apa saja yang menjadi penyebab rasa lelah tersebut. Pasalnya, rasa jenuh dan lelah yang Anda alami bisa jadi bersumber dari pekerjaan itu sendiri.

Baca Juga: Apa Saja yang Perlu Disiapkan Jika Ingin Kerja di Luar Negeri?

Tips Mengatasi Rasa Lelah Bekerja

lelah bekerja 1 - Merasa Lelah Bekerja? Jangan Sembarangan, Begini Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi rasa lelah dan jenuh akibat akibat tekanan pekerjaan. Dengan mencoba beberapa tips ini, diharapkan motivasi kerja Anda akan semakin meningkat.

  1. Perhatikan apa saja yang Anda konsumsi. Hal ini penting untuk Anda lakukan karena tubuh membutuhkan energi dari makanan yang Anda konsumsi agar bisa menjalankan fungsinya dengan normal. Tanpa asupan energi yang memadai, maka Anda akan lebih mudah merasa lelah saat bekerja.
  2. Rutin berolahraga, karena olahraga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah pada seluruh tubuh. Sehingga Anda tidak mudah merasa lelah, dan kegiatan ini juga dapat membuat kerja jantung, paru-paru, serta otot menjadi lebih efektif. Pilihlah olahraga dengan intensitas ringan seperti jogging, berlari, push-up, dan sejenisnya. Lakukan secara rutin minimal selama 30 menit setiap harinya.
  3. Melakukan power nap, yaitu sebutan untuk tidur siang dalam waktu yang singkat, sekitar 10 hingga 30 menit. Durasi ini dinilai ideal, karena tidur siang terlalu lama justru dapat menimbulkan rasa lelah, dan mengganggu jam tidur pada malam hari. Waktu yang terbaik untuk melakukan power nap adalah pada pukul 1 hingga 3 siang. Anda bisa menyesuaikan dengan waktu istirahat di tempat kerja Anda, sehingga Anda bisa tidur siang dengan nyaman dan efektif.
  4. Mencukupi kebutuhan air. Jika Anda dehidrasi, maka akan menurunkan performa fisik, konsentrasi, kewaspadaan, dan tingkat energi tubuh. Mulailah dengan membiasakan diri untuk minum air putih setiap 1 sampai 2 jam sekali.
  5. Rasa lelah selama kerja juga bisa disebabkan karena Anda terlalu lama duduk selama bekerja. Jadi, sebaiknya Anda memberikan jeda sejenak di antara jam kerja dan cobalah untuk lebih aktif bergerak.
  6. Keseimbangan antara hidup dan kerja sangat penting untuk mengatasi rasa lelah bekerja. Itu sebabnya, Anda perlu mencoba untuk membatasi waktu kerja. Misalnya, jangan membiasakan diri untuk membawa pekerjaan ketika sudah sampai di rumah. Sebaliknya, Anda perlu menyediakan waktu senggang untuk melakukan hobi yang Anda gemari atau sekedar untuk bersantai. 

Mengatasi Rasa Lelah Bekerja yang Tidak Kunjung Hilang

lelah bekerja 2 - Merasa Lelah Bekerja? Jangan Sembarangan, Begini Cara Mengatasinya

Terkadang, rasa lelah akibat pekerjaan tidak juga hilang meskipun Anda telah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Bisa jadi, sumber rasa lelah tersebut sebenarnya berasal dari pekerjaan yang sedang Anda jalani. Cobalah amati kembali kondisi Anda saat ini. Anda mungkin perlu mencari solusi yang baru terkait pekerjaan Anda, jika hari-hari Anda terisi oleh kebiasaan seperti berikut ini:

  • Selalu merasa lelah dan ingin tidur lebih lama di pagi hari saat jam kerja.
  • Sering datang terlambat ke tempat kerja.
  • Ingin menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin agar bisa segera beristirahat.
  • Mengalami perubahan pola tidur yang tidak pasti.
  • Tidak memiliki antusiasme saat orang lain bertanya mengenai pekerjaan Anda.
  • Selalu mendambakan akhir pekan.

Rasa lelah bekerja yang berlarut-larut mungkin menandakan bahwa Anda memerlukan pekerjaan yang baru. Meski demikian, keputusan untuk mengundurkan diri tidak boleh diambil secara sembarangan. Apalagi bagi Anda yang saat ini sedang menyandang status sebagai pekerja migran di luar negeri.

Pentingnya Berinteraksi dengan Orang Terdekat

lelah bekerja 3 - Merasa Lelah Bekerja? Jangan Sembarangan, Begini Cara Mengatasinya

Pekerjaan memang bisa menyita waktu, sehingga Anda tidak memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang terdekat. Jika dibiarkan, lama-kelamaan kesepian akan berkembang menjadi stres, dan semakin menambah kejenuhan Anda dalam bekerja. Tanpa disadari, produktivitas kerja akan menurun dan hasil pekerjaan Anda menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, cobalah kembali berinteraksi dengan teman, keluarga, atau orang-orang terdekat Anda. Hubungi mereka, atau sempatkan untuk bertemu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan jika memungkinkan.

Anda tidak perlu bersedih, meskipun sedang berada jauh dari keluarga dan sahabat di tanah air, Anda tetap bisa menjalin komunikasi menggunakan teknologi. Sama halnya untuk keperluan transaksi, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Qelola. Kirim uang dari Malaysia ke Indonesia bisa Anda lakukan dengan proses yang sangat mudah, cepat, dan murah. Selain kirim uang antar negara, aplikasi Qelola juga bisa diandalkan untuk bayar berbagai macam tagihan. Selain itu, Anda juga bisa beli pulsa, paket data internet, hingga voucher game. Anda bisa unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play sekarang juga.

Tags: , , , , ,