Bayar Pajak Online Lewat E-Billing Tanpa Harus Mengantri

bayar pajak online

Sebagai warga negara Indonesia, tentunya Anda tidak akan luput dari kewajiban membayar pajak. Mulai dari pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan, pajak kendaraan bermotor dan lain-lainnya. Kewajiban membayar pajak ini nantinya akan digunakan pemerintah untuk mendukung pembangunan nasional. Dengan kata lain pajak yang Anda bayarkan ke pemerintah pada akhirnya akan kembali lagi ke Anda. Pembangunan infrastruktur, perbaikan fasilitas umum, dan subsidi adalah contoh dari timbal balik dari pembayaran pajak tersebut. Tentunya kewajiban membayar pajak semata-mata juga demi kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia.

Sekarang, pembayaran pajak tidak mengharuskan Anda untuk datang langsung ke kantor pajak. Bayar pajak online bisa Anda lakukan dengan menggunakan fitur e-Billing. Pemerintah sengaja membuat inovasi melalui e-Billing ini dengan tujuan Anda dapat melakukan pembayaran secara tepat waktu dimana pun dan kapanpun. Anda mungkin ada yang belum familiar dengan bayar pajak online melalui e-Billing ini. Oleh sebab itu artikel berikut akan membahas tuntas tentang bayar pajak online untuk Anda. Berikut ulasannya:

Bayar Pajak Online dengan E-Billing

pajak 4 - Bayar Pajak Online Lewat E-Billing Tanpa Harus Mengantri

Digitalisasi di era millenial seperti sekarang telah membawa perubahan dalam segala lini kehidupan, salah satunya adalah dalam sistem pembayaran pajak. Bayar pajak online melalui e-Billing dianggap sebagai solusi pintar untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran tanpa harus mengantri lama. E-Billing sendiri adalah program khusus yang dibuat oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan cara pembuatan kode billing atau yang juga akrab disebut ID billing.

Efektif per tanggal 1 Januari 2016 melalui Surat Edaran Direktorat Jenderal Pajak Nomor SE-11/PJ/2016 yang berisi semua bank yang menerima pembayaran pajak atau bank persepsi wajib menggunakan e-Billing pajak sebagai penerapan MPN G2 atau Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua dan tidak akan melayani pembayaran secara manual. Jadi perubahan sistem pembayaran dari manual ke online ini juga dibarengi dengan pergantian sistem dari MPN G1 ke MPN G2.

E-Billing pajak dapat Anda lakukan melalui aplikasi e-Billing OnlinePajak yang merupakan ASP yang sah untuk pembuatan ID Billing melalui Surat Keputusan No. KEP-72/PJ/2016. Aplikasi e-Billing OnlinePajak ini secara langsung juga memberikan win-win solution baik bagi para wajib pajak dan petugas pajak. Dengan kata lain Anda dapat membayarkan pajak dimana saja dan kapan saja tanpa perlu antri sedangkan pegawai pajak mendapat kemudahan dalam penanganan pembayaran.

Manfaat E-Billing

pajak 3 1 - Bayar Pajak Online Lewat E-Billing Tanpa Harus Mengantri

Masyarakat dihimbau untuk melakukan pembayaran pajak secara online karena memiliki banyak manfaat. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bayar pajak online dengan e-Billing akan memudahkan Anda untuk bisa menunaikan kewajiban kapan saja dimana saja tanpa repot mengantri. Selain itu, potensi adanya ketidakakuratan data akan lebih terminimalisir karena pencatatan dilakukan dengan sistem. Dengan memanfaatkan e-Billing, pembayaran yang Anda lakukan secara otomatis akan langsung tersimpan di sistem DJP. Jadi data-data transaksi pembayaran Anda langsung tercatat secara real time dan tersimpan dengan aman pada sistem.

Cara Bayar Pajak Online dengan E-Billing

pajak 6 - Bayar Pajak Online Lewat E-Billing Tanpa Harus Mengantri

Untuk bisa memanfaatkan layanan e-Billing dalam bayar pajak online, pertama-tama Anda harus membuat ID Billing atau kode Billingnya terlebih dahulu. Pembuatan ID Billing ini dapat Anda lakukan dengan memilih salah satu cara berikut ini:

1. Aplikasi Online Pajak

Pembuatan ID Billing dapat Anda lakukan lewat aplikasi online pajak. Hal ini berdasarkan surat keputusan pemerintah yang menyatakan aplikasi online pajak adalah satu-satunya ASP (Application Services Provider) yang sah.

2. Bank Mitra yang Bekerjasama

ID Billing bayar pajak online juga dapat Anda buat melalui teller bank yang ditunjuk seperti BCA, Mandiri, BNI, dan Citibank. Selain keempat bank tadi, Anda juga bisa melakukan pembuatan kode Billing lewat Kantor Pos.

3. Situs pajak.go.id

Bagi Anda yang tidak ada waktu untuk datang ke bank atau kantor pos bisa melakukan pembuatan kode billing ke situs resmi Direktorat Jenderal pajak yaitu pajak.go.id melalui SSE2.

4. SMS

Kabar gembira bagi Anda pelanggan Telkomsel karena pembuatan kode billing dapat dilakukan melalui SMS dengan mengetik *141*500#.

5. Layanan di Nomor 1500200

Pelayanan kode billing melalui nomor 1500200 diperuntukan khusus untuk wajib pajak pribadi.

6. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP)

7. Internet Banking

Setelah berhasil membuat kode billing, bayar pajak online e-Billing selanjutnya dapat Anda lakukan melalui teller bank yang ditunjuk, kantor pos, internet banking, agen Branchless Banking, dan aplikasi OnlinePajak bagi nasabah CIMB Niaga dan BNI.

Kemudahan bayar pajak online melalui e-Billing ini diharapkan akan membantu masyarakat dalam membayarkan kewajibannya. Selain menjadi lebih mudah, Anda juga tidak perlu lagi untuk melakukan antrian panjang. Terutama bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengurus perihal administrasi yang rumit. Bayar pajak online dengan E-Billing selain aman juga dapat Anda tuntaskan dimana saja dan kapan saja. Jadi, jangan lupa bayar pajak ya!

Selain bayar pajak, bayar-bayar tagihan lainnya juga jangan sampai terlupakan. Nah, untuk Anda yang berada di Malaysia kini semakin gampang untuk bayar berbagai tagihan di Indonesia. Bahkan transaksi tersebut dapat dilakukan langsung dari ponsel Anda. Bagaimana caranya? Lewat aplikasi Qelola, kini kegiatan berkirim uang ke sanak saudara di tanah air jadi lebih mudah, aman dan cepat. 

Aplikasi Qelola adalah salah satu solusi digital terutama bagi Anda TKI yang ada di Malaysia untuk kirim uang ke Indonesia secara online. Selain mudah dan cepat, Anda juga mendapat keuntungan free biaya transfer. Selain untuk transfer uang, aplikasi Qelola juga dapat Anda nikmati untuk membayar tagihan listrik, air, dan BPJS keluarga Anda di tanah air. Pembelian pulsa dan juga voucher game juga dapat Anda lakukan lewat aplikasi ini. Segera download aplikasi Qelola disini dan nikmati transaksi yang Anda inginkan secara online.

 

 

 

 

 

 

Tags: , ,