Gunakan Aplikasi Pembayaran Online untuk Bayar Tagihan Rumah Tangga

aplikasi pembayaran online

Salah satu hal yang ikut bertransformasi di era kemajuan teknologi adalah bidang transaksi keuangan. Jika sebelumnya masyarakat harus menggunakan uang tunai untuk membeli dan membayar sesuatu, kini cara tersebut sedang menuju perubahan besar. Sudah ada banyak orang yang mulai meninggalkan transaksi tunai dan beralih ke transaksi non-tunai atau cashless. Bentuk transaksi seperti ini lebih dikenal dengan istilah Digital Payment. Digital Payment merupakan sebuah cara pembayaran yang praktis, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pembayaran online. Hanya dengan menggunakan aplikasi pembayaran online yang terpasang pada smartphone, Anda bisa melakukan pembayaran untuk tagihan kebutuhan rumah tangga secara lebih mudah dan cepat. Kegiatan seperti membayar tagihan listrik, PDAM, mengisi pulsa, dan lainnya dapat dilakukan dari rumah kapan saja.

Baca Juga: 4 Metode Transaksi Tanpa Tunai Ketika Berada di Malaysia

Apa Saja Keuntungan Transaksi Online via Aplikasi?

aplikasi pembayaran online 1 - Gunakan Aplikasi Pembayaran Online untuk Bayar Tagihan Rumah Tangga

Penggunaan aplikasi pembayaran online sangat diminati banyak orang karena memberikan banyak keuntungan bagi kehidupan mereka. Lalu, apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan sistem pembayaran jenis ini? Berikut ini adalah beberapa jawabannya.

1.  Dapat dilakukan kapan dan di mana saja

Selama smartphone Anda terhubung dengan jaringan internet, maka sistem pembayaran online akan tetap bisa dijalankan kapan dan di mana saja. Jika Anda selalu sibuk dengan pekerjaan dan tidak sempat pergi ke tempat pembayaran listrik misalnya, maka gunakan smartphone aplikasi pembayaran online Anda sebagai solusinya. Sangat praktis, bukan?

2.  Transaksi lebih aman

Apakah Anda sering mendengar di berita-berita tentang maraknya uang palsu yang beredar di masyarakat? Hal tersebut tentu saja bisa Anda alami jika Anda kurang hati-hati. Jika Anda kurang teliti dalam bertransaksi secara tunai, maka bukan tidak mungkin Anda akan menjadi korban dari uang palsu tersebut dan pastinya akan sangat merugikan. Namun, hal itu sepertinya dapat dihindari dengan adanya sistem Digital Payment. Anda tidak perlu lagi mengira-ngira apakah uang yang sedang Anda pegang itu asli atau palsu. Dengan tingkat keamanan yang tinggi yang disediakan oleh pihak penyedia layanan Digital Payment, maka transaksi yang Anda lakukan bisa berjalan dengan aman dan nyaman.

3.  Lebih hemat waktu dan tenaga

Dalam beberapa tahun ke belakang, Anda mungkin pernah merasakan antrian yang panjang saat hendak membeli pulsa atau membayar sebuah tagihan di suatu tempat. Hal ini sepertinya dapat diatasi dengan penggunaan aplikasi pembayaran online. Hanya dalam waktu yang cukup singkat, pembayaran Anda dapat terselesaikan saat itu juga secara real-time. Selain dapat menghemat waktu, Anda juga tidak perlu lagi berlama-lama mengantri dan menghabiskan banyak tenaga hanya untuk hal kecil. Jadi, cukup lakukan dengan smartphone Anda di rumah, dan pergunakan waktu Anda untuk hal yang lebih bermanfaat lagi. Tentu sangat menguntungkan, bukan?

4.  Menyediakan produk yang beragam

Penggunaan aplikasi pembayaran online memungkinkan Anda untuk bayar berbagai macam tagihan. Hanya menggunakan satu aplikasi saja, berbagai jenis tagihan yang harus Anda bayarkan tepat waktu dapat dengan mudah diselesaikan hanya dalam waktu beberapa menit. Jadi, pastikan Anda telah memilih aplikasi pembayaran yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan transaksi Anda sehari-hari.

Aplikasi Pembayaran Online Bagi TKI

aplikasi pembayaran online 2 - Gunakan Aplikasi Pembayaran Online untuk Bayar Tagihan Rumah Tangga

Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa Anda unduh secara gratis di Google Play. Namun sebagai TKI yang tinggal di luar negeri, sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam memilihnya. Pastikan Anda mengunduh aplikasi yang memiliki fitur lengkap. Bukan hanya yang bisa digunakan untuk bayar tagihan saja, namun pilih aplikasi yang juga menyediakan fitur kirim uang antar negara. Hal ini akan memudahkan Anda saat harus kirim uang ke luar negeri, yaitu dari negara di mana Anda berada kepada keluarga di tanah air.

Bagi Anda yang berada di Malaysia, ada aplikasi terbaik yang bisa Anda andalkan. Aplikasi tersebut adalah Qelola, yang memiliki fitur lengkap. Beberapa fitur yang ada di dalam aplikasi Qelola antara lain, kirim uang ke sesama pengguna Qelola atau ke rekening bank, tarik tunai, beli pulsa, paket data internet, token listrik, voucher game, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa membayar tagihan PLN, PDAM, Telepon, Internet, BPJS, TV Berbayar, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Daftar Akun Qelola?

aplikasi pembayaran online 3 - Gunakan Aplikasi Pembayaran Online untuk Bayar Tagihan Rumah Tangga

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah ketik Qelola pada kolom pencarian di Google Play pada smartphone Anda. Jika sudah ketemu, klik unduh atau install. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil terpasang.
  • Selanjutnya, buka aplikasi Qelola dan klik DAFTAR yang ada di bagian paling bawah.
  • Pastikan Anda mengisikan nama lengkap, nomor ponsel, alamat e-mail, password, dan konfirmasi password dengan benar.
  • Setelah berhasil, Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang akan dikirimkan ke nomor ponsel yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Isikan kode tersebut pada kolom yang telah tersedia, dan Anda telah berhasil bergabung dengan Qelola.

Anda bisa mengikuti panduan di atas untuk unduh dan daftar akun Qelola untuk bergabung dengan pengguna Qelola lainnya. Selamat mencoba!

Tags: , , , , , , ,