Apa Saja Syarat Kerja di Malaysia yang Harus Dipenuhi?

close up hand sign contract buying home 10541 953 - Apa Saja Syarat Kerja di Malaysia yang Harus Dipenuhi?

Kerja di Malaysia, mungkin banyak dari Anda yang tengah mencari informasi ini. Gaji yang menggiurkan serta pekerjaan yang cenderung cukup luas mungkin menjadi daya tarik utama. Namun demikian untuk bekerja di negeri Jiran ini tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa syarat dan berkas wajib yang harus Anda penuhi sebelum bisa bekerja secara legal.

Selain berkas yang harus dilengkapi, terdapat syarat dan prosedur yang harus dilalui. Memang, tidak dapat dipungkiri banyak penyalur tenaga kerja yang menawarkan proses yang cepat dan terkesan mudah. Namun demikian Anda harus teliti, karena biasanya oknum dengan modus seperti ini hanya berniat menipu dan merugikan Anda sebagai calon tenaga kerja.

Kartu Tanda Penduduk

indonesia flag wrinkled dark background 3d render 1379 584 - Apa Saja Syarat Kerja di Malaysia yang Harus Dipenuhi?

Karena Anda berada di negara Indonesia, tentu syarat utama yang diperlukan untuk bekerja di luar negeri seperti Malaysia adalah KTP atau Kartu Tanda Penduduk. KTP sendiri merupakan hal wajib yang harus dimiliki ketika seorang warga Indonesia telah menginjak usia tertentu dan memenuhi syarat administratif kepemilikan KTP.

KTP selain berfungsi sebagai berkas pelengkap untuk kerja di Malaysia juga memiliki banyak fungsi lain. Seperti misalnya mengurus administrasi dan urusan kependudukan, urusan pajak, pengajuan kredit, syarat melamar pekerjaan dan lain sebagainya. Kini dengan inovasi e-KTP, KTP yang Anda miliki berlaku seumur hidup sehingga Anda hanya perlu mengurusnya sekali saja.

Akta Kelahiran

Berkas ini merupakan bukti atau dokumen tanda bahwa kelahiran Anda tercatat oleh negara. Setiap warga negara Indonesia idealnya memiliki berkas ini. Hanya beberapa orang tua yang telah lahir pada era penjajahan saja yang mungkin tak memiliki berkas ini karena alasan teknis. Beberapa orang yang lahir pada era 1950 atau 1960 juga tak memilikinya, karena pada masa itu akta kelahiran dianggap kurang penting.

SKCK, Pas Foto, Ijazah, dan KK, Syarat Kerja di Malaysia yang Tidak Boleh Terlewat

caucasian man working shoot 53876 30174 - Apa Saja Syarat Kerja di Malaysia yang Harus Dipenuhi?

Setiap berkas ini biasanya diperlukan ketika Anda mendaftar melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia atau PJTKI. Sebagai kelengkapan berkas dan untuk keperluan pendataan, setiap berkas ini harus dicantumkan sehingga PJTKI memiliki data lengkap mengenai identitas Anda yang akan mendaftar. Untuk SKCK, biasanya secara administratif diperlukan sebagai bukti bahwa Anda telah dianggap berkelakuan baik karena mendapat keterangan resmi.

Surat Izin Keluarga

Nah, untuk berkas yang satu ini merupakan berkas bukti bahwa keluarga mengizinkan Anda untuk bekerja di luar negeri. Berkas ini penting karena akan dianggap sebagai pernyataan bahwa tidak ada rasa keberatan dari keluarga yang akan ditinggalkan. Biasanya format untuk surat izin keluarga sudah disiapkan oleh PJTKI yang Anda datangi. Yang terpenting, informasi yang tercantum adalah pernyataan mengizinkan dari sisi keluarga.

Lulus Tes, Ikuti Setiap Prosedur dan Anda Siap Kerja di Malaysia!

teamwork business leadership wood block concept 101448 105 - Apa Saja Syarat Kerja di Malaysia yang Harus Dipenuhi?

Setelah melengkapi setiap berkas yang diberikan, selanjutnya Anda harus menjalani setiap prosedur yang diberikan oleh PJTKl. Biasanya akan diadakan serangkaian tes untuk melihat apakah Anda dapat memenuhi standar yang ditentukan. Tes ini akan diadakan sesuai dengan keperluan dari kemampuan yang dibutuhkan di negara tujuan, dalam hal ini Malaysia.

Jika Anda lulus setiap tes yang diberikan, Anda akan diberikan informasi mengenai tahap selanjutnya. Idealnya, tahap akhir dari seleksi adalah pembekalan akhir yang diberikan pada Anda yang dianggap memenuhi setiap standar yang diberikan. Penyuluhan ini berguna untuk memberikan pemahaman mengenai hak dan kewajiban Anda sebagai TKI ketika berada di Malaysia.

Tanda Tangan Kontrak dan Pelaporan Kedatangan

Tahap akhir atau syarat terakhir untuk bekerja di negeri jiran adalah penandatangan kontrak serta pelaporan ketika Anda sampai di negara tujuan. Sebelum ditandatangani, simak baik-baik poin yang ada di dalam surat kontrak tersebut agar tidak ada poin yang merugikan Anda sebagai TKI di Malaysia. Setelah sampai di negara tersebut, segera laporkan kedatangan Anda di perwakilan Indonesia seperti di kedutaan besar dan sejenisnya.

 

Bekerja di Malaysia tentu memiliki harapan besar agar dapat membantu ekonomi keluarga di rumah secara keseluruhan. Pengiriman uang hasil jerih payah, untuk beberapa kasus menemui banyak kendala. Mulai dari pengiriman yang berbiaya mahal, penyalahgunaan dana yang dikirimkan dan lain sebagainya.

Masalah tersebut, terkait dengan topik kerja di Malaysia, dapat Anda selesaikan dengan Qelola. Layanan Qelola dapat membantu Anda mengirimkan uang dari Malaysia ke Indonesia dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada transfer langsung, pembayaran tagihan rutin yang dapat dilakukan juga secara langsung, sehingga setiap rupiah yang Anda kirimkan benar-benar dapat dimanfaatkan untuk keperluan pokok. Hal ini tentu memberikan Anda kendali penuh pada penghasilan yang didapatkan dan mengurangi resiko penyalahgunaan uang tersebut. Anda bisa mendapatkan aplikasinya di sini, dan menikmati setiap layanan Qelola dengan biaya yang sangat ekonomis. Segera unduh aplikasinya dan nikmati setiap fiturnya!

 

Tags: , , ,