Apa Itu CV dan Bagaimana Membuat CV untuk TKI? Simak Disini!

cv e1586181540712 - Apa Itu CV dan Bagaimana Membuat CV untuk TKI? Simak Disini!

Curriculum Vitae atau yang biasa disingkat CV tentu sudah tidak asing bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan. CV ini adalah salah satu dokumen penting yang harus disertakan bersama dengan surat lamaran kerja. Curriculum Vitae ini bahkan memegang peranan penting terhadap kemungkinan diterima atau tidaknya Anda di perusahaan atau tempat Anda mengajukan lamaran kerja. Jadi sebenarnya apa itu CV?

Curriculum Vitae juga memiliki julukan lain seperti resume atau daftar riwayat hidup. Yang pasti, bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan atau berusaha meraih pekerjaan idaman harus memperhatikan pembuatan CV. Karena CV yang Anda buat sifatnya harus menjual dan membuat pemilik perusahaan tertarik untuk meminang Anda sebagai karyawannya. Nah, supaya Anda tidak salah langkah dalam penulisan CV artikel berikut akan mengulas tentang apa itu CV, fungsinya, dan juga cara membuatnya. Jangan lewatkan ya!

Ketahui Lebih Jauh Apa Itu CV

cv 2 700x466 - Apa Itu CV dan Bagaimana Membuat CV untuk TKI? Simak Disini!

Sumber: http://www.mpssoft.co.id/

Curriculum Vitae atau resume adalah dokumen yang menjabarkan secara detail identitas diri Anda, pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi, serta keterangan penting lainnya. Selain itu, sisi positif yang menonjol pada diri Anda dapat dituangkan melalui Curriculum Vitae agar pemilik perusahaan terkesan dengan profil Anda. Sebisa mungkin, informasi yang ada di CV adalah keterangan yang benar, menarik, menjual, dan meyakinkan. Bahkan, CV ini bisa menjadi selembar kertas yang sangat krusial yang akan menentukan lolos tidaknya Anda saat melamar pekerjaan. 

Kenapa CV sangat penting? Baik bagi pelamar kerja ataupun perusahaan sama-sama menganggap dokumen satu ini layak untuk jadi pertimbangan penentu. Bagaimana tidak? Melalui CV perusahaan dapat mengetahui dengan pasti riwayat dan pengalaman yang selama ini sudah dijalani oleh pelamar. Jadi perusahaan dapat memutuskan apakah pengalaman sebelumnya itu berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilakoni jika diterima nanti. Jadi, lebih mudah bagi suatu perusahaan untuk melakukan evaluasi dan menentukan apakah si pelamar ini adalah orang yang selama ini dibutuhkan.

Bagaimana Cara Membuat CV yang Baik?

EP 3 1 - Apa Itu CV dan Bagaimana Membuat CV untuk TKI? Simak Disini!

Dikarenakan Curriculum Vitae ini sangat penting, jadi Anda tidak boleh sembarangan dalam membuatnya. Alih-alih akan membuat perusahaan melirik, bisa-bisa malah menjatuhkan Anda jika salah dalam membuatnya. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membuat Curriculum Vitae.

  • Membuat Penelitian Perusahaan/Job Research

Pertama-tama Anda bisa melakukan survey tentang perusahaan tempat tujuan lamaran pekerjaan Anda. Bagaimana profil perusahaan tersebut, posisi apa yang tepat untuk Anda lamar, fasilitas dan asuransi apa yang diberikan serta mengapa Anda melamar ke perusahaan tersebut. Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan sehingga dapat menambah wawasan Anda dalam menuliskan CV. 

Anda bisa mencari informasi tersebut secara online di internet, melalui teman atau kerabat yang pernah bekerja di perusahaan tersebut. Jika Anda sudah tahu pasti seluk beluk perusahaan, bukan hanya akan bermanfaat saat menulis CV tapi juga saat wawancara kerja nantinya.

  • Tahu Pasti Isi dari Suatu CV

Bagi pelamar kerja baru tentunya belum akrab dengan apa itu CV dan bagaimana cara membuatnya. Daripada bingung dan berandai-andai, Anda bisa mencari tahu lewat internet atau mempelajari CV dari teman yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, curriculum vitae ini sangat penting karena menentukan kualitas diri Anda. 

Umumnya, CV ini berisi tentang identitas pribadi, riwayat pendidikan, kepribadian, skill yang dimiliki, pengalaman kerja sebelumnya dan catatan tambahan penting lainnya. Pengalaman organisasi dan sertifikat-sertifikat kegiatan yang menunjang pekerjaan di perusahaan yang Anda lamar juga tak ada salahnya untuk disertakan. Bagi Anda yang sudah berpengalaman atau memiliki jabatan tertentu di perusahaan sebelumnya, jangan lupa untuk menyertakan surat paklaring. Selain CV, surat paklaring juga sangat penting dan bisa jadi dokumen pendukung diterimanya Anda di perusahaan tujuan.

  • Membuat CV Semenarik Mungkin

Walaupun perusahaan mungkin akan fokus terhadap apa yang Anda tuliskan di CV, tidak ada salahnya untuk memperhatikan desain dan format tampilan CV. Walaupun terkesan sepele namun jika Anda memilih desain yang menarik, bisa jadi hal ini akan menjadi nilai plus. Setelah Anda selesai menulis CV, pastikan juga Anda membaca ulang agar tidak ada kesalahan tulis.

Bagaimana Membuat CV untuk Bekerja di Luar Negeri?

Bagi Anda yang ingin mengadu nasib di luar negeri tentu juga harus membuat CV yang menarik bagi perusahaan. Untuk TKI sendiri, Anda biasanya harus mengajukan surat lamaran dan CV ke Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia/PJTKI. Walaupun mayoritas pekerja yang direkrut PJTKI adalah pekerjaan rumah tangga, namun membuat CV yang menarik juga penting. 

Hal-hal yang harus diperhatikan bagi calon TKI dalam membuat CV juga kurang lebih sama dengan yang sudah diulas pada paragraf sebelumnya. Namun, wawasan tentang bahasa asing tentunya akan jadi kelebihan yang cukup menentukan karena nantinya akan dikirim ke mancanegara. Ketahui dan pelajari juga syarat-syarat menjadi TKI yang baik sebelum Anda mengirimkan surat lamaran dan CV.

Bagi yang ingin menjadi TKI di Malaysia, selain harus tahu apa itu CV Anda juga harus tahu bagaimana cara mengirim uang yang praktis pada keluarga di tanah air. Alasan utama anda menjadi TKI tentunya ingin memperbaiki ekonomi dan membantu keluarga tercinta bukan? Pada akhirnya upah yang nanti akan diterima pasti akan diperuntukan untuk keluarga di Indonesia. Nah oleh karena itu, Anda juga harus tahu bagaimana melakukan pengiriman uang ke Indonesia yang cepat, mudah, dan aman.

EP 5 6 2 - Apa Itu CV dan Bagaimana Membuat CV untuk TKI? Simak Disini!

 

Bagi TKI di Malaysia bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk kirim-kirim uang ke Indonesia. Jadi Qelola adalah sebuah platform atau aplikasi pembayaran yang didesain khusus untuk para TKI di Malaysia dalam transfer uang ke Indonesia. Selain untuk transfer uang, aplikasi Qelola juga menawarkan fitur lainnya. Fitur tersebut seperti pembayaran listrik, air, BPJS, dan TV Kabel di tanah air.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian pulsa dan internet atau mengirimkan pulsa ke sanak saudara di tanah air. Untuk penggemar game online bahkan bisa melakukan pembelian voucher game. Melakukan transfer uang dan pembayaran tagihan lewat aplikasi Qelola tidak dipungut biaya sampai tanggal 15 April 2020. Selanjutnya Anda hanya akan dikenakan biaya transfer 1 ringgit saja untuk tiap transaksi.

Bagaimana cara menikmati layanan tersebut? Cukup mudah, Anda hanya perlu mendownload aplikasi Qelola melalui Playstore di ponsel. Setelah terpasang di ponsel, lakukan registrasi nomor dan login ke akun Qelola. Jika sudah berhasil Anda bisa melakukan top up saldo untuk selanjutnya bisa melakukan berbagai transaksi langsung dari HP. Tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola dan rasakan kemudahan kirim-kirim uang dari mana saja dan kapan saja.

Tags: , , , , ,