Mengapa Universiti Utara Malaysia Patut di Pertimbangkan? Ini Jawabannya

Universiti Utara Malaysia

Didirikan pada tahun 1984, Universiti Utara Malaysia (UUM) adalah salah satu universitas negeri keenam terbaik yang berada di Malaysia. Awal didirikannya universitas ini bertujuan untuk melatih dan menghasilkan para profesional yang sangat dibutuhkan dalam bidang bisnis dan manajemen, baik dalam pasar lokal maupun internasional. Di kampus ini terdapat 3 perguruan tinggi utama, yaitu UUM College of Arts and Sciences, UUM College of Business, dan UUM College of Law, Government and International Studies. Universiti Utara Malaysia juga masuk dalam jajaran universitas terbaik dunia yang patut Anda pertimbangkan.

Inilah beberapa alasan yang mungkin bisa Anda pertimbangkan dalam memilih kampus ini untuk studi sarjana hingga doktor.

1. Lingkungan yang Sangat Indah dan Asri Namun Tetap Modern

Tidak dipungkiri bahwa salah satu alasan utama para mahasiswa memilih Universiti Utara Malaysia adalah karena lingkungannya yang sangat indah dan asri. Kampus ini bahkan dikenal dengan sebutan ‘The University in a Green Forest’ karena lingkungan kampus yang dikelilingi dengan pemandangan alamnya yang mempesona. Dengan udara yang segar dan suasana yang tentram akan membuat mahasiswa merasa rileks dalam menjalani studi selama di kampus. Walaupun dikelilingi dengan pemandangan alam sedemikian rupa, kampus ini tetap memiliki semua fasilitas yang diperlukan layaknya kampus modern yang berada di ibukota. Kampus yang terletak di Sintok ini awalnya merupakan area penambangan timah yang dikelilingi pemandangan hutan tropis serta perbukitan. Tidak heran jika kampus ini menjadi salah satu kampus dengan pemandangan paling indah dan juga modern di wilayah utara.

 

UUM 2 - Mengapa Universiti Utara Malaysia Patut di Pertimbangkan? Ini Jawabannya

Sumber: rimbahijau.uum.edu.my

2. Kesempatan Belajar di Salah Satu Universitas Terbaik Dunia

Sebagai salah satu universitas yang masuk dalam jajaran kelas dunia, Universiti Utara Malaysia merupakan tempat yang sangat tepat bagi Anda yang ingin belajar banyak hal baru. Tahun 2020, UUM berada di peringkat 591 dari 600 universitas terbaik dunia yang membuat kualitas pendidikan serta saran kampus ini tidak perlu diragukan lagi. Dengan standar internasional, kampus ini tentu mampu mengakomodasi mahasiswa asing dari berbagai negara di seluruh dunia. Bahasa utama yang harus digunakan tentunya adalah bahasa Inggris. Jika Anda ingin melanjutkan studi di kampus ini, maka Anda harus mengikuti tes bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, atau MUET sesuai dengan standar jurusan yang telah ditentukan.

3. Biaya Hidup dan Kuliah yang Lebih Terjangkau

Jika dibandingkan dengan area lain seperti di Kuala Lumpur, biaya hidup kampus di daerah Sintok ini jauh lebih terjangkau. Dengan biaya yang terjangkau Anda bisa menikmati pendidikan berkualitas dengan sarana terbaik yang dimiliki oleh kampus ini. Sama seperti di Indonesia, biaya dikeluarkan untuk bayaran semester tergantung dari seberapa banyak SKS yang Anda ambil. Namun, semua kembali ke pribadi Anda, karena jika membahas soal biaya tentunya Anda yang paling mengerti bagaimana cara mengatur keuangan dengan sebaik mungkin.

4. Banyak Sarana dan Prasarana yang Tersedia

4d1de3f2d386aa519f35168d69b4900e - Mengapa Universiti Utara Malaysia Patut di Pertimbangkan? Ini Jawabannya

Sumber: pinterest.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, walaupun kampus ini berada di daerah dengan pemandangan alam serta perbukitan, kampus ini tetap menyediakan sarana dan prasarana terbaik bagi mahasiswanya. Kampus memastikan akomodasi untuk semua siswa dengan memiliki 15 ruang asrama mahasiswa yang dapat menampung sekitar 20.000 mahasiswa. Bangunan utama yang bisa Anda gunakan yaitu Perpustakaan Sultanah Bahiyah, Masjid Sultan Badlishah, Aula Tan Sri Othman, pusat olahraga, bus kampus dan mall. Bahkan untuk Anda yang sudah berkeluarga juga disediakan, jadi Anda tidak perlu khawatir. Fasilitas yang bisa Anda dapatkan yaitu perabotan kamar, listrik, air, dan Wi-Fi.

5. Persatuan Pelajar Indonesia di Universiti Utara Malaysia (PPI UUM)

Bagi Anda calon mahasiswa yang berasal dari Indonesia tidak perlu khawatir karena di kampus tersebut Anda bisa bergabung dalam komunitas PPI UUM. Tujuan dari komunitas ini adalah untuk membantu calon mahasiswa yang berasal dari Indonesia dalam memudahkan studi mereka salam di Malaysia. Selain itu, mahasiswa di kampus ini yang berasal dari Indonesia bisa dibilang lumayan banyak. Maka dari itu dengan adanya komunitas ini diharapkan dapat membuat mahasiswa yang berasal dari Indonesia untuk bisa saling membantu dan belajar bersama selama menjalani masa perkuliahan di kampus. Tapi jangan lupa untuk tetap bersosialisasi dengan teman teman dari negara lainnya karena ini adalah kesempatan bagi Anda untuk belajar banyak hal dari berbagai sudut pandang secara luas.

Setelah membaca 5 poin di atas, apakah Anda semakin yakin untuk melanjutkan studi di Universiti Utara Malaysia? Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan belajar di salah satu kampus terbaik di Malaysia ini. Karena kuliah di luar negeri merupakan keputusan besar, banyak persyaratan yang harus dipersiapkan. Mulai dari tes TOEFL, tes IELTS, sertifikat keterampilan tambahan, dan sebagainya. Maka persiapkan cita-cita Anda tersebut dari sekarang.

Salah satu bentuk persiapan lainnya adalah dengan mengetahui tips dan trik mengatur keuangan selama kuliah di luar negeri. Untuk memudahkan Anda menerima biaya hidup di Malaysia, jangan ragu gunakan aplikasi Qelola. Fitur-fiturnya akan memudahkan Anda mendapat kiriman uang saku dengan biaya transfer yang jauh lebih murah daripada media transfer yang lain. Terlebih lagi Qelola beberapa kali memiliki promo biaya transfer menarik. Yuk, download Qelola sekarang juga di sini.

Baca Juga: Intip Berapa Biaya Akomodasi yang Diperlukan Mahasiswa di Malaysia

Tags: , , , , ,