6 Alasan Utama Orang Indonesia Pilih Berobat di Malaysia

berobat di malaysia

Berobat di Malaysia hingga saat ini masih menjadi cara alternatif yang banyak dipilih masyarakat Indonesia untuk menyembuhkan penyakitnya. Pada dasarnya, fasilitas dan teknologi di Indonesia sebenarnya sudah cukup memadai untuk pengobatan. Hanya saja, bagi masyarakat yang mungkin membutuhkan penanganan medis yang lebih profesional hal itu masih dirasa kurang. Akhirnya, berobat di Malaysia menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan.

Malaysia memang menjadi salah satu negara yang banyak dituju oleh masyarakat mancanegara untuk berobat. Berdasarkan data dari Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), sebagian besar pasien mancanegara yang berobat di Malaysia berasal dari negara-negara tetangga seperti Singapura, Vietnam, dan Indonesia. Ada setidaknya 80% pasien dari mancanegara tersebut berasal dari Indonesia. Tepatnya, tercatat sudah ada sekitar 900 ribu orang Indonesia yang berobat ke Malaysia di tahun 2018.

Dengan angka sebesar itu, Malaysia telah menjadi negara tujuan favorit bagi orang Indonesia untuk berobat ke luar negeri. Lantas, alasan apa saja yang membuat banyak orang Indonesia memilih berobat di Malaysia? Yuk, simak selengkapnya di sini!

1. Hasil Pengobatan yang Optimal

asian senior patient hospital bed discussing with female doctor 1339 76791 - 6 Alasan Utama Orang Indonesia Pilih Berobat di Malaysia

Bagi setiap orang yang terserang penyakit, kesembuhan yang optimal tentu menjadi harapan utama. Inilah yang menjadi alasan utama orang Indonesia berobat di Malaysia. Pelayanan kesehatan yang berkualitas dan memenuhi standar mampu menjamin pasien mendapatkan kesembuhan yang optimal. Para dokter di Malaysia sebagian besar ahli dalam bidang kesehatan seperti pengobatan kanker, gangguan reproduksi, kardiovaskular, dan prosedur transplatasi organ.

Mereka juga memiliki sertifikasi internasional sehingga kualitas pengobatannya tidak kalah dengan rumah sakit di negara maju seperti Amerika, Inggris, dan Australia. Selain itu, tidak ada perbedaan kualitas tenaga medis di antara rumah sakit umum dan swasta di Malaysia. Jadi, di manapun Anda berobat, Anda akan mendapatkan kualitas dan hasil pengobatan yang sama.

2. Kualitas Pelayanan Berobat Terjamin

Setiap pasien pasti menginginkan pelayanan yang berkualitas, mulai dari proses administrasi, konsultasi dengan dokter, hingga kemudahan menerima perawatan dan pengobatan. Malaysia adalah salah satu negara yang mampu memberikan layanan seperti itu. Rumah sakit di Malaysia menjamin keramahan setiap petugas kesehatannya. Selain itu, sistem pendaftaran di setiap rumah sakit di Malaysia sangat efisien dan terorganisir sehingga durasi antrean untuk berobat menjadi singkat.

Bahkan, pada beberapa kasus rawat inap, pasien bisa langsung diterima di ruang rawat inap tanpa ribet mengurus proses administrasi atau menerima prosedur tes terlebih dahulu. Pada kasus rawat jalan, pasien juga langsung menerima resep dan obat-obatan sebagai penanganan utama. Beberapa rumah sakit di Malaysia juga menawarkan layanan antar jemput pasien dan keluarga di bandara. Dengan kualitas pelayanan sebagus itu, tak heran banyak pasien mancanegara suka berobat di Malaysia.

3. Akreditasi Internasional

asian male doctor talking young child wheelchair mother concept hospital care 41471 5269 - 6 Alasan Utama Orang Indonesia Pilih Berobat di Malaysia

Sebagian besar rumah sakit di Malaysia telah memiliki akreditasi internasional yang diperoleh melalui instansi kualitas pelayanan kesehatan seperti Joint Commision International (JCI) dan International Organization Standardization (ISO) 9000. Dengan label akreditasi tersebut, orang Indonesia yang berobat di Malaysia tidak perlu ragu lagi dengan kualitas pelayanan yang ditawarkan. Sebab, rumah sakit yang memiliki akreditasi internasional akan lebih mampu mengatur dan memperkuat upaya keselamatan pasien. Selain itu, rumah sakit tersebut juga memiliki manajemen risiko dan reduksi risiko pelayanan yang bagus sehingga mampu menjamin kualitas dan keamanan perawatan, pengobatan, serta pelayanan pasien.

Baca Juga: Ingin Berobat ke Penang Malaysia? Ini Tips & Langkahnya

4. Fasilitas Lengkap dan Modern

Malaysia menjadi salah satu negara pusat pelayanan kedokteran di Asia Tenggara. Untuk menunjang kualitas pelayanan tersebut, pemerintah Malaysia selalu memberikan insentif kepada rumah sakit dalam hal pemutakhiran alat-alat kedokteran dan fasilitas lainnya. Dengan upaya itu, tak heran fasilitas dan alat-alat kesehatan di rumah sakit Malaysia sangat lengkap dan modern. Bahkan alat-alat kesehatan yang digunakan umumnya adalah teknologi kedokteran yang unggul dan canggih. Hal ini tentu meningkatkan kepercayaan pasien terhadap kualitas pelayanan yang ditawarkan. Selain itu, beberapa rumah sakit di Malaysia juga mengutamakan desain bangunan yang estetik dan ruangan yang nyaman sehingga pasien bisa lebih rileks selama pengobatan.

5. Tidak Terkendala Komunikasi

asian man doctor talking young child mother prevention health care concepts 41471 3297 - 6 Alasan Utama Orang Indonesia Pilih Berobat di Malaysia

Alasan lain yang membuat orang Indonesia memilih berobat di Malaysia adalah karena dokter dan perawat di rumah sakit Malaysia sangat terlatih dan fasih berbahasa Inggris. Bahkan, banyak perawat yang mampu berbahasa Indonesia. Hal ini tentu membuat akses komunikasi antara pasien dan petugas kesehatan berjalan lancar tanpa terkendala bahasa. Tak hanya itu, para dokter spesialis di Malaysia juga tidak segan-segan meluangkan waktu dan memberi perhatian yang banyak untuk pasien. Mereka juga mampu berkomunikasi secara artikulatif dan memberikan penjelasan yang baik tentang kondisi kesehatan pasien.

6. Biaya Berobat di Malaysia Cukup Terjangkau

Biaya berobat di Malaysia masih terbilang murah jika dibandingkan dengan berobat ke negara lain seperti Singapura, Amerika, Inggris, dan Australia. Dengan fasilitas dan kualitas layanan yang sama dengan negara-negara tersebut, berobat di Malaysia bisa menghemat 30-50 persen biaya pengobatan.

Menariknya, pemerintah Malaysia telah menetapkan standar biaya pengobatan untuk setiap jenis penyakit, baik di rumah sakit umum maupun swasta. Misalnya, biaya pengobatan untuk cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL), seluruh pengobatan mulai dari konsultasi, pengobatan, hingga ruang rawat inap hanya memakan biaya sekitar Rp27,5 jutaan. Sementara di Amerika Serikat, untuk prosedur penanganan penyakit yang sama mungkin akan menghabiskan biaya sekitar Rp247 jutaan. Berobat di Malaysia tentu jauh lebih murah bukan?

Jangan khawatir, standar biaya tersebut juga berlaku bagi pasien mancanegara. Selain biaya pengobatan, biaya hidup selama berobat di Malaysia juga cukup terjangkau. Rata-rata biaya hidup di Malaysia termasuk dengan biaya akomodasi, makanan, hingga transportasi sekitar Rp6 – Rp10 juta per bulan. Pada prinsipnya, tetaplah disiplin mengelola keuangan selama berobat di Malaysia. Pengelolaan keuangan yang baik akan melancarkan biaya pengobatan hingga kesembuhan Anda di sana. Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, terutama dalam urusan transfer uang dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia, pastikan Anda menggunakan aplikasi Qelola. Dengan berbagai fitur menarik Qelola, Anda bisa melakukan berbagai transaksi keuangan secara praktis, cepat, dan murah. Ayo, unduh aplikasi Qelola sekarang juga dan nikmati manfaat dari setiap fiturnya!

Tags: , , , , , , , , , ,