Simak Tips Ini Saat Melakukan Kiriman Wang ke Indonesia

Kiriman wang

Melakukan kiriman wang (uang) menjadi hal yang sering dilakukan oleh pekerja migran Indonesia di Malaysia. Malaysia sendiri menjadi negara tujuan utama Tenaga Kerja Indonesia (TKI), yaitu mencapai 90.671 pekerja. Malaysia juga terbilang memiliki hubungan bilateral yang baik dengan Indonesia. Tak heran jika arus keuangan dari Malaysia ke Indonesia ataupun sebaliknya termasuk padat. Ditambah lagi, di era globalisasi saat ini membuat perputaran uang berjalan begitu cepat.

Inilah mengapa dibutuhkan tips melakukan kiriman wang yang efektif, praktis, dan efisien. Saat ini, banyaknya layanan pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia, membuat siapa saja semakin mudah melakukan kiriman wang ke Indonesia. Adanya jasa tersebut juga meningkatkan nilai transaksi keuangan. Akan tetapi, tidak semua jasa layanan keuangan mampu memberikan keuntungan sekaligus kenyamanan. Oleh sebab itu, sebelum Anda melakukan kiriman wang ke Indonesia dari Malaysia, penting untuk mengetahui hal-hal berikut ini.

Pastikan Jasa Layanan untuk Kiriman Wang Aman

pos credit card settlement instead cash settlement shopping 1359 1162 - Simak Tips Ini Saat Melakukan Kiriman Wang ke Indonesia

Sebelum memilih layanan keuangan untuk melakukan kiriman wang, pastikan jasa tersebut aman dan terpercaya. Jasa layanan keuangan yang aman umumnya akan memiliki perizinan dan pengawasan. Di Indonesia, perizinan dan pengawasan tersebut berasal dari Bank Indonesia dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan. Jasa layanan pengiriman uang yang terpercaya akan bergabung dengan asosiasi seperti APPUI (Asosiasi Penyelenggara Pengiriman Uang Indonesia). Dengan memastikan hal-hal tersebut, Anda bisa terhindar dari masalah yang tidak diinginkan. Misalnya, uang tidak sampai ke penerima, pajak terlalu besar, dan sebagainya.

Pastikan rekam jejak pengirim dan layanan pengiriman uang jelas. Kiriman wang ke Indonesia harus dengan pengawasan pihak-pihak terkait seperti pihak bank atau pihak jasa layanan pengiriman uang (remitansi). Terutama, jika Anda akan mengirimkan dalam jumlah besar hingga ratusan bahkan miliaran rupiah. Pengawasan ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi tindak kejahatan (money laundering). Oleh karena itu, kedua belah pihak, pengirim dan jasa layanan keuangan harus memastikan dari mana uang itu berasal dan tujuan pengirimannya untuk apa.

Perhatikan Biaya Kiriman Wang dan Nilai Mata Uang

malaysian money black wallet 52793 272 - Simak Tips Ini Saat Melakukan Kiriman Wang ke Indonesia

Indonesia menganut sistem devisa bebas. Artinya, jumlah nominal dalam melakukan kiriman dan penerimaan wang tidak dibatasi. Tidak ada batasan ini memang memudahkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dalam melakukan kiriman wang. Walaupun demikian, sebelum melakukan pengiriman, Anda perlu memperhatikan berapa biaya pengiriman pada jasa layanan keuangan yang Anda gunakan. Di beberapa tempat, pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia akan dikenai biaya pengiriman dalam jumlah yang relatif besar. Beberapa tempat menghitung biaya dengan persentase flat free.

Walaupun terlihat sepele, apabila Anda mengirimkan uang dalam jumlah besar dan berulang-ulang, hal ini tentu memengaruhi biaya pengeluaran. Maka dari itu, Anda bisa mempertimbangkan jasa pengiriman uang dan pembayaran yang memiliki biaya rendah. Sebelum melakukan kiriman wang, Anda patut melakukan cek berapa nilai tukar mata uang Malaysia ke Indonesia terlebih dahulu. Jika hal ini tidak dilakukan, Anda mungkin saja akan kebingungan dalam mendapatkan perbandingan nilai tukar mata uang yang tepat. Nilai tukar mata uang bisa naik atau turun dalam waktu cepat. Oleh karena itu, carilah layanan yang mengunci nilai tukar mata uang agar tidak membuat Anda rugi jika nilai tukar tiba-tiba tinggi.

Cari Jasa Pengiriman Wang yang Cepat dan Mudah

malaysian money counting machine 52793 989 - Simak Tips Ini Saat Melakukan Kiriman Wang ke Indonesia

Mencari jasa pengiriman uang yang cepat dan mudah akan menjadi faktor kelancaran dalam melakukan kiriman wang dari Malaysia ke Indonesia. Jasa layanan pengiriman uang yang terpercaya umumnya akan memiliki target kiriman sampai dengan cepat maksimal 24 jam setelah dikirimkan. Tak hanya itu, layanan untuk dapat mengakses kapan saja dan di mana saja dalam melakukan kiriman uang perlu Anda pertimbangkan. Hal tersebut akan memudahkan dan menghemat waktu Anda saat proses kiriman, sehingga Anda bisa mengerjakan hal lain yang lebih penting. 

Melakukan Kiriman Wang dengan Aplikasi Qelola

Qelola merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan kiriman wang ke Indonesia secara efektif kapan saja dan di mana saja. Qelola menawarkan layanan yang beragam, seperti e-wallet, transfer uang internasional & domestik, dan layanan multi-billing untuk pembayaran segala kebutuhan Anda. Beberapa fitur lain yang ditawarkan untuk pilihan produk keuangan seperti deposito, reksadana dan instrumen investasi lainnya juga tersedia. Dengan berbagai fitur tersebut, transaksi yang dilakukan akan berjalan semakin mudah. Cara yang digunakan pun tidak rumit, cukup unduh aplikasi Qelola, registrasi, isi data, dan mulai bertransaksi.

Melalui Qelola, Anda bisa mengirimkan dan melakukan pembayaran dengan aman dan terjangkau. Qelola juga memiliki pos pengeluaran sehingga kiriman wang dapat difungsikan maksimal sesuai kebutuhan keluarga. Beragam tagihan dan transfer uang dapat Anda lakukan hanya dengan aplikasi Qelola di smartphone mu. Unduh aplikasi sekarang juga dengan klik di sini.

Tags: , , , , , ,