Kedutaan Indonesia di Malaysia, Beginilah Peran dan Tugasnya

kedutaan indonesia di malaysia

Kedutaan Indonesia di Malaysia menjadi lembaga tempat bernaung Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di sana. Kedutaan Besar Republik Indonesia atau yang biasa disingkat KBRI di Malaysia memiliki tugas melindungi warga dan kepentingan politik Indonesia di negara tersebut. Saat berada di Malaysia, umumnya seseorang akan mencari tahu kemana dan siapa yang harus pertama kali dihubungi untuk meminta bantuan, perlindungan hukum, dan mengurus persoalan dokumen administratif. Jawabannya bukan keluarga maupun kerabat dekat, melainkan Kedutaan Indonesia di Malaysia. Lembaga ini akan mengurusi segala hal yang berkaitan dengan Indonesia, termasuk masalah pekerjaan dan pendidikan.

Kedutaan Indonesia di Malaysia beralamat di Jalan Tun Razak No. 233, Kuala Lumpur, Malaysia. Lembaga ini beroperasi dan menerima layanan dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore berdasarkan waktu Malaysia. Pada dasarnya, Kedutaan Indonesia merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah Indonesia yang punya kewenangan layaknya lembaga negara lainnya. Kedutaan ini dipimpin oleh seorang Duta Besar yang menurut Pasal 13 ayat 1 UUD 1945 diangkat oleh Presiden. Lantas, apa saja peran dan tugas dari lembaga ini? Simak poin-poinnya berikut ini.

1. Menjalin Hubungan Baik dengan Malaysia

double exposure image business finance 31965 1541 - Kedutaan Indonesia di Malaysia, Beginilah Peran dan Tugasnya

Kedutaan Indonesia menjadi wakil negara yang bertugas menjalin hubungan baik dengan Malaysia. Bekerja di bawah koordinasi Menteri Luar Negeri sebagai pemimpin dari Departemen Luar Negeri. Kedutaan Indonesia dalam hal ini menjadi mediator untuk merepresentasikan Indonesia sebagai sahabat baik bagi negara Malaysia. Lembaga ini umumnya memiliki agenda sendiri untuk mempererat hubungan dengan Malaysia, yang disesuaikan dengan kondisi sosial dan budaya negara tersebut.

Tak hanya itu, lembaga ini juga bertugas memperbaiki komunikasi Indonesia dengan Malaysia yang bersifat politis. Dalam tugasnya, Duta Besar dibantu oleh satu perangkat “Korp Diplomatik” yang terdiri dari Kuasa Usaha dan Atase-Atase. Sedangkan dalam tugas membina hubungan yang bersifat non-politis, Duta Besar dibantu oleh Korp Konsuler yang terdiri atas Konsul Jenderal, Konsul, dan Wakil Konsul.

2. Mewakili Indonesia dalam Ratifikasi

rear side audiences sitting listening speackers stage 41418 2175 - Kedutaan Indonesia di Malaysia, Beginilah Peran dan Tugasnya

Ratifikasi adalah upaya mengingatkan diri pada kerja sama dan perjanjian internasional. Artinya, proses ratifikasi bersumber dari hukum internasional yang lahir dari perjanjian internasional dan dijadikan hukum nasional. Misalnya, terkait kesepakatan batas-batas wilayah dengan negara lain, dalam hal ini Malaysia. Ratifikasi nantinya akan disahkan dan disetujui oleh DPR dalam bentuk Undang-Undang (UU).

Lembaga ini memainkan peran penting tentang bagaimana secara politis Indonesia mampu bersaing dan membuat suara negara Indonesia lebih didengar oleh dunia khususnya Malaysia. Duta Besar yang berkualitas akan membuat keputusan yang tidak akan merugikan Indonesia baik secara materiil maupun nonmateriil.

3. Kedutaan Indonesia Melakukan Penegakan Hukum

male lawyer judge working with contract papers law books wooden gavel table courtroom justice lawyers law firm law legal services concept 28283 1375 - Kedutaan Indonesia di Malaysia, Beginilah Peran dan Tugasnya

Penegakan hukum dalam hal ini adalah usaha menindak dan menertibkan pelaksanaan peraturan hukum. Ruang lingkup yang menjadi tanggung jawab Kedutaan Indonesia di Malaysia adalah pelaksanaan hukum yang berkaitan dengan perjanjian antara negara atau ratifikasi, serta persoalan politis yang belum menjadi ratifikasi. Kedutaan Indonesia juga bertugas memberikan dan memenuhi hak-hak perlindungan hukum bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Malaysia. Perlindungan hukum tersebut dapat berupa mencari penyelesaian masalah hukum atas WNI tersebut dan mendampingi jalannya proses hukum hingga selesai.

4. Kedutaan Indonesia Membantu Keperluan Administratif WNI

Seperti yang telah dijelaskan di awal, Kedutaan Indonesia di Malaysia juga membantu keperluan-keperluan WNI yang berada di sana. Terlebih, dalam hal keperluan administratif seperti dokumen atau surat penting. Kedutaan Indonesia dapat membantu WNI dalam pelayanan mengurus paspor, visa, legalisasi dokumen, surat keterangan WNI, dan sebagainya.

Tak hanya administratif, lembaga ini juga berperan sebagai penghubung WNI di Malaysia. Oleh karena itu, Kedutaan Indonesia di Malaysia berperan untuk membuat data organisasi Indonesia apa saja yang bisa diikuti WNI di Malaysia.

Itulah peran dan tugas dari Kedutaan Indonesia di Malaysia. Pada dasarnya, lembaga tersebut berperan sebagai pelindung dan penegak hukum bagi WNI serta bertugas menjadi mediator Indonesia dan Malaysia. Penting bagi Anda untuk mengetahui tugas dan peran Kedutaan Indonesia yang dapat menjadi lembaga perlindungan Anda selama berada di Malaysia. Lembaga ini akan membantu keperluan administratif Anda selama di sana. Tak hanya keperluan administratif, Anda juga perlu mengetahui cara yang dapat mempermudah Anda melakukan pembayaran dan pengiriman uang di Malaysia. Salah satu caranya adalah melalui aplikasi Qelola.

Qelola merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan kiriman uang ke Indonesia secara efektif kapan saja dan di mana saja. Qelola menawarkan layanan yang beragam, seperti e-wallet, transfer uang, dan layanan multi-billing untuk pembayaran segala kebutuhan Anda. Dengan berbagai fitur tersebut, transaksi yang dilakukan akan berjalan semakin mudah. Cara yang digunakan pun tidak rumit, cukup unduh aplikasi Qelola, registrasi, isi data, dan mulai bertransaksi.

Melalui Qelola, Anda bisa mengirimkan dan melakukan pembayaran dengan aman dan terjangkau. Qelola juga memiliki pos pengeluaran sehingga kiriman uang dapat difungsikan maksimal sesuai kebutuhan keluarga. Beragam tagihan dan transfer uang dapat Anda lakukan hanya dengan aplikasi Qelola di smartphone. Unduh aplikasi sekarang juga dengan klik di sini.

 

Tags: , , , ,