5 Tips Menjadi Baby Sitter yang Baik dan Profesional di Luar Negeri

baby sitter

Kesempatan menjadi baby sitter atau pengasuh anak di luar negeri kini sangat terbuka luas. Minimnya lowongan pekerjaan ini di Indonesia nampaknya menjadi salah satu penyebab mengapa calon Tenaga Kerja Wanita memilih untuk bekerja di luar negeri. Penawaran pekerjaan sebagai pengasuh bayi dimanfaatkan oleh sejumlah agen penyalur TKI untuk menciptakan tenaga kerja baby sitter yang baik dan profesional dalam bekerja. Tentu sebagai calon pengasuh anak, Anda harus mengetahui hal dasar untuk bisa menjadi seorang baby sitter yang baik. Ikuti tips menjadi baby sitter yang baik di luar negeri.

1. Bekerjalah Lebih dari Sekedar Gaji

Tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan utama seseorang bekerja adalah untuk mendapatkan gaji atau uang. Uang memerankan peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia saat ini. Ya, segala kebutuhan memerlukan uang untuk dapat memenuhinya. Jadilah seorang pekerja yang tidak hanya sekedar untuk mendapatkan gaji atau uang, namun harus bekerja dengan jujur, ulet, tekun, dan mencintai pekerjaan.

2. Tingkatkan Kemampuan dalam Bekerja

Seseorang yang sukses tidak akan pernah berhenti untuk terus belajar. Di sela waktu bekerja, Di waktu luang, Anda bisa lho menambah wawasan dengan cara membaca dan mempelajari sesuatu yang dapat meningkatkan kemampuan Anda sebagai seorang pengasuh anak. Teruslah asah kemampuan Anda untuk bekerja sehingga kualitas Anda semakin baik dan tidak diragukan lagi. Kemampuan tersebut akan terus ditingkatkan hingga pada akhirnya menjadi sosok pengasuh anak profesional yang disayangi oleh orang tua bayi yang diasuh.

3. Biasakan Disiplin Diri Tanpa Harus Diawasi

pexels photo 265987 - 5 Tips Menjadi Baby Sitter yang Baik dan Profesional di Luar Negeri

Kurangnya kedisiplinan seorang pekerja bisa menjadi hambatan besar dalam perjalanan karirnya. Penyebabnya, sebagian dari mereka mungkin merasa baby sitter sebagai pekerjaan yang dipandang sebelah mata, membosankan, dan gaji yang diperoleh sedikit. Pekerja yang memiliki mindset demikian, cenderung tidak akan bisa berkembang dalam menjalani pekerjaan sekarang atau pekerjaan di bidang lainnya. Hal yang diinginkannya adalah mendapatkan uang tanpa harus bekerja keras dan tidak dibebani tugas. Ingatlah bahwa disiplin yang tinggi akan mendatangkan gaji yang tinggi pula karena bekerja secara profesional dan tidak mengeluh dalam menjalankan pekerjaannya.

4. Membangun Komunikasi yang Lancar dengan Atasan

Bangun dan jalinlah komunikasi yang baik dan lancar dengan atasan. Dalam konteks ini adalah orang tua si bayi serta keluarganya. Jadilah pribadi yang baik, sopan, ramah, simpatik, peduli, dan tidak berkhianat dengan atasan dengan alasan apapun. Bila seorang baby sitter mampu menjalin komunikasi dengan baik, maka hubungan yang terjadi akan langgeng serta tidak menutup kemungkinan lebih mudah mencapai kesuksesan.

5. Mengutamakan Kedekatan Anak dengan Orang Tuanya

Anak yang masih dalam masa pertumbuhan tentu memerlukan teman untuk bermain. Jadi seorang pengasuh anak tidak hanya bertugas menjaga anak, tapi juga menjadi teman bermain dan belajar bersama. Orang tua dan pengasuh anak harus saling berbagi tugas agar peran orang tua sepenuhnya tidak tergantikan oleh pengasuh anak. Orang tua pasti tidak ingin anaknya lebih dekat dengan sang pengasuh anak, bukan? Tetap tugas utama setiap orang tua adalah mengasuh anaknya, pengasuh anak hanya membantu mengasuh ketika orang tua berhalangan.

Menjadi Baby Sitter di Negeri Jiran Malaysia 

pexels photo 1666618 - 5 Tips Menjadi Baby Sitter yang Baik dan Profesional di Luar Negeri

Kerja di luar negeri seperti di negara Malaysia, memang mendatangkan keuntungan lebih dibanding bekerja di negara asal. Mulai dari gaji yang tinggi, fasilitas kerja yang menarik, pengalaman berharga bahkan prestise untuk diri sendiri dan keluarga. Tak heran jika tak sedikit orang yang pada akhirnya memilih bekerja di luar negeri. Termasuk menjadi baby sitter di luar negeri. Spesifikasi pekerjaan yang jelas, menarik minat calon baby sitter untuk bekerja di luar negeri. Etos kerja yang terbangun selama di luar negeri nyatanya bisa menjadi modal ketika kembali ke Indonesia dan membangun usaha baru. Memilih Malaysia sebagai negara tujuan bekerja adalah pilihan tepat. Indonesia dan Malaysia merupakan negara serumpun sehingga memiliki kebudayaan dan bahasa yang tidak jauh berbeda. Kerja di luar negeri? Kenapa tidak?

Pengasuh anak harus lebih teliti, selalu bersih, dan telaten saat bekerja. Di tengah kesibukan Anda bekerja sebagai baby sitter, mungkin Anda hanya memiliki waktu sedikit untuk mengatur keuangan. Tenang saja, untuk membantu dalam mengelola keuangan secara mandiri, segera gunakan aplikasi Qelola sebagai dompet elektronik (e-wallet). Tak hanya itu, disediakan pula layanan multi-billing tagihan bulanan, dan layanan kirim uang dari luar negeri secara mudah dan murah. Unduh dan install aplikasi Qelola secara GRATIS melalui smartphone Anda sekarang juga. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini. 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,