TKI Ingin Memulai Bisnis? Lakukan 5 Tips Ini

memulai bisnis

Banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang memulai bisnis untuk mencari pendapatan tambahan. Hal tersebut dikarenakan gaji yang diterima selama bekerja belum bisa mencukupi kebutuhan yang harus dipenuhi. Selain membiayai diri sendiri selama hidup di negara penempatan, TKI harus membagi gaji kerja untuk keperluan keluarga di kampung halaman. Demi menyelesaikan persoalan tersebut, sebagian besar TKI mencari peluang usaha untuk menambah penghasilan mereka.

Bisnis yang bisa dilakoni oleh TKI sebenarnya cukup beragam. TKI bisa memulai bisnis seperti berjualan online, membuka bisnis jastip, dan menjadi reseller untuk sebuah produk di Indonesia. Namun, dalam memulai bisnis Anda akan menemui banyak hal yang tidak selalu berjalan lancar sesuai rencana. Maka, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah 5 tips sukses untuk TKI yang ingin memulai bisnis.

1. Lakukan Bisnis yang Anda Sukai

business owner working home office packaging 1150 15889 - TKI Ingin Memulai Bisnis? Lakukan 5 Tips Ini

Dalam memulai bisnis, sebaiknya pilihlah usaha yang Anda sukai. Dengan demikian, Anda akan menjalani bisnis tersebut dengan sepenuh hati. Sebuah bisnis yang dikerjakan dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal. Bagi TKI yang ingin menjadi pengusaha untuk mencari penghasilan tambahan, hindari memulai bisnis hanya karena keuntungan yang besar. Hanya melihat keuntungan semata hanya akan membuat bisnis tersebut tidak bertahan lama dan Anda akan cepat bosan saat melakukannya. Umumnya, hal yang baik untuk dilakukan ketika memulai bisnis adalah hobi. Jika hobi Anda berbelanja, Anda bisa membuka usaha jastip. Dengan begitu, hobi Anda dapat terpuaskan dan mimpi memulai bisnis pun tercapai.

2. Fokus pada Satu Peluang Bisnis

dart hitting bullseye target with word success dartboard 1357 74 - TKI Ingin Memulai Bisnis? Lakukan 5 Tips Ini

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak juga hal-hal yang bisa menjadi peluang bisnis. Mulai dari bisnis kebutuhan rumah tangga, elektronik, fashion, hingga bisnis kecantikan. Begitu banyaknya peluang tersebut mungkin akan membuat Anda bingung dalam menentukan satu peluang yang benar-benar bisa Anda kembangkan. Tak jarang banyak orang justru mencoba mengembangkan banyak peluang bisnis tersebut dalam waktu yang bersamaan. Akibatnya, tidak ada peluang bisnis yang dikerjakan secara maksimal atau bahkan berakhir dengan kegagalan.

Dalam hal ini, sebaiknya Anda fokus pada satu peluang bisnis saja. Tujuannya agar seluruh ide dan pikiran Anda untuk mengembangkan bisnis bisa lebih terarah. Hal tersebut juga akan memudahkan Anda dalam melaksanakan semua ide-ide tersebut. Dengan fokus dalam satu peluang bisnis, peluang Anda mengembangkan bisnis hingga sukses akan semakin besar.

3. Selalu Mau Belajar dari Orang Lain

young students learning library bookshelves 1150 10505 - TKI Ingin Memulai Bisnis? Lakukan 5 Tips Ini

Dalam melakukan bisnis, semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada orang yang mengetahui segala hal, maka dari itu sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain. Jangan pernah malu belajar dari orang lain yang lebih tahu tentang bisnis. Anda bisa berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya. Dengarkan setiap masukan dan saran yang diberikan kepada Anda dalam hal bisnis. Anda dapat mengambil banyak pelajaran dan pengalaman dari orang lain. Mulailah untuk lebih banyak mendengar daripada banyak berbicara.

4. Kuasai Segala Hal tentang Bisnis Anda

business owner working home office 1150 11593 - TKI Ingin Memulai Bisnis? Lakukan 5 Tips Ini

Di awal memulai bisnis, kuasai hal-hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Misalnya, target pembeli, media promosi, kualitas produk, jasa pengiriman produk, dan sebagainya. Dengan memahami hal tersebut, Anda bisa membuat konsep bisnis yang unik dan menguntungkan. Buatlah rencana bisnis agar konsep tersebut bisa Anda terapkan secara matang. Pemahaman tentang bisnis yang sedang Anda lakoni juga berguna untuk menarik perhatian investor agar mau bekerja sama dengan Anda nantinya.

5. Jangan Pernah Menyerah

happy successful business man using laptop computer 35076 3647 - TKI Ingin Memulai Bisnis? Lakukan 5 Tips Ini

Mengurus sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Namun, jangan pernah menyerah dalam menghadapi setiap rintangannya. Pada dasarnya, ada dua pilihan dalam hidup Anda yang menentukan kesuksesan, maju terus atau diam. Jika Anda ingin maju, maka Anda harus siap dan tidak menyerah saat menghadapi kegagalan. Dalam berbisnis, tidak semua yang Anda rencanakan selalu berjalan lancar sesuai keinginan. Maka dari itu, Anda harus memiliki sikap pantang menyerah dalam situasi apapun. Sikap tersebut akan mempersiapkan Anda menjadi orang yang sukses nantinya. Ketika mengalami kegagalan, jangan pernah putus asa, terus mencoba, dan belajarlah dari kegagalan tersebut.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai TKI yang ingin memulai bisnis. Bagi TKI yang berada di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk mempermudah Anda melakukan transaksi. Qelola merupakan aplikasi keuangan yang menawarkan layanan seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan. Dengan berbagai fitur tersebut, transaksi bisnis yang Anda lakukan dengan pembeli akan berjalan semakin mudah. Transaksi akan diproses secara cepat dengan biaya yang cukup murah. Qelola akan membuat bisnis Anda akan semakin lancar dan menguntungkan. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , ,