5 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar selama Puasa Ramadhan

ramadan 1 - 5 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar selama Puasa Ramadhan

Tidak terasa bulan Ramadhan sudah menghampiri kita kembali di pertengahan tahun 2021 ini. Walau kali ini kita menyambut Ramadhan masih dalam masa pandemi, tentu tidak menyurutkan semangat serta niat untuk beribadah. Mari menjalankan ibadah puasa dengan kembali menyucikan diri, pikiran dan jiwa.

Walau ibadah puasa sudah dilakukan setiap tahun, namun ibadah puasa tetap menjadi tantangan tersendiri bagi yang menjalankannya. Tentu bukan hal yang mudah saat melaksanakan kewajiban mengendalikan emosi serta menahan lapar dan haus kurang lebih 12 jam per harinya selama sebulan penuh. Dalam situasi tersebut, kita harus menjaga tubuh tetap fit dan bugar agar lancar saat menjalankan ibadah puasa. Apa saja tipsnya? Yuk, langsung lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Makan dan minum dengan porsi yang normal

eid al fitr concept with top view tea 700x467 - 5 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar selama Puasa Ramadhan

Saat waktu buka puasa tiba, biasanya kita sangat ingin makan dan minum yang bermacam-macam jenisnya. Tanpa pikir panjang, kita mengonsumsi makan atau minuman secara berlebihan. Nah, kebiasaan ini harus kita hindari, karena konsumsi makanan yang berlebihan justru membuat perut terasa penuh atau kram. Hal ini bisa terjadi karena organ pencernaan kita dipaksa untuk bekerja keras setelah beristirahat seharian. Minum secara berlebihan juga bisa mengakibatkan kita merasa cepat kenyang sehingga bisa melewatkan makan makanan bergizi untuk tubuh. Maka dari itu, hindari makan dalam jumlah banyak dalam sekali waktu. Upayakan untuk berbuka puasa dengan makanan dan minuman dalam porsi sewajarnya. Ingat, hikmah dalam bulan puasa adalah pengendalian diri.

Perbanyak minum air putih

ramadan 2 700x467 - 5 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar selama Puasa Ramadhan

Menahan rasa haus selama kurang lebih 12 jam dalam sehari tentu menjadi tantangan terbesar bagi yang menjalankan puasa. Kondisi ini mengharuskan kita untuk konsumsi air yang cukup saat sahur, berbuka dan malam hari. Dampak kekurangan konsumsi air yaitu dehidrasi, kulit kering, hingga yang paling parah berisiko mengalami gangguan ginjal. Agar terhindari dari risiko dehidrasi, kamu bisa menerapkan rumus 2-2-4 yaitu minum 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka dan 4 gelas air di malam hari. Selama berpuasa, ada baiknya menghindari minuman manis atau yang mengandung kafein karena bisa membuat tubuh kita cepat merasa haus.

Konsumsi buah dan sayur yang cukup

ramadan 3 700x466 - 5 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar selama Puasa Ramadhan

Pada waktu sahur dan berbuka, lebih baik mengonsumsi banyak sayur dan buah-buahan daripada makanan yang digoreng atau cepat saji. Buah dan sayur umumnya mengandung serat yang tinggi sehingga kita bisa merasa kenyang lebih lama. Selain itu, buah dan sayur memiliki vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga kita lebih merasa fit selama menjalankan ibadah puasa. Tetapi ingat, jangan mengonsumsi buah yang bersifat citrus. Sebaliknya pilih buah-buahan yang memiliki kandungan air yang tinggi. Untuk sayur, lebih baik diolah menjadi jus atau salad agar nutrisinya tetap terjaga.

Baca Juga: Tempat Wisata Yang Menjadi Pilihan Para Travelers Selama Pandemi

Olahraga yang ringan

ramadan 4 700x466 - 5 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar selama Puasa Ramadhan

Siapa bilang saat berpuasa kita tidak bisa berolahraga sama sekali, kamu bisa memilih jenis olahraga ringan. Dengan ini kamu tidak perlu menghabiskan tenaga terlalu banyak dan membuat lapar. Berolahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh seperti menjaga kekuatan dan kebugaran sehingga tetap semangat dalam beraktivitas. Supaya olahraganya tidak membuatmu lelah atau lapar, pilihlah waktu olahraga sekitar 30-90 menit sebelum berbuka puasa. Selain itu pilihlah jenis olahraga yang intensitasnya ringan.

Tidur yang cukup

ramadan 5 700x466 - 5 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar selama Puasa Ramadhan

Memiliki tidur yang cukup berperan penting dalam kelancaran kita beribadah puasa. Alasannya karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stress, memperbaiki mood dan membuat kita lebih bisa berkonsentrasi dengan baik. Selain itu, dengan tidur yang cukup bisa menjadi sumber tenaga kita saat berpuasa seharian. Usahakan tidur selama 6-8 jam setiap malamnya.

Semoga dengan tips di atas bisa membantumu dalam mejalankan ibadah puasa dengan lancar dan tubuh tetap sehat. Kondisi tubuh yang sehat dan bugar sangat penting agar daya tahan tubuh juga baik. Nah, selain menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa, jangan lupa untuk kirim uang lebaran untuk keluargamu dari Malaysia ke Indonesia pakai Qelola! Dengan aplikasi Qelola kamu tidak perlu repot-repot ke ATM atau Bank, sangat mudah bukan? Apalagi di masa pandemi seperti ini lebih baik kita membatasi aktivitas di luar rumah.Yuk, segera unduh Qelola melalui Google Playstore sekarang!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,