5 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

aljoscha laschgari F2tZmxGtrX8 unsplash scaled - 5 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat dari hari ke hari. Sampai tanggal 25 November 2020 telah tercatat ada 510.192 kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia. Resiko kematian yang disebabkan oleh virus ini juga tinggi. Hal ini membuat kita harus lebih waspada jika masih harus melakukan aktivitas di luar rumah.

Kondisi ini membuat kita harus menerapkan protokol kesehatan saat berada di fasilitas umum, perkantoran atau transportasi. Selain itu, menjaga kesehatan tubuh sendiri juga penting. Karakter virus Covid-19 yang sama dengan virus lainnya yaitu menyerang saat daya tahan tubuh lemah, membuat kita harus meningkatkan imunitas tubuh. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu di tengah pandemi Covid-19.

1. Istirahat yang cukup

Kekurangan istirahat akan membuat kondisi tubuhmu tidak fit dan lesu. Hal ini akan menyebabkan daya tahan tubuhmu melemah. Orang dewasa memerlukan waktu tidur 7-8 jam dalam sehari. Dengan waktu tidur tersebut, tubuh kita bisa menghasilkan sitokin yang cukup. Sitokin berperan dalam melawan infeksi atau peradangan serta menciptakan respon imun tubuh.

2. Berolahraga secara teratur

bruce mars gJtDg6WfMlQ unsplash 700x467 - 5 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Melakukan olahraga diyakini mampu dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih yang berperan dalam imunitas tubuh. Namun, pastikan aktivitas fisik yang dilakukan tidak berlebihan atau overtraining. Jika berolahraga secara berlebihan, maka dapat menurunkan imunitas tubuh.

3. Konsumsi makanan penunjang daya tahan tubuh

katie smith uQs1802D0CQ unsplash 1 700x700 - 5 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Selain dari aktivitas fisik, konsumsi makanan yang bergizi bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Banyak bahan-bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral penunjang daya tahan tubuh. Selain dari bahan makanan, konsumsi suplemen vitamin bisa membantu. Pilih bahan makanan yang banyak mengandung vitamin C guna menambah daya tahan tubuh. Vitamin A juga bisa dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan juga baik dalam menangkal radikal bebas. Kandungan ini bisa di dapatkan dari buah dan sayur seperti jeruk, bayam, paprika merah, wortel, dan sebagainya.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

4. Hindari stres 

Kondisi stres bisa mempengaruhi turunnya fungsi daya tahan tubuh seseorang. Stres bisa meningkatkan hormon kortisol yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Jangan biarkan pemberitaan mengenai Covid-19 membuat kamu kepikiran hingga stres. Sebisa mungkin cari informasi dari sumber-sumber resmi seperti website WHO atau website pemerintah. Jika ada berita mengenai Covid-19, pastikan kebenaran beritanya terlebih dahulu.

Baca Juga: Bingung Cari Cara Mengatasi Depresi? Lakukan Beberapa Hal Rutin Ini

5. Minum air putih yang cukup

21 swan hNBS5q5klc unsplash 700x467 - 5 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Kebutuhan air minum orang dewasa rata-rata 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter. Semakin tinggi aktivitas, semakin tinggi kebutuhan cairan yang harus dipenuhi. Jika tubuh dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan, maka tubuh akan lebih cepat lelah hingga daya tahan tubuh melemah. Kondisi tubuh yang lemah akan mempermudah kita terpapar virus.

Pandemi yang masih berlangsung membuat kita harus tetap waspada. Menjaga kondisi tubuh serta mental sangat membantu untuk mempertahankan daya tahan tubuh tetap bugar. Selain itu, tetap lakukan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Hal ini akan memperkecil resiko terjangkit virus. 

Nah, setelah sudah melakukan kiat-kiat untuk menjaga daya tahan tubuh, jangan lupa untuk kelola keuanganmu dengan baik di saat pandemi ini. Jika kondisi keuanganmu stabil, maka kamu bisa menjalani hari-hari dengan nyaman. Walaupun saat ini kamu lebih banyak beraktivitas dirumah saja, tidak menghalangi kamu untuk kirim uang ke keluarga di Indonesia. Pakai Qelola, kamu bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Tidak hanya itu, kamu bisa bayar tagihan air dan listrik serta beli voucher pulsa. So, tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola di smartphone-mu sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,