Penting! Ketahui 4 Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri

bekerja di luar negeri

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin bekerja di luar negeri untuk  menjadi TKI , seperti Malaysia, Jepang, Korea, Taiwan, Hong Kong, dll. Dari beberapa alasan tersebut biasanya alasan utamanya adalah ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sisi ekonomi. Bekerja sebagai TKI terlihat sangat menjanjikan dengan gaji yang lebih tinggi dibanding kerja di negeri sendiri bagi sebagian orang.

Akan tetapi, bekerja menjadi TKI tidak selalu semudah yang dibayangkan. Bukan hanya soal proses pemberangkatan dan biayanya saja, saat sudah bekerja di sana pun banyak yang mengalami masalah. Hal ini tentunya tidak ingin Anda alami. Oleh karena itu agar terhindar dari hal-hal yang tidak inginkan, di bawah ini akan kita bahas tentang beberapa tips bagi Anda yang ingin bekerja di luar negeri.

  1. Niat untuk Bekerja di Luar Negeri

Untitled design41 - Penting! Ketahui 4 Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri

Kerja di luar negeri untuk menjadi TKI juga ada prosesnya. Tidak langsung mendapatkan gaji yang tinggi. Oleh karena itu agar terhindar dari rasa menyesal, pastikan Anda memiliki niat yang teguh sebelum mendaftar menjadi TKI. Pastikan Anda punya rencana dan bukan hanya sekadar ikut-ikutan teman atau terlena karena gaji yang besar.

Ragam pekerjaan yang ditawarkan di sana pun kadang juga sangat berat. Jika Anda tidak memiliki niat yang kuat untuk bekerja sejak awal berangkat, bisa jadi Anda akan merasa kesusahan saat harus menjalani pekerjaan tersebut.

Gaji besar yang ditawarkan dalam iklan lowongan juga kadang tidak semanis yang dibayangkan. Bisa jadi dari gaji besar tersebut Anda masih harus terbebani dengan biaya sewa tempat tinggal, biaya makan dan transportasi yang mahal. Untuk itulah punya niat bekerja yang tinggi, sangatlah penting, bukan semata-mata mengejar hasilnya.

  1. Perbanyak Informasi

Jasa Pembuatan Website Murah dan Berkualitas di Medan Satria Bekasi - Penting! Ketahui 4 Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri

Sebelum mendaftar sebagai TKI, Anda harus banyak-banyak mencari informasi tentang buruh migran. Seperti apa saja hak dan kewajiban TKI, keuntungan dan kerugiannya, dll. Anda bisa mencari tahu melalui internet, rekan/saudara yang pernah menjadi TKI, atau ke dinas ketenagakerjaan di daerah Anda.

Pastikan juga Anda mendaftar melalui jalur resmi. Karena sekarang ini banyak calo-calo atau oknum yang melakukan pendaftaran TKI melalui jalur tidak resmi. Sebagai hasil dari pendaftaran secara tidak resmi, banyak TKI yang mendapatkan siksaan dan keberadaannya tidak diketahui oleh pemerintah.

  1. Ketahui Gaya Hidup Negara Tujuan

Untitled design61 - Penting! Ketahui 4 Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri

Kalau Anda sudah mengetahui negara tujuan Anda bekerja di luar negeri, maka ketahuilah bagaimana gaya hidup masyarakat di sana. Setiap negara punya gaya hidup berbeda-beda. Misalnya saja di Korea dan Jepang, di sana orang-orangnya lebih individualis, tetapi mereka sangat disiplin dan pekerja keras. Sedangkan di Malaysia anda bisa menemukan gaya hidup yang hampir sama seperti di Indonesia.

Dengan mengetahui gaya hidup sebuah negara, Anda akan mempunyai gambaran ketika nanti berada di sana. Meskipun akan ada informasi mengenai negara tujuan ketika Anda menjalani training. Tetapi tidak ada salahnya jika secara aktif Anda mencarinya terlebih dahulu. Dengan mengetahui gaya hidup negara tujuan sebelum mendaftar, Anda tidak akan merasa kaget atau bahkan berubah pikiran setelah sampai di sana.

  1. Lakukan Manajemen Keuangan dengan Baik

Untitled design33 - Penting! Ketahui 4 Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri

Anda tentu tidak ingin selamanya bekerja di luar negeri menjadi TKI. Pasti Anda memiliki impian bahwa suatu saat ingin segera berkumpul dengan keluarga di Indonesia dan memulai usaha sendiri. Tentunya untuk mewujudkan hal ini, Anda perlu berhitung dengan pengeluaran Anda selama di sana.

Anda harus bisa mengatur masalah keuangan selama Anda bekerja di luar negeri. Buatlah perhitungan secara jelas tentang besarnya biaya hidup yang harus Anda tanggung. Kemudian sisihkan sebagian dari gaji yang Anda terima untuk di simpan. Jangan terlalu tertarik untuk membeli barang yang bersifat konsumtif. Cobalah untuk berinvestasi jika memungkinkan.

Kini telah hadir aplikasi keuangan Qelola bagi Anda yang bekerja di Malaysia. Qelola sebagai sebuah aplikasi keuangan yang saat ini berbasis di Indonesia dan Malaysia siap membantu Anda. Anda tinggal men-download aplikasi Qelola yang bisa Anda dapatkan secara mudah melalui Appstore maupun Playstore dan mulai mengaktifkannya di Hp Anda.

Qelola akan membantu Anda untuk melakukan transfer keuangan secara langsung sesuai tujuan. Anda bahkan bisa membayar tagihan listrik secara online langsung dari Malaysia. Pembayaran BPJS maupun tagihan lainnya di Indonesia juga bisa Anda bayarkan dengan mudah melalui aplikasi Qelola tanpa masalah.

Dengan menggunakan Qelola, sama halnya Anda telah melakukan manajemen keuangan yang baik selama bekerja di luar negeri terutama di Malaysia. Mengapa? Karena Qelola hanya membebankan biaya transfer sebesara RM1 untuk setiap transaksi keuangannya. Ini jelas lebih murah di bandingkan aplikasi keuangan lainnya.

Sebagai kesimpulan, bekerja di luar negeri itu sama saja dengan bekerja di Indonesia. Hanya saja di luar negeri Anda akan menemui kondisi yang berbeda. Anda harus memiliki niat bekerja yang tinggi, mengetahui informasi tentang negara tujuan dan pintar mengatur keuangan agar sukses ketika kembali ke Indonesia

Anda juga harus mengingat bahwa ketika Anda bekerja di luar negeri menjadi TKI maka Anda akan terikat kontrak. Jika kontrak dibatalkan secara sepihak karena Anda merasa tidak betah, maka akan dikenakan denda. Oleh karena itu pelajari 4 tips di atas dengan baik dan jangan menyerah. Ingatlah kesuksesan hanya akan datang pada Anda yang bersungguh-sungguh bekerja.

 

Tags: , , , , , , , ,