4 Metode Transaksi Tanpa Tunai Ketika Berada di Malaysia

transaksi tanpa tunai di Malaysia

Pemakaian uang tunai di Malaysia dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Sementara penggunaan pembayaran non tunai terus meningkat. Hal ini hampir terjadi secara menyeluruh di Negeri Jiran. Bagi Anda yang ingin bekerja atau berlibur di Malaysia, sebaiknya Anda juga beradaptasi dengan ini.

Transaksi menggunakan uang tunai akan menimbulkan beberapa risiko. Pertama, Anda akan sedikit repot karena harus menukar rupiah ke ringgit. Kedua, nilai tukar mata uang selalu naik dan turun sehingga uang yang perlu Anda tukar bisa saja harus ditambah lagi. Ketiga, faktor keamanan. Membawa banyak uang tunai di luar negeri tentu sangat berisiko karena rawan pencopetan atau kehilangan. Akibatnya, liburan Anda menjadi tidak tenang. Keempat, mata uang asing yang baru ditukar biasanya pecahan yang besar. Sebagai contoh, misalnya Anda menukar nilai rupiah ke dolar AS. Maka biasanya, pecahan yang akan Anda terima adalah USD 100. Padahal, biaya untuk makan atau naik bus adalah kurang dari USD20.

Memang Anda bisa mendapatkan kembalian untuk pecahan uang besar. Sayangnya, tidak semua negara terbuka dengan uang kembalian.

Itulah alasan mengapa sejumlah biro perjalanan mulai menyarankan agar konsumen tidak membawa uang tunai banyak saat Anda pergi ke luar negeri. Lantas, jika tidak membawa uang banyak, Anda harus memakai apa dalam transaksi? Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa digunakan.

Alat Transaksi Non Tunai

Kartu Debit

debit cards 800x450 - 4 Metode Transaksi Tanpa Tunai Ketika Berada di Malaysia

Sumber: visa.co.id

Di beberapa negara, termasuk Malaysia, kartu debit yang berlogo Visa, Cirrus, MasterCard, American Express, dan Alto dapat digunakan walaupun memakai bank asal negara Anda, Indonesia. Di luar negeri, Anda bisa menggunakan kartu debit untuk melakukan transaksi pembayaran. Selama Anda berlibur, kartu debit juga bisa digunakan untuk menarik uang tunai sesuai kebutuhan. Keuntungan lainnya, nilai tukar yang berlaku tidak jauh berbeda dibandingkan dengan money charger.

Meskipun demikian, sebaiknya Anda tidak sembarangan menarik uang. Biaya penarikan uang tunai melalui ATM di luar negeri bisa mencapai Rp25.000 lebih. Agar tabungan Anda tidak terkuras, buatlah rencana pengeluaran yang sesuai kebutuhan Anda.

Sebagai contoh, apabila Anda berlibur ke Malaysia selama seminggu. Anda dapat menarik uang pada hari pertama. Setelah itu, tariklah uang setelah tiga atau empat hari. Selain itu, jangan lupa catat pengeluaran Anda selama di Malaysia.

Kartu Kredit

NatWest Biometric Credit Card - 4 Metode Transaksi Tanpa Tunai Ketika Berada di Malaysia

Sumber: pymnts.com

Kartu kredit juga merupakan salah satu metode pembayaran non tunai yang sering digunakan di Malaysia. Sebelum Anda bisa menggunakan kartu kredit di luar negeri, Anda perlu memberitahukan bank penerbit kartu tersebut bahwa Anda akan pergi ke luar negeri. Dengan begitu bank akan membuka velocity, yakni agar kartu kredit Anda dapat digunakan di mesin EDC luar negeri.

Cek Perjalanan

Metode yang satu ini memang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia.  Cek perjalanan dapat berlaku di seluruh dunia. Dapat dikatakan bahwa cek perjalanan adalah alternatif penggunaan kartu debit dan kartu kredit di negara lain.

E-wallet

qelola app 1 1 700x342 - 4 Metode Transaksi Tanpa Tunai Ketika Berada di Malaysia

E-wallet atau dompet elektronik adalah salah satu jenis financial technology yang semakin populer belakangan ini. Dompet elektronik adalah alternatif pembayaran non tunai dengan memanfaatkan media internet.

Dengan e-wallet Anda bisa menyimpan uang di ponsel. Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk bertransaksi secara online maupun offline. Fungsinya bisa dibilang mirip dengan kartu kredit dan kartu debit, karena Anda dapat menggunakan e-wallet untuk pembayaran ketika makan di restoran, belanja online, membeli tiket, dan banyak lagi.

Dompet digital telah dilengkapi sistem keamanan sehingga aman digunakan untuk bertransaksi di luar negeri. Salah satu dompet digital yang nyaman digunakan ketika Anda berada di luar negeri adalah Qelola.

Qelola memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan Anda ketika berada di luar negeri. Misalnya, transfer ke bank mana pun baik itu lokal maupun internasional. Membayar tagihan di Indonesia seperti tagihan listrik, air, telepon, internet, dan sebagainya.

Qelola juga dilengkapi dengan fitur fund manager yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan selama berada di luar negeri. Anda bahkan bisa membeli produk-produk finansial di aplikasi Qelola, mulai dari reksadana, deposito, dan berbagai instrumen investasi lainnya.

Cara daftar aplikasi Qelola juga sangat mudah serta tidak membutuhkan waktu lama. Seperti halnya ketika Anda menggunakan aplikasi lain di ponsel, Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Selanjutnya Anda perlu mengikuti instruksi berikutnya untuk melakukan pendaftaran. Beberapa data yang harus diisi adalah nama lengkap, nomor telepon, alamat email, password, dan konfirmasi password. Selanjutnya, Anda akan menerima kode verifikasi. Masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia untuk melakukan pendaftaran.

Qelola, adalah solusi pembayaran Anda ketika berada di luar negeri. Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang, dan nikmati berbagai kelebihan aplikasi ini.

Tags: , ,