3 Syarat Penting Jadi TKI di Malaysia Ini Wajib Anda Tahu

tKI di malaysia

Sejak tahun 2019 awal ketika Malaysia mulai dihantam krisis ekonomi sampai 2019 akhir, beberapa pekerja dari Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai TKI, banyak yang harus kehilangan pekerjaannya. Adanya beberapa pekerja yang diputus kontrak atau dipulangkan ini bukan hanya semata karena kurangnya lapangan pekerjaan di Malaysia. Kepulangan TKI dari Malaysia ini sebagian juga disebabkan oleh kalah bersaingnya tenaga kerja Indonesia dengan para pegawai migran dari negara lain misalnya Nepal dan Bangladesh. Kenyataan ini pada akhirnya tentu menjadi sebuah kekhawatiran besar bagi calon TKI Malaysia. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memutuskan untuk bekerja di Malaysia, pahami dengan benar, syarat-syarat penting yang harus Anda miliki sebelum berangkat dan memutuskan bekerja di Malaysia selain syarat wajib administratif.

Kelebihan TKI di Mata Malaysia

tki - 3 Syarat Penting Jadi TKI di Malaysia Ini Wajib Anda Tahu

Sumber: liputan6.com

Selama berada di Malaysia, pemerintah, pengusaha, dan masyarakat umum mengakui akan kehebatan tanaga kerja dari Indonesia. Hal ini berlaku di semua sektor pekerjaan. Mereka lebih mengutamakan orang Indonesia untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di Malaysia dengan alasan beragam, antara lain:

Pertama, lebih rajin dan tekun serta tidak banyak tingkah sehingga banyak pekerjaan yang menjadi lebih efektif dan cepat selesai dengan hadirnya TKI Malaysia.

Kedua, kesamaan bahasa dan latar belakang budaya menjadi nilai tambah karena mempercepat proses penyesuaian dengan masyarakat setempat.

Ketiga, bersedia bekerja secara legal atau ilegal. Walaupun bekerja secara ilegal sangat menyalahi aturan dan merugikan TKI Malaysia, tapi ternyata di sisi lain tentu saja hal ini menguntungkan bagi pihak majikan karena tidak perlu memberi gaji terlalu tinggi. Sedangkan bagi pihak TKI yang bekerja di Malaysia tentunya hal ini sangat beresiko. Adanya razia migran, dan ketiadaan jaminan keamanan karena tidak secara resmi terdaftar akan  membuat mereka selalu dibayangi rasa takut selama bekerja di sana. Oleh karena itu, sebelum berangkat ke Malaysia, pastikan dokumen Anda lengkap dan mengikuti prosedur legal untuk menjadi TKI di sana.

 

3 Syarat Penting Menjadi TKI Malaysia

syarat akhlak - 3 Syarat Penting Jadi TKI di Malaysia Ini Wajib Anda Tahu

sumber : ikhwankepo.com

  1. Kuasai Bahasa Inggris

Malaysia sama halnya dengan Singapura, menjadikan bahasa Inggris  sebagai bahasa kedua yang sangat familiar digunakan sehari-hari. Dalam sektor tenaga kerja domestik misalnya  asisten rumah tangga, selain skill kerja, juga diperlukan skill berbahasa. Dalam hal ini, kita kalah jauh dengan pekerja dari Filipina, Kamboja dan Myanmar. Banyak TKI yang bekerja di Malaysia sebagai asisten rumah tangga ternyata belum terlalu menguasai bahasa Inggris sehingga mengalami masalah komunikasi serius dengan majikannya. Oleh karena itu, jika Anda berkeinginan bekerja di Malaysia, kuasailah Bahasa Inggris dengan baik dan benar.

  1. Bekali dengan skill atau pendidikan yang baik

Berbadan sehat saja tidak cukup untuk bekerja sebagai TKI Malaysia. Bekali diri Anda dengan skill juga pendidikan yang baik. Banyak kisah TKI yang akhirnya tertipu atau menjalani pekerjaan yang jauh dari kesan layak karena bekal pendidikan maupun skill yang tidak cukup baik. Ketiadaan skill ini sering berpengaruh pada ketidak jelasan lapangan kerja  yang akan dijalani nanti di Malaysia. Hal ini cukup berbeda dari kondisi pekerja migran dari negara lain seperti Filipina dan Myanmar. Pekerja migran dari 2 negara tersebut sudah memiliki spesialisasi di bidang manufaktur dan rumah tangga.  Dengan spesialisasi tersebut mereka memiliki penyaluran kerja yang jelas dan sesuai kemampuan .

  1. Cepat beradaptasi

Setiap negara pasti memiliki budaya  maupun  situasi yang berbeda. Cepat beradaptasi menjadi sebuah syarat wajib yang harus Anda jalani ketika tinggal di tempat atau negara lain. Anda bisa bertanya pada orang-orang yang pernah bekerja di Malaysia tentang situasi di negara tersebut. Anda juga  bisa berinisiatif untuk membaca artikel di Internet dan mencari informasi sebanyak mungkin tetang negara tujuan Anda.  Cari tahu kebiasaaan mereka dan pekerjaan yang akan Anda jalani. Jangan biarkan shock culture menjadi penghambat besar Anda untuk menjadi TKI malaysia.

 

Bijaksana dengan keuangan

mon - 3 Syarat Penting Jadi TKI di Malaysia Ini Wajib Anda Tahu

sumber : mag.co.id

Selain  3 syarat penting diatas, ada 1 syarat tambahan yang harus Anda ketahui agar bisa menjadi TKI  yang sukses di Malaysia. Apa syarat tambahan tersebut?. Syarat tambahan tersebut adalah bijak dengan masalah keuangan. Tentunya Anda pernah mendengar ada beberapa kisah tragis seorang TKI yang sudah bekerja bertahun tahun tetapi keuangannya justru habis begitu dikirim pada keluarga tanpa tahu penggunaannya secara jelas.

Lantas bagaimana caranya, agar sebagai seorang TKI di Malysia tetap bisa mengontrol masalah keuangan tanpa harus kehilangan tanggung jawab pada keluarga?. Tentu saja mudah. Anda bisa mempercayakan semua masalah keuangan Anda pada Qelola.

Qelola adalah sebuah platform keuangan yang bisa Anda dapatkan aplikasinya dengan mudah dan gratis  di Internet. Cukup gunakan smartphone Anda untuk mencari aplikasi Qelola, lakukan penginstalan dan daftarkan diri Anda. Jika Anda sudah terdaftar, Anda bisa mulai melakukan pengiriman uang dan pembayaran berbagai macam tagihan di Indoesia secara langsung dari Malaysia. Jangan lupa menjadi TKI di Malaysia yang sukses adalah TKI yang mampu menghasilkan dan mengelola keuangan dengan baik.

 

 

Tags: , , , , , , , ,