5 Tempat Menarik di Johor untuk Wisatawan

mosque 4744664 1280 - 5 Tempat Menarik di Johor untuk Wisatawan

Tempat menarik di Johor tentu saja sangat mudah kamu temukan. Hal itu dikarenakan kota Johor termasuk maju dan berkembang di Malaysia. Beragam pilihan lokasi untuk berwisata di Johor yang bisa kamu datangi. Meski begitu, beberapa tempat perlu untuk kamu kunjungi sebab ikonik, unik, atau menawarkan keindahan yang tidak ada duanya.

Terletak di selatan Malaysia, kota ini sangat dekat dengan Singapura. Johor Bahru sudah menjadi kota yang tidak lagi asing di lingkungan para traveller. Johor menawarkan wisata alam, wisata sejarah, ragam arsitektur, hingga taman bermain buatan. Berikut ini merupakan rekomendasi tempat menarik di Johor untuk para wisatawan. Apa saja?

1. Kebun binatang Johor 

monkey 3586895 1280 700x467 - 5 Tempat Menarik di Johor untuk Wisatawan

Sumber: pixabay.com

Kebun binatang mungkin terdengar sebagai destinasi umum dan bisa ditemukan di mana saja. Namun, kebun binatang Johor merupakan kebun binatang tertua di Asia. Kamu bukan hanya mengunjungi berbagai hewan di dalamnya tetapi sekaligus sejarahnya.

Terdapat kurang lebih 100 spesies hewan yang ada di kebun binatang ini. Beberapa di antaranya yaitu unta, burung-burung tropis, orang utan, singa, dan masih banyak lagi. Selain menyaksikan berbagai jenis hewan, kamu juga bisa naik kuda atau bermain perahu pedal di kawasan kebun binatang. Kebun binatang Johor buka dari pukul 8 pagi hingga 6 sore. Lokasinya berada di Jalan Gertak Merah, Taman Istana, Johor Baru.

2. Kota Muar

Sejak zaman Kesultanan Malaka, kota Muar merupakan tempat yang bersejarah. Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, sangat disarankan untuk berkunjung ke kota Muar. Musik tradisional Johor, Ghazal, berumula di Muar. Saat berada di Muar kamu bisa mengunjungi situs sejarah Kota Buruk, makam Panglima Lidah Hitam sang pendekar silat, dan Benteng Kubu Bentayan.

Tidak hanya menawarkan kekayaan sejarah saja, Muar juga bisa dijadikan tempat tepat untuk berwisata kuliner. Aneka hidangan lezat bisa kamu temukan dengan mudah di kota ini. Pusat kuliner murah tapi nikmat berada di Jalan Bentayan dan Stasiun Bus Muar. Aneka makanan yang mudah untuk kamu temui seperti masakan India, Melayu, hingga Tiongkok. Pastikan kamu mencicipi roti bakar khas Muar dan kopitiam saat berkunjung ke kota ini.

3. Legoland

legoland 1053374 1280 700x465 - 5 Tempat Menarik di Johor untuk Wisatawan

Sumber: pixabay.com

Legoland sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Destinasi wisata ini merupakan taman bermain buatan yang sangat disukai anak-anak. Meski begitu, banyak juga permainan yang cocok dan asyik untuk orang dewasa. Legoland terdiri dari sekitar 40 jenis wahana permainan.

Taman bermain ini telah beroperasi selama hampir 10 tahun lamanya. Sebaiknya kamu mengecek terlebih dulu biaya masuk ke Legoland. Selain wahana permainan, Legoland juga memiliki water park. Area tersebut bisa kalian masuki namun memiliki sistem tiket yang terpisah. Artinya, jika ingin menikmati water park maka kamu perlu beli tiket lagi.

4. Taman Nasional Endau-Rompin

Seperti namanya, taman nasional ini dilalui oleh sungai Endau dan sungai Rompin. Lokasinya berada di Tenasserim dengan luas mencapai 820 meter persegi. Jalur penjelajahan di sini mencapai 26 km. Terdapat banyak flora dan fauna yang hampir punah, terlindungi di taman nasional Endau-Rompin. Di taman nasional ini kamu bisa mendaki Gunung Bengkok, berendam air panas, atau menikmati pemandangan air terjun Seri Mahkota dan Buaya Sangkut.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas santai seperti berkemah atau memancing. Taman nasional Endau-Rompin hanya bisa dikunjungi pada bulan April sampai Oktober saja. Pada bulan November hingga Maret, taman tutup untuk kunjungan umum. Hal tersebut dikarenakan musim hujan bisa sangat berbahaya bagi pengunjung.

5. Kuil kaca Arulmigu Sri Rajakaliamman

kuil 700x400 - 5 Tempat Menarik di Johor untuk Wisatawan

Sumber: befreetour.com

Rekomendasi tempat menarik di Johor selanjutnya yaitu kuil kaca Arulmigu Sri Rajakaliamman. Tempat ibadah masyarakat Hindu ini tersusun dengan arsitektur yang menakjubkan. Hampir seluruh bagian kuil terlapisi dengan kaca. Uniknya, warna kaca yang melapisi kuil tidak hanya bening saja namun beraneka rupa termasuk merah, kuning, biru, hijau, ungu, dan putih. Jumlah kaca masing-masing warna sekitar 300ribu dan terpasang di dinding, pilar, lantai, serta kusen kuil. Pada ruang utama, kamu bisa menemukan lampu kristal yang tergantung sehingga menambah nuanasa megah.

 

Itu dia 5 tempat menarik di Johor yang wajib kamu kunjungi terutama bagi para pekerja migran. Tentu sangat sayang, jika selama tinggal di Malaysia belum pernah berwisata ke Johor. Tempat mana yang ingin kamu kunjungi pertama? Selama masa pandemi COVID-19, pastikan kunjunganmu tetap mematuhi protokol kesehatan yang disarankan demi terhindar penularan virus. Cobalah untuk mencari informasi terbaru terkait lokasi wisata sebelum mengunjunginya.

Selama di Malaysia, kamu tetap bisa kirim uang ke Indonesia dengan lancar menggunakan aplikasi Qelola. Dijamin tidak ada tambahan biaya, lho! Selain itu, aplikasi Qelola juga bisa digunakan untuk keperluan pembayaran lainnya. Kamu bisa melakukan pembayaran BPJS, PDAM, listrik, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Unduh Aplikasi Qelola di Google Play Store sekarang juga. Gratis!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,