Terapkan Tips Pengiriman Uang Malaysia ke Indonesia Dengan Aman

pengiriman uang Malaysia ke Indonesia

Mendapatkan penghasilan di luar negeri berarti harus memiliki satu kegiatan rutin yang mengikutinya, yaitu mengirim uang ke Indonesia. Tidak terkecuali mengirim uang Malaysia atau ringgit. Sayangnya, banyak TKI yang masih harus menukarkan mata uang ringgitnya ke dalam rupiah terlebih dahulu sebelum mengirim. Namun, perlukah langkah seperti ini? Tentu saja banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengirim uang Malaysia ke Indonesia secara langsung. Selain mudah, kamu juga dapat melakukan transaksi ini dengan aman. Untuk itu, simak tips pengiriman uang Malaysia ke Indonesia dengan aman berikut ini. Kemudian ketahui juga beberapa cara yang lebih efektif dan efisien.

A.  Tips Aman Mengirim Uang Antar Negara

Ada banyak cara pengiriman uang Malaysia ke Indonesia. Beberapa cara mengharuskan kamu untuk mengirim uang dalam bentuk tunai dan cara lainnya hanya perlu menggunakan aplikasi tertentu. Apapun cara yang kamu gunakan, kamu perlu memperhatikan beberapa tips mengirim uang Malaysia dengan aman berikut ini.

1.       Memiliki Pembukuan Uang Masuk dan Keluar

Pembukuan uang sangat penting untuk memastikan kemana uang kamu dikirimkan dan siapa saja yang menerimanya. Pencatatan yang rapi dan terstruktur memang baik, namun bukan sebuah keharusan. Hal terpenting dari pembukuan uang ini adalah kamu memiliki rekam jejak atas jumlah uang yang dikirimkan dan pihak yang menerima. Bahkan jika perlu, ketahui dan catat juga biaya administrasi yang harus dikeluarkan. Hal ini akan berguna ketika ada pihak tak bertanggung jawab yang berusaha mengurangi uang yang kamu kirimkan dengan alasan biaya administrasi.

2.       Menyimpan Bukti Pengiriman

Bukti pengiriman sangat penting kamu miliki. Termasuk ketika kamu menggunakan cara pengiriman online dengan aplikasi. Meskipun aplikasi tersebut memiliki fitur bukti pengiriman yang dapat diakses kapanpun, akan lebih baik jika kamu juga melakukan screenshot pada bukti tersebut. Begitu juga dengan bukti pengiriman dalam bentuk hard-copy, jangan dibuang ya jika penerimanya belum memastikan uang sudah sampai.

3.       Sampaikan Bukti Pengiriman Kepada Penerima

Masih berkaitan dengan bukti pengiriman, pastikan penerima uang mendapatkan bukti pengiriman yang kamu pegang. Sangat dianjurkan untuk meminta penerima segera melakukan pengecekan apakah uang sudah masuk atau belum. Itulah kenapa lebih baik mengirim uang pada jam kerja. Proses ini akan lebih mudah jika kedua belah pihak sama-sama menggunakan aplikasi keuangan yang cepat pelayanannya, seperti Qelola.

kirim uang ke luar negeri 4 - Terapkan Tips Pengiriman Uang Malaysia ke Indonesia Dengan Aman

Sumber: www.bca.co.id

B.  Pilihan Cara Mengirim Mata Uang Ringgit ke Indonesia

Setelah mengetahui beberapa tips di atas, sekarang saatnya kamu memilih metode pengiriman uang mana yang akan digunakan. Berikut ini adalah cara mengirim uang Malaysia ke Indonesia yang mudah dilakukan:

1.       Western Union

  • Pertama, kamu harus men-download aplikasi tersebut. Jika sudah, mulailah dengan masuk pada halaman Western Union.
  • Kemudian klik pilihan transfer, lalu tekan “go”. Selanjutnya pilihlah ikon “Western Union”. Klik “make a new wu (western union)”.
  • Ketiga, kamu akan dihadapkan pada 2 pilihan, yaitu “yes” dan “no”. Jika ini adalah kali pertama kamu transfer uang, maka pilih “no”. Lalu tekan “continue” untuk kemudian kamu akan diminta mengisi beberapa formulir secara online terkait pembuatan akun WU.
  • Keempat, pilih negara Malaysia lalu input jumlah uang yang akan dikirimkan. Lalu klik “continue”.
  • Kelima, melengkapi data penerima uang secara detail. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan. Lalu klik “continue”.
  • Keenam, kamu akan mendapat sms yang berisis nomor TAC sebanyak 6 digit sebagai langkah konfirmasi. Masukkan keenam digit tersebut dan tunggu hingga pihak WU mengirimkan kembali nomor pengambilan uang.
  • Ketujuh, kamu dan penerima uang akan mendapatkan nomor atau kode pengambilan uang melalui sms juga. Nomor tersebut biasa disebut dengan MTCN dari Western Union.
  • Terakhir, penerima uang rupiah dapat mengambilnya di kantor Western Union terdekat dari tempat tinggal mereka di Indonesia. Jika tidak ada kantor WU yang memungkinkan untuk diakses, mereka dapat mengambilnya di kantor pos. Penerima akan mengambil uang tersebut dengan keadaan sudah di kurs dari ringgit ke rupiah saat itu.

rsz western union earnings pandemic - Terapkan Tips Pengiriman Uang Malaysia ke Indonesia Dengan Aman

2.       Eremit

  • Hampir sama dengan aplikasi diatas, kamu harus men-download terlebih dahulu melalui playstore atau appstore. Bisa juga melalui komputer atau laptop dengan mengakses website www.eremit.com.my.
  • Kedua, daftarkan diri dengan menekan pilihan “registrasi”. Lalu kamu akan diminta melengkapi identitas diri.
  • Ketiga, kamu akan menerima link aktivasi untuk verifikasi akun baru Eremit. Verifikasi ini akan kamu terima melalui email yang telah didaftarkan sebelumnya. Setelah itu, kamu akan diminta menunggu karena pihak Eremit akan memeriksa akun tersebut.
  • Keempat, akun yang baru saja aktif dapat langsung digunakan untuk melakukan pengiriman uang. Masuk kembali dengan email dan password yang telah didaftarkan. Lalu klik “new recipient” untuk mengisi data-data penting penerima uang.
  • Keenam, pilih menu “Moneygram” atau “Merchantrade”. Mulai dari sini, ikuti langkah-langkah yang diarahkan aplikasi Eremit. Perlu diperhatikan juga lokasi pengambilan uang oleh penerima adalah agen “Moneygram” terdekat dengan posisi penerima saat itu.

eremitmalaysia - Terapkan Tips Pengiriman Uang Malaysia ke Indonesia Dengan Aman

3.       Qelola

  • Pertama, tentu saja dengan mengunduh aplikasi Qelola melalui link berikut ini. Kemudian kamu akan diminta membuat akun dengan langkah yang mudah.
  • Kedua, buka kembali aplikasi Qelola, lalu pilih menu “transfer”. Kemudian pilih negara tujuan dan mengisikan informasi penerima beserta nama bank dan nomor rekening tujuan.
  • Ketiga, isikan jumlah uang yang akan dikirim dengan mata uang sesuai dengan negara tujuan, dalam hal ini Indonesia. Kamu juga akan mendapat tampilan biaya administrasi secara otomatis pada baris paling bawah.
  • Keempat, klik “konfirmasi”. Kamu akan diminta memastikan semua informasi yang diisikan sudah benar.
  • Terakhir, klik “transfer” dan kamu sudah selesai mengirim uang. Bukti pengiriman akan muncul segera setelah itu.

qelola app 1 700x342 - Terapkan Tips Pengiriman Uang Malaysia ke Indonesia Dengan Aman

Demikian adalah beberapa cara dan tips yang bisa kamu lakukan dalam hal pengiriman uang Malaysia ke Indonesia. Jika kamu ingin yang lebih praktis dan tetap aman, gunakanlah aplikasi yang bisa diakses melalui ponsel. Tentu saja sesuaikan juga pemilihan cara pengiriman ini dengan keluarga penerima uang di rumah. Pastikan mereka menerima uang tersebut dengan aman dan nyaman. Mengapa Qelola? Karena aplikasi selain Qelola di atas memiliki keterbatasan pada tempat pengambilan uang, terutama pada daerah terpencil. Sedangkan Qelola tidak memerlukannya. Qelola sudah bekerja sama dengan beberapa bank yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, salah satunya adalah BNI dan Bank Muamalat. Sehingga uang yang telah sampai di Indonesia dapat diambil dari ATM terdekat yang tentu jumlahnya lebih menjamur daripada Western Union atau Eremit.

Tags: , , , , ,