10 Tempat Menarik di Pulau Penang Malaysia

penang - 10 Tempat Menarik di Pulau Penang Malaysia

Terletak di pantai barat laut Semenanjung Malaysia, Penang adalah rumah bagi Georgetown – Situs Warisan Dunia UNESCO yang terkenal. Terpisah menjadi 2 bagian, daratan dan pulau, Penang adalah surga warisan yang kaya akan banyak atraksi wisata. Berikut adalah 10 tempat menarik di Penang yang harus Anda kunjungi.

1. Habitat Bukit Penang

‘Habitat Penang Hill’ adalah ekosistem alami untuk mengedukasi masyarakat tentang hutan hujan berusia 130 juta tahun ini. Saksikan keindahan arsitektur canggih ini dengan fasilitas kelas dunia yang memungkinkan Anda menikmati pengalaman luar ruangan yang tiada duanya.

Jam Operasional: Setiap hari, 9:00 pagi – 8:00 malam

Harga Tiket: Dewasa – RM49.50 | Anak-anak-RM31.50 (termasuk pelajar dan lansia)

2.Kuil Kek Lok Si

Salah satu kuil Buddha terbesar dan paling terkenal di Malaysia, tempat menarik di Penang ini merupakan pusat ibadah utama bagi banyak umat Buddha di Asia Tenggara. Setiap tahun, 30 hari sebelum Tahun Baru Imlek, tempat itu akan didekorasi dengan banyak lentera dan terang benderang untuk dilihat semua orang.

Jam Operasional: Setiap hari, 08:30 – 17:30

Harga Tiket: Gratis

3. Pasar Malam Batu Ferringhi

Tempat ini merupakan salah satu tempat menarik di pulau Penang yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Batu Ferringhi. Ada deretan kios yang menjual berbagai pakaian, aksesoris, makanan, dan lainnya yang akan membuat Anda tetap bersemangat hingga penghujung hari. Jika ada sesuatu yang menarik perhatian Anda, selalu ingat untuk menawar sebelum membelinya.

Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 – 13.00

Harga Tiket: Gratis

4. Pantai Batu Ferringhi

Terletak hanya 15 menit dari Georgetown, ini adalah salah satu pantai paling populer di Penang. Pantai Ferighi selalu sibuk dengan turis dan penduduk lokal. Pantai Batu Ferringhi memiliki pantai berpasir putih yang panjang dengan banyak resor tepi pantai dan restoran romantis yang dapat Anda pilih untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman Anda.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket: Gratis

5. Galeri Seni Yahong

Yahong Art Gallery adalah salah satu galeri seni terluas di Penang dan menampilkan karya seni dari seniman Malaysia dan Asia dari seluruh dunia. Anda akan dapat menikmati banyak kerajinan indah di lantai dasar dan juga di lantai pertama, ada beberapa batik yang sangat indah yang dibuat oleh keluarga pemilik galeri ini. Jika Anda ingin mencari oleh-oleh unik untuk dibawa pulang, inilah tempatnya.

Jam Operasional: Senin – Sabtu, 10.00 – 20.00

Harga Tiket: Gratis

6. Akuarium Penang

Penang Aquarium adalah akuarium berukuran sedang yang terdiri dari 25 tangki dan beberapa biota laut yang sangat unik seperti ‘surgeonfish’, ‘lionfish’, belut moray dan masih banyak lagi. Daya tarik utama tempat ini adalah tangki besar di area tempat duduk teater yang menampilkan ikan besar dan kura-kura berenang di dalamnya.

Jam Operasional: Kamis – Selasa, 10.00 – 17.00

Harga Tiket: Dewasa – RM5 | Anak-anak – RM2

7. Jembatan Penang

penang bridge 700x467 - 10 Tempat Menarik di Pulau Penang Malaysia

sumber : dasiatravel.com

Tempat ini bukan hanya jalur yang menghubungkan daratan dan pulau-pulau negara, tetapi juga salah satu destinasi wisata paling ikonik dan salah satu tempat menarik di pulau Penang yang juga bisa dilihat di bendera negara. Jembatan sepanjang 13,5 kilometer itu indah dengan kabel gantung yang menahan dua puncak jembatan. Meskipun ada dua cara yang dapat Anda pilih untuk masuk ke sisi pulau negara bagian, ini adalah cara yang disarankan bagi Anda untuk melihat jembatan ini dari dekat.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket: Gratis

8. Kuil Ular

Sebuah kuil Cina yang didirikan khusus untuk pemujaan Chor Soo Kong dikatakan mendapatkan namanya ketika ular dari hutan terdekat berlindung di sini. Ada banyak jenis ular di sekitar tempat ini hingga hari ini dan beberapa bahkan memiliki racun yang mematikan. Ular di sini bergerak bebas di dalam kuil, jadi jangan menyentuh dan mengganggu mereka.

Jam Operasional: Setiap hari, 6:00 pagi – 7:00 malam

Harga Tiket: Gratis

9. Rumah Cheong Fatt Tze

Bangunan cagar budaya yang dikukuhkan oleh pemerintah Malaysia ini merupakan salah satu tempat menarik di pulau Penang yang harus Anda kunjungi. Dibangun oleh Cheong Fatt Tze, seorang pria yang berasal dari keluarga miskin dan bekerja keras untuk menjadi salah satu orang terkaya yang membantu Sun Yat Sen mempromosikan gerakan Nasionalis China di China. Museum dengan hotel butik ini dibangun dengan memadukan budaya Barat dan Cina untuk menciptakan rumah indah yang muncul dalam film terkenal ‘Crazy Rich Asians’.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket: Sesuai dengan tarif hotel

10. Masjid Kapitan Keling

masjid kapitan keling 700x467 - 10 Tempat Menarik di Pulau Penang Malaysia

sumber : pexels/Khairul Onggon

Berkembang sejak abad ke-19 oleh seorang pedagang Muslim India, masjid putih ini berubah menjadi emas saat matahari terbenam. Ini adalah salah satu masjid terbesar di sekitar area ini dan merupakan salah satu tempat menraik di pulau penang yang tidak boleh dilewatkan.

Jam Operasional: Setiap hari, 11:30 – 18:30

Harga Tiket: Gratis

Agar terhindar dari pemborosan sela menikmati tempat menarik di pulau Penang, Anda bisa menggunakan dompet digital Qelola untuk menyimpan sebagian uang Anda. Dengan tidak membawa uang cash dalam jumlah yang terlalu banyak. Anda akan terhindar dari belanja barang-barang di luar kebutuhan selama liburan di luar negeri. Ketahui informasi lebih banyak tentang Qelola, atau Anda juga bisa langsung download aplikasinya di sini.

 

 

Tags: , , , , , , , , ,