Catat! Ini Kalender Libur Hari Raya Idul Fitri 2022 dan Aturannya di Malaysia

cuti hari raya

Hari raya Idul Fitri selalu dinanti-nantikan umat Islam di seluruh dunia. Jangan bingung dengan istilah di Malaysia, libur hari raya itu disebut cuti hari raya. Sedangkan Idul Fitri di Malaysia itu disebut dengan Aidilfitri. Biasanya akan hari libur saat hari raya sekaligus cuti bersama untuk merayakan Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri merupakan hari cuti/libur keagamaan yang disambut orang Islam.

Hari raya ini menandai akhir Ramadhan dan menjadi perayaan yang pentng bagi umat Islam. Setelah Idul Fitri juga akan menyambut hari raya Haji. Ada berbagai kegiatan untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Umat Islam menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, meningkatkan sikap kepedulian terhadap fakir miskin, memperbanyak amalan ibadah, tekun berdoa, melatih kesabaran dan lainnya.

Selain mempersiapkan diri menyambut Idul Fitri, sepanjang bulan Ramadhan juga dihiasi dengan lampu warna-warni yang semarak menghiasi di berbagai pusat perbelanjaan, swalayan, toko, hingga jalan raya. Bahkan, warung-warung kecil juga tidak mau ketinggalan ikut menyemarakkan suasana bulan Ramadhan.

Bagaimana Cuti Hari Raya Idul Fitri di Malaysia?

Soal tanggal Hari Raya Idul Fitri memang akan serentak dengan negara lainnya di dunia. Namun, ada saja aturan-aturan ketika cuti Hari Raya Idul Fitri di Malaysia. Buruh migran ataupun Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia pun perlu tahu tentang aturan libur hari raya Idul Fitri di Negeri Jiran. Semua orang mulai dari anak sekolah hingga para pekerja akan mendapatkan libur hari raya Idul Fitri. Selain hari libur mingguan, hari libur lain yang berhak diketahui pekerja migran di Malaysia adalah Hari Raya Idul Fitri.

Salah satu hak pekerja migran seperti TKI dan seluruh pekerja di Malaysia adalah hak libur dan cuti. Bagi para pekerja formal, hak pekerja telah diatur dalam Undang Undang Ketenagakerjaan Malaysia. Para pekerja akan mendapatkan hak libur satu hari dalam seminggu. Selain itu, ada pula cuti hari raya yang dapat dirasakan oleh para pekerja maupun anak sekolah. Pada saat itu, mereka akan libur sehingga tidak masuk sekolah atau tidak masuk kerja. Demikian pula dengan cuti hari raya juga berlaku bagi semua pekerja di Malaysia termasuk TKI. Hal ini karena adanya rangkaian ibadah yang akan dilaksanakan menyambut Idul Fitri, seperti takbiran yang menandakan berakhirnya bulan suci Ramadhan. Nah, ini berbagai kegiatan cuti hari raya Idul Fitri di Malaysia.

libur hari raya 700x466 - Catat! Ini Kalender Libur Hari Raya Idul Fitri 2022 dan Aturannya di Malaysia

Sumber: Pixabay/Suhail Suri

Mudik

Hari raya Idul Fitri merupakan salah satu festival terbesar di Malaysia. Banyak umat Muslim maupun non-Muslim pulang ke keluarga masing-masing. Orang-orang akan pulang kampung halaman atau mudik. Seperti yang kita tahu ada tradisi mudik atau pulang ke kampung ke halaman yang kadang kala membuat jalan raya menjadi macet. Namun, semenjak pandemi Covid-19 tentunya ada berbagai pembatasan mobilitas masyarakat mengingat penularan virus begitu cepat. Warga Malaysia termasuk buruh migran ataupun TKI memang harus bersabar demi menekan penularan virus Corona.

Menikmati Hidangan Spesial

Hal ini karena banyak orang bepergian untuk menuju ke daerah tujuan masing-masing. Ada saja hidangan khas Idul Fitri seperti ketupat, opor, rendang, sate, gulai, dan lainnya. Umat Muslim akan menikmati hidangan spesial Idul Fitri usai menjalankan ibadah Salat Id, saling bermaaf-maafan. Para orang tua akan memberikan uang kepada anak-anak kecil.

Silaturahmi

Umat Islam juga mengunjungi rumah sanak saudara hingga teman untuk melakukan silaturahmi. Tentu saja kalau saudara atau kerabat tinggal tidak jauh dari rumah atau masih satu wilayah, kamu bisa mengunjungi mereka untuk bersilaturahmi. Ketika ingin berkunjung ke rumah saudara, pastikan kamu merencanakan dengan tepat, mulai dari hari serta jamnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya tamu berkumpul dalam satu rumah dan menimbulkan kerumunan orang. Sejak pandemi Covid-19, kamu pun harus mematuhi protokol kesehatan.

Jika situasi tidak memungkinkan karena masih ada pembatasan kegiatan masyarakat atau lockdown, masyarakat diminta tidak menerima tamu di rumah. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan Covid-19. Kamu dapat melakukan silaturahmi online melalui video call atau aplikasi lainnya seperti WhatsApp, Zoom, Google Meet, Google Duo, dan lainnya. Pilihlah aplikasi yang memang mudah digunakan oleh sanak saudara lain. Jangan lupa untuk mengatur  jadwal dengan tepat, agar semua keluarga atau kerebat bisa berkumpul di silaturahmi online.

Kalender Idul Fitri 2022 di Malaysia

Kalender cuti Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 di Malaysia akan jatuh pada hari Selasa, 3 Mei 2022. Sedangkan Idul Fitri hari kedua, yakni Rabu, 4 Mei 2022. Cuti hari raya ini berlaku untuk seluruh negeri di Malaysia.

Libur cuti hari raya Idul Fitri tahun 2022 sudah ditentukan sehingga para pekerja bisa bersiap untuk merayakannya. Dengan mengetahui cuti hari raya keagamaan yang ditunggu-tunggu umat Islam ini, kamu bisa lebih leluasa memesan tiket untuk perjalanan seperti pesawat ataupun malah tiket liburan. Tentunya ada banyak hal yang hendak direncanakan untuk mengisi hari libur Idul Fitri.

Jika tidak memungkinkan untuk pulang kampung, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Ada berbagai fitur yang dimiliki Qelola, sehingga kamu semakin mudah melakukan transaksi dan pembayaran berbagai macam tagihan antarnegara, yakni Malaysia dan Indonesia. Segera unduh dan install Qelola dengan cara klik di sini.

Tags: , , , , ,