RapidKL untuk Wisata, Mudah dan Efisien!

RapidKL

RapidKL merupakan sistem transportasi umum yang beroperasi di wilayah Kuala Lumpur dan Lembah Klang. Pengelolanya yaitu Prasarana Malaysia. Selain itu, Prasarana juga mengelola berbagai sistem transportasi lainnya di Kuala Lumpur sejak tahun 2003 yang dulunya dipegang oleh Intrakota dan Cityliner.

Hingga saat ini, RapidKL mengoperasikan bus, LRT, MRT, BRT, dan monorail. Kamu yang ingin berwisata ke sekitar Kuala Lumpur dan Lembah Klang bisa memanfaatkan transportasi umum satu ini. Kini informasi terkait RapidKL seperti jadwal dan harga tiket bisa kamu cek di website resmi mereka. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui tentang seluk beluk sistem transportasi umum Kuala Lumpur dengan lebih detail melalui artikel ini.

Sejarah RapidKL sebagai Transportasi Malaysia

nalau nobel bBwk5emgPQk unsplash 700x394 - RapidKL untuk Wisata, Mudah dan Efisien!

Sumber: unsplash.com

RapidKL sendiri merupakan singkatan dari Rangkaian Pengangkutan Integrasi Deras Kuala Lumpur (Kuala Lumpur Rapid Integrated Transport Network). Semenjak krisis keuangan Asia 1997, perusahaan yang memegang kendali terhadap transportasi Kuala Lumpur dan Lembah Klang terlilit utang dalam jumlah besar. Restrukturisasi pun dilakukan dengan bantuan pemerintah.

Sejak itu, transportasi umum di daerah tersebut di operasikan oleh RapidKL dibawah Prasarana Malaysia. Layanan bus sendiri juga mengalami masalah akibat meningkatnya penggunaan mobil oleh masyarakat. Penurunannya mencapi 16%. Prasarana mulai melakukan berbagai pembenahan sarana dan prasarana untuk menggenjot kembali penumpang bus di Kuala Lumpur dan Lembah Klang.

Perbaikan Sarana Transportasi Publik Sejak 1997

ardy alfred 0BVTU7UKvKE unsplash 700x467 - RapidKL untuk Wisata, Mudah dan Efisien!

Sumber: unsplash.com

Prasarana telah mengambil alih jaringan transportasi di Kuala Lumpur dan Lembah Klang. Meski begitu, dampak baik dirasakan masyarakat akibat peningkatan sarana dan prasarana transportasi umum. Berbagai perbaikan dilakukan oleh Prasarana. Beberapa perbaikan tersebut termasuk:

  • Peningkatan kapasitas rel: tender pembelian LRT dikeluarkan oleh Prasarana untuk meningkatkan daya dukung kereta. Ada 35 set kereta baru untuk Jalur Kelana Jaya pada tahun 2006 dan 2007. Kereta baru mulai beroperasi tahun 2009.
  • Pengurangan harga: banyak pengguna mencari pilihan transportasi yang lebih murah sehingga rapidKL berusaha melakukan pengurangan harga terutama untuk KRL dan monorail. Banyak penumpang berstatus pelajar dan orang tua sehingga memilih transportasi semurah mungkin.
  • Sistem tiket umum: sebelumnya tiket kereta yang ada menggunakan sistem terpisah dan merepotkan. Prasarana mulai melakukan integrasi seluruh alat tranportasi rapidKL dengan menggunakan kartu Touch n Go. Sistemnya sangat mudah dan cashless, sebab penumpang bisa menyimpan saldo di dalam kartu tersebut.
  • Tiket bulanan umum: Prasarana menawarkan tiket khusus yang bisa dibeli secara paket untuk penggunaan bulanan dengan harga lebih murah. Tiket ini dapat digunakan untuk kereta maupun bus.
  • Berbagai perbaikan untuk bus rapidKL di antaranya mencakup perluasan armada, layanan bus terjadwal, peningkatan rute, dan perubahan jaringan.

Informasi Tentang Kereta RapidKL

digital sennin PyRqLAE0d0E unsplash 700x467 - RapidKL untuk Wisata, Mudah dan Efisien!

Sumber: unsplash.com

Layanan kereta beroperasi sepanjang 7 hari dari pukul 6 pagi hingga 12 dini hari. Pada jam sibuk biasanya penumpang akan padat. Jam sibuknya sekitar pukul 7 pagi sampai 9 pagi, serta pukul 5 sore hingga 7 malam. Layanan kereta ini terbagi menjadi LRT, MRT, monorail. Semuanya menggunakan petunjuk warna untuk jalur rutenya. Perhatikan tujuanmu agar tidak salah turun stasiun.

Jaringan kereta api yang dioperasikan Rapid Rail sepanjang 156,7 km. Stasiun yang tersedia sebanyak 116 buah. Kereta tersebut bisa melakukan perjalanan mencapai 80km/jam. Untuk tiketnya, kamu bisa membeli langsung di stasiun atau melalui mesin penjual tiket. Sistem pembayaran telah terintegrasi sehingga memungkinkan penumpang berpindah jalur tanpa perlu keluar stasiun untuk melakukan pembayaran ulang.

Informasi Tentang Bus RapidKL

hobi industri C zgN LEKb8 unsplash 700x467 - RapidKL untuk Wisata, Mudah dan Efisien!

Sumber: unsplash.com

Layanan bus juga tidak jauh berbeda dengan kereta. Bus tersedia setiap hari dari pukul 6 pagi hingga 12 dini hari. Seluruh jaringan bus ini dioperasikan oleh RapidKL dan menjadi operator terbesar di Lembah Klang. Hingga saat ini, terdapat 39 bus feeder dan 98 trayek bus.

Tahun 2020, bus RapidKL menampilkan fitur baru berupa lokasi di Google Map secara real time. Untuk pembayaran kini sudah menerima dalam bentuk cashless. Kamu perlu membeli Touch n Go Card untuk bisa melakukan pembayaran cashless di bus. Kamu bisa membeli kartu tersebut di semua loket layanan pelanggan MRT, LRT, Monorail, dan BRT. Harganya sekitar RM 15.00 (harga kartu RM 5.00 dan isi saldo RM 10.00)

 

Adanya transportasi umum tentu memudahkan bagi para wisatawan atau kamu yang tinggal di Kuala Lumpur tetapi tidak punya kendaraan pribadi. Bepergian pun menjadi lebih mudah dan terjangkau. Selain itu, RapidKL juga telah menyediakan layanan yang sistematisa dan terintegrasi sehingga lebih efisien saat digunakan.

Selama kamu berada di Kuala Lumpur, kamu tetap bisa mengirikan uang ke Indonesia dengan mudah bahkan tanpa tambahan biaya dengan aplikasi Qelola. Aplikasi ini sangat simple serta menawarkan aneka fitur lain seperti mengisi token listrik, membeli pulsa, membayar BPJS, dan lain sebagainya. Yuk, unduh segera aplikasi Qelola di Google Play Store secara gratis dan nikmati berbagai manfaatnya!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,