Merasakan Keseruan Berkunjung Ke Taman Nasional Malaysia

taman nasional - Merasakan Keseruan Berkunjung Ke Taman Nasional Malaysia

Taman Nasional atau yang lebih dikenal dengan Taman Negara adalah hutan hujan primer tertua di dunia. Penelitian telah menunjukkan bahwa hutan hujan ini tidak pernah dipengaruhi oleh zaman es dan perubahan besar lainnya dalam rentang waktu ratusan tahun. Dengan luas 4343 kilometer persegi maka taman ini menjadi Taman Nasional terbesar di Malaysia, yang tersebar di tiga negara bagian di Semenanjung Malaysia; Pahang, Terengganu dan Kelantan.

Taman Negara adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan pengalaman hutan terbaik di Semenanjung Malaysia. Ingin tahu apa saja yang bisa Anda lakukan di sana? Yuk cari tahu faktanya di bawah ini.

Fakta tentang Taman Nasional

fakta hutan 700x394 - Merasakan Keseruan Berkunjung Ke Taman Nasional Malaysia

sumber : pexels/chait gholi

Di dalam taman terdapat banyak resort, mulai dari penginapan sederhana hingga resort yang bagus. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di taman, seperti hiking, jalan-jalan malam, pemotretan cepat, dan memancing. Karena lokasinya, Anda dapat dengan mudah menggabungkan kunjungan ke Taman Negara dengan perjalanan ke Cameron Highlands atau bahkan beberapa pulau pantai timur (seperti Pulau Perhentian).

Atraksi dan aktivitas di Taman Negara

treacking 700x467 - Merasakan Keseruan Berkunjung Ke Taman Nasional Malaysia

sumber : pexels/Max Ravier

Di dalam taman ada banyak hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Wisata jalan kaki biasanya menjadi kegiatan paling umum di bawah iringan pemandu, yang akan membawa Anda berkeliling hutan.

Ada juga Taman Negara Canopy Walk yang terkenal; ini adalah jembatan gantung sepanjang 510 meter di antara puncak pohon yang tinggi (bisa dibilang terpanjang di dunia). Anda dapat berjalan di atasnya, dan menikmati pemandangan spektakuler di ketinggian lebih dari 45 meter. Jalan-jalan malam adalah kegiatan yang sangat menyenangkan di Taman Negara; tapi pastikan Anda memakai obat nyamuk dan pakaian panjang untuk menghindari gigitan serangga.

Kegiatan dan atraksi lain di dalam taman nasional adalah mengamati burung, bermalam di salah satu tempat pengamatan satwa liar, penjelajahan gua yang penuh petualangan (yaitu Gua Telingga, Gua Kepayang, Gua Luas, Gua Landak dan Gua Tumpat), pelayaran sungai, Lata Berkoh dengan air terjunnya, Memancing (Taman Negara menawarkan kesempatan memancing yang bagus untuk pemancing), menikmati pemandangan indah setelah mendaki ke puncak Gunung Tahan (perjalanan hutan beberapa hari) dan mengunjungi Orang Asli (Batek dan Semokberi) di desa mereka.

Restoran

resto 700x467 - Merasakan Keseruan Berkunjung Ke Taman Nasional Malaysia

sumber : pixabay

Semua resor di Taman Negara memiliki restoran sendiri. Di sini Anda dapat menikmati makanan enak baik lokal dan barat. Anda juga dapat menyeberangi sungai seharga RM2 dan pergi ke tepi sungai Kuala Tahan; di mana terdapat banyak restoran lokal kecil. Usahakan untuk pergi lebih awal karena restoran tutup lebih awal (dan juga pastikan Anda bisa naik perahu kembali ke sisi lain sungai).

Akomodasi di Taman Negara

Resort paling populer  di sini adalah Mutiara Taman Negara. Sebagian besar paket tour biasanya akan mencakup satu atau dua malam menginap di resort ini. Resort ini sendiri cukup bagus, ada AC yang dapat mengusir serangga keluar.

Mutiara Taman Negara Resort menawarkan sarapan yang cukup enak. Namun resort tidak menyediakan WIFI, jadi pengalaman Anda untuk tinggal di hutan akan tanpa kontak dengan dunia luar (meskipun ada pc dengan koneksi internet yang dapat Anda gunakan). Selain Mutiara Taman Negara ada juga beberapa resort yang lebih sederhana lainnya, seperti Woodland Resort, Rainforest Resort dan Teresek View Motel.

Tips Jika Mengunjungi Taman Nasional (Taman Negara)

  • Jika Anda menginap di resort Mutiara Taman Negara sebagai bagian dari paket wisata dari Kuala Lumpur, Anda harus mempertimbangkan untuk menginap di Crowne Plaza Mutiara Kuala Lumpur pada malam sebelum keberangkatan. Dengan begitu Anda tidak harus bangun pagi untuk perjalanan ke hotel terlebih dahulu karena transportasi ke Taman Negara berangkat dari hotel ini.
  • Tidak ada ATM dan bank di Taman Negara (Kuala Tahan), tempat terakhir untuk menggunakan ATM sebelum tiba di taman nasional adalah di Jerantut.
  • Sebelum Anda melakukan perjalanan di Taman Negara, Anda harus membayar biaya konservasi satwa liar (RM1) dan lisensi untuk kamera digital Anda (RM5). Ini berlaku selama 1 bulan. Anda bisa mendapatkan izin yang diperlukan di Kantor Departemen Margasatwa di Kuala Tembeling atau di Kuala Tahan (bagi mereka yang datang dengan bus/mobil di Taman Negara).
  • Mereka yang suka memancing bisa menuju ke Sungai Tembeling; tidak perlu izin penangkapan ikan. Bawa tongkat dan peralatan Anda sendiri.
  • Jika Anda menginap di hotel yang sama di Kuala Lumpur sebelum dan sesudah perjalanan Anda ke Taman Negara, maka Anda harus mempertimbangkan untuk meninggalkan beberapa barang bawaan Anda di hotel. Sebagian besar hotel memiliki layanan penyimpanan yang andal dan aman bagi para tamunya. Anda juga dapat menitipkan barang bawaan Anda di Hotel Sri Emas di Jerantut.
  • Disarankan untuk mengkonfirmasi ulang keberangkatan Anda.
  • Hampir tidak ada sinyal telepon di Taman Negara. Beberapa resor menawarkan internet dengan tarif per-jam.
  • Bukit Beresek adalah tempat yang bagus dengan pemandangan taman nasional yang indah.
  • Harga paket tour akan lebih mahal di resort. Jika Anda memesan tour di tepi sungai Kuala Tahan, harganya jauh lebih murah.

Agar liburan ke Taman Nasional tidak terganggu, manfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan transaksi pembayaran selama berada di sana. Cara mendapatkannya? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, tinggal menikmati beragam fasilitasnya yang memudahkan kebutuhan finansialmu. Selamat berlibur.

Tags: , , , , , , , , , ,